1. Jarang Ganti Oli Mobil

Oli mobil akan cepat habis apabila kamu  jarang menggantinya. Apablia dibiarkan terus menerus dalam waktu yang lama akan membuat oli mobil akan habis dan bahkan bisa merusak komponen-komponen mesin. Oleh karena itu, biasakan untuk mengganti oli mesin setiap  2000 – 3000 km pemakaian. Dengan begitu, performa mesin bisa meningkat dan juga bisa meminimalisir kerusakan mesin mobil. Sebelumnya Baca Juga Rekomendasi Gadai BPKB Mobil Terbaik

2. Kualitas Oli Mobil Jelek

Saat kamu mengganti oli mesin mobil, usahakan menggunakan oli yang memiliki kualitas tinggi dan sesuai dengan spesifikasi mesinnya. Sebab apabila kamu asal mengganti oli mobil dengan kualitas yang rendah dan tidak sesuai dengan spesifikasi mesin akan mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin mobil.

Hal ini dikarenakan oli mesin berperan sebagai pelumas untuk menahan gesekan antar bagian mesin mobil. Kamu bisa mengecek spesifikasi mesin pada buku pedoman atau datang saja ke diler yang terpercaya dan minta ke diler untuk menggantinya dengan oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi mesinnya.

3. Seal Mengalami Kebocoran

Oli mobil yang cepat habis juga bisa disebabkan karena kebocoran pada mesin mobil. Kebocoran mesin biasanya  terjadi pada seal packing yang posisinya berada di sela bagian sambungan mesin. Kerusakan seal terjadi karena pemakain seal yang terlalu lama.

Sehingga seal akan mengeras dan akan mengakibatkan seal robek. Robeknya seal bisa membuat oli mobil cepat mengalami penguapan. Untuk mengetahuinya, kamu bisa melihat seal pada bagian sambungan mesin. Jika ada rembesan oli di tempat tersebut, artinya seal mengalami kerusakan. Solusinya segera ganti seal mobil pada diler terpercaya.

4. Kerusakan Pada Ring Seher

Kerusakan ring seher membuat oli bisa masuk ke ruang pembakaran pada saat terjadi proses pembakaran. Ketidakmampuan ring seher dalam menahan oli mesin agar tidak masuk membuat oli mobil cepat mengalami penguapan dan berkurang. Akibatnya akan keluar asap putih dari knalpot pada saat mesin dinyalakan.

Kondisi ring seher yang rusak akan semakin parah apabila mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Sebab akan semakin banyak oli yang merembes masuk ke ruang pembakaran. Akibatnya oli akan cepat berkurang dan habis. Solusinya, yaitu dengan mengganti ring seher segera agar tidak merusak komponen mesin mobil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.