Membersihkan mesin mobil tidak boleh sembarangan menggunakan air atau sabun pencuci. Sebab akan menimbulkan kerusakan. Oleh karenanya, sebelum membersihkan komponen mesin penting sekali untuk mengenali bagian mana yang sensitif dengan air. Setelah itu, tutup bagian yang benar-benar sensitif dengan air menggunakan plastik atau minimalnya terlindungi dari cipratan air. Berikut ini cara aman membersihkannya:

  • Siapkan cairan pembersih mobil, seperti Waxco Anti Rust Engine Degreaser. NanoTECH Protection Ultimate Degreaser, Prestone Radiator Flush Cleaner, atau Megacools Full Penetrate.
  • Lindungi bagian-bagian komponen mesin mobil yang sensitif air dengan plastik atau pembungkus yang anti air.
  • Sebelum membersihkan komponen mesin maka bersihkan bagian bawah kap mesin terlebih dahulu. Apabila bagian ini dikerjakan terakhir, maka kotorannya akan jatuh ke atas permukaan mesin yang telah dibersihkan terlebih dahulu.
  • Pastikan bahwa mesin mobil dalam keadaan dingin. Apabila telah digunakan, tunggu sampai 30-45 menit agar mesin mobil benar-benar dalam kondisi dingin.
  • Mulai bersihkan mesin mobil dengan cara cairan pembersih yang dicampur dengan air lalu diusap perlahan menggunakan kain microfiber. Apabila menggunakan metode disemprot dikhawatirkan akan mengenai bagian yang sensitif terhadap air, jadi sebaiknya dihindari.
  • Setelah itu, pastikan semua bagian mesin yang telah dibersihkan benar-benar kering. Agar tidak ada cairan yang menempel sehingga bisa menimbulkan malfungsi kelistrikan.
  • Hidupkan mesin mobil. Pastikan bagian kap mesin dalam keadaan terbuka agar air-air yang tersisa mudah menguap. Apabila saat menghidupkan mesin, posisi kap mesin mobil dalam keadaan tertutup, kemungkinan besar kelembapan menempel dan menimbulkan jamur.

Nah itu dia, cara membersihkan mesin mobil yang aman. Apabila kamu takut untuk membersihkannya, bawa saja kendaraanmu ke bengkel terdekat di kotamu. Selain membersihkan mesin mobil, jangan lupa untuk merawat bagian komponen mesin mobil agar performa mesin tetap optimal. Sebelumnya Baca Juga Rekomendasi Gadai BPKB Mobil Terbaik

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.