Virtual Tour ITB *Behind the story*

Melihat Google Art Project untuk National Gallery, teknologi fotografi yang bagus untuk dicontoh dan diterapkan untuk Virtual Tour ITB. Virtual Tour ITB baru mencakup galeri luar ruangan, dan masih banyak kekurangan, karena belum mampu mengambil gambar “KERAMAIAN” atau “AKTIFITAS” civitas ITB yang sangat dinamis.

Virtual Tour ITB sendiri diambil menggunakan teknik Horisontal 360º Fotografi, yang dimaksudkan adalah mengambil gambar 360º dengan posisi CAMERA vertikal, satu titik diambil masing-masing 10º perpindahannya, jadi output pengambilan gambar untuk satu titik adalah sebanyak 36 gambar. Disarankan menggunakan Tripod untuk memastikan titik sumbu perputaran tidak berubah.

Selanjutnya output gambar ini DIOLAH dalam photoshop untuk dilakukan STITCHING (penggabungan gambar), yang dapat digunakan menggunakan Aplikasi pengolah gambar berbayar ataupun gratis.

Sudah ada beberapa spot yang diambil dalam Virtual Tour ITB, dan kebanyakan masih dalam SUASANA sunyi, karena terkendala pergerakan MANUSIA dalam pengambilan gambar.

Kembali pada Google Art Project, mari kita cari tahu bagaimana mereka mengembangkan project tersebut.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *