Bibit Ikan Lele Berkualitas Untuk Usaha Budidaya

Untuk anda yang sedang menjalani budidaya ikan, maka hal utama untuk menunjang keberhasilan adalah dengan menentukan bibitnya. Bibit ikan menjadi faktor penting untuk menunjang kesuksesan budidaya yang dilakukan.

Sama halnya saat kita ingin ternak dengan bibit ikan nila, lele, gurame, belut, mas, koi, patin, di mana bibit ikan lele juga perlu diperhatikan untuk mendapat kualitas terbaik. Bibit ikan perlu diperhatikan supaya nanti kalau dibudidaya bisa menghasilkan kualitas terbaik dan cepat mencapai masa panen.

Dan pentingnya memperhatikan bibit ikan lele ini berlaku untuk produsen atau konsumen. Di mana keduanya perlu mengetahui kualitas dari ikan lele yang biasa dicari di pasaran.

Kriteria Bibit Ikan Lele Berkualitas

Nah untuk itu, jika kalian tidak mengetahui seperti apa bibit ikan lele yang dicari. Mungkin informasi di bawah ini bisa membantu.

Fisik Bibit Ikan Lele

Hal biasa terjadi dipasar, ukuran atau fisik sang ikan akan menjadi hal pertama kali ditawanyakan. Fisik ikan lele akan menjadi perhatian utama apakah ikan tersebut sehat tanpa kecacatan di fisiknya.

Jika kedua hal ini tersesuaikan, maka pemilih ukuran bibit lele diperlukan untuk menentukan ukuran yang sepadan. Lele dengan ukuran sama satu sama lain menjadi ciri bibit lele yang dicari. Sebab dengan ukuran yang seragam, ikan lele tidak akan memasak yang lebih kecil terlebih ikan ini mempunyai kecenderungan sebagai kanibal.

Gerak Bibit Ikan Lele

Untuk yang kedua kalau ciri fisik yang didapatkan sudah bagus, tapi benih ikan lele kurang agresif maka bisa jadi benih tersebut tidak dalam keadaan sehat. Saat Anda membeli dari tempat yang jual benih dan bibit ikan murah sebaknya teliti dengan baik.

Hal dikarenakan, umumnya benih ikan lele sangat agresif di dalam kolam. Hanya beberapa ikan yang kurang sehat saja yang pergerakannya tidak agresif sebab tidak ada tenaga.

Perhatikan Indukan Ikan Lele

Dan untuk yang terakhir, dikarenakan kita mengharapkan bibit ikan tersebut bisa berkembang dengan baik. Maka kita bisa melihat gambarannya dari sang induk. Kita lihat sang induk untuk mencerminkan bibit ikan lele tadi.

Hal itu dikarenakan induk unggul akan menurunkan kualitasnya ke anak-anak mereka. Dengan demikian kalau sang induk merupakan kualitas ikan lele unggulan, maka bibit yang dihasilkan juga unggulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *