1. Merawat Baterai

Baterai merupakan salah satu komponen terpenting dalam mobil listrik yang berfungsi sebagai sistem penyimpanan energi dalam bentuk listrik arus-searah (direct-current atau DC). Apabila mendapat sinyal dari controller, baterai akan mengalirkan listrik DC menuju ke inverter yang kemudian digunakan untuk menggerakkan motor. Sebelumnya Baca Juga Rekomendasi Gadai BPKB Mobil Terbaik

Karena perannya yang tidak bisa digantikan dengan komponen lain, sehingga penting sekali untuk selalu memperhatikan performanya agar tetap tampil prima. Caranya dengan selalu melihat kapasitas daya baterai tersebut. Usahakan agar kondisi kapasitas baterai tak kurang dari 40-60 persen, terutama bila kendaraan tak dipakai dalam waktu yang cukup lama.

2. Cek Radiator Mobil Secara Teratur

Radiator mobil merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki fungsi untuk mengatur temperatur mobil agar tetap optimal. Apabila suhu mesin terlalu panas, dapat membuat mesin mengalami overheat dan tentunya kendaraan jadi tidak bisa berfungsi secara optimal. Begitu sebaliknya jika suhu terlalu rendah membuat kendaraan akan kehilangan keseimbangannya.

Oleh karena itu, penting sekali untuk merawat komponen ini secara teratur. Caranya dengan memeriksa secara rutin apakah volumenya masih mencukupi atau harus diganti. Pergantian water coolant dilakukan apabila kendaraan telah melewati jarak tempuh sebesar 60.000 KM.

3. Periksa Filter AC Mobil

Dalam merawat mobil listrik, perlu sekali untuk merawat filter AC mobil secara rutin. Karena komponen ini erat kaitannya dengan kenyamanan pengemudi dan penumpang. Filter AC yang jarang dibersihkan akan menumpuk kotoran dan debu sehingga udara yang keluar dari AC menjadi kurang sejuk.

4. Ganti Kampas Rem Secara Rutin

Cara merawat mobil listrik berikutnya adalah dengan mengganti kampas rem secara rutin. Karena mobil listrik menggunakan sistem pengereman regeneratif. Pengereman tersebut merupakan sebuah mekanisme yang membutuhkan penggunaan energi dari komponen yang terkandung di dalam mobil.

Oleh karena itu, ganti kampas rem apabila sudah tipis karena jika tidak segera diganti akan membuat pengereman menjadi kurang optimal. Selain itu, perlu untuk melakukan pemeriksaan terhadap kualitas minyak rem yang digunakan secara rutin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.