Apa itu IUD? Yuk, Kenalan Dengan Alat Kontrasepsi Paling Ampuh

Alat Intrauterine (IUD) adalah alat kecil yang dipasang di rahim Anda untuk menghentikan proses inseminasi. IUD telah beredar di pasaran selama beberapa dekade. Mereka sangat populer di seluruh dunia dan salah satu bentuk pengendalian kelahiran yang paling efektif.

Menurut sumber : tundakehamilan.com diperkirakan 2 hingga 8 dari setiap 1.000 wanita (0,2 per 100 wanita untuk Mirena) yang memiliki IUD hamil dalam satu tahun penggunaan biasa. Angka ini sangat kecil dan menunjukkan efektivitas IUD yang sangat baik.

Ada dua jenis IUD: tembaga dan hormonal. Saat ini, ada empat merek IUD yang tersedia di Amerika Serikat. ParaGard adalah IUD tembaga, dan Mirena, Liletta, dan Skyla adalah IUD hormonal yang menggunakan progestin.

IUD adalah pilihan kontrasepsi yang sangat baik bagi banyak wanita. Namun, mereka bukanlah pilihan terbaik untuk wanita yang berisiko tinggi untuk infeksi menular.

Bagaimana cara kerja IUD?

Jenis IUD tembaga dan hormonal bekerja dengan mempersulit sperma mencapai sel telur.

ParaGard menyebabkan respons peradangan pada lapisan rahim Anda. Peradangan ini beracun bagi sperma. Itu juga membuat rahim Anda tidak ramah terhadap implantasi, jika terjadi pembuahan.

Tetapi penelitian terbaru gagal menemukan bukti bahwa pembuahan pernah terjadi. ParaGard bekerja hingga 10 tahun setelah penyisipan.

Mirena bekerja untuk menipiskan lapisan rahim Anda untuk mencegah pengangkutan sperma ke saluran tuba Anda di mana pembuahan harus terjadi. Progestin yang dilepaskannya juga mengental lendir serviks dan dapat mencegah ovulasi.

Mirena dapat bertahan hingga lima tahun setelah pemasangan. Skyla dan Liletta berukuran lebih kecil dan mengandung dosis progestin yang lebih rendah. Keduanya menipiskan lapisan rahim Anda, dan bisa bertahan hingga tiga tahun.

Bagaimana cara memasang IUD?

IUD dipasang oleh ahli kesehatan. Buatlah janji dengan dokter Anda untuk menentukan apakah IUD adalah pilihan kontrasepsi terbaik untuk Anda. IUD dapat dipasang kapan pun Anda yakin tidak hamil.

 

Dokter Anda akan memasukkan IUD melalui leher rahim Anda dan ke dalam rahim Anda. Prosedur biasanya memakan waktu kurang dari 15 menit. Ini bisa dilakukan dengan atau tanpa anestesi lokal. Anda mungkin akan merasakan kram atau ketidaknyamanan.

Risiko pengusiran sangat kecil saat AKDR dipasang. Untuk beberapa bulan pertama, penting untuk memastikan bahwa kebijakan tersebut masih berlaku. Anda harus melakukan ini setiap bulan.

Anda harus bisa merasakan benang itu. Jika senar terasa lebih pendek atau lebih panjang dari biasanya, mungkin ada masalah. Anda seharusnya tidak merasakan ujung IUD yang keras di leher rahim Anda.

Jika ada masalah, jangan tarik talinya atau coba pasang kembali IUD Anda sendiri. Sebagai gantinya, buatlah janji dengan dokter Anda. Mereka dapat memeriksa untuk melihat apakah IUD terlihat baik-baik saja, dan status senarnya.

Pengusiran jarang terjadi. Jika itu terjadi, itu mungkin terjadi selama menstruasi Anda. Pengusiran kemungkinan besar terjadi dalam beberapa bulan pertama setelah pemasangan. Sementara Anda menunggu IUD dipasang kembali, gunakan kontrasepsi alternatif.

Seberapa efektif IUD?

Kedua jenis IUD ini lebih dari 99 persen efektif mencegah kehamilan. Mereka adalah salah satu jenis kontrasepsi paling efektif yang tersedia.

Mereka juga salah satu bentuk pengendalian kelahiran yang paling nyaman karena dapat digunakan antara 3 dan 10 tahun.

Apa keuntungan dari IUD?

  • IUD memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah:
  • efektivitas
  • kenyamanan; IUD tidak memerlukan persiapan sebelum berhubungan intim
  • dapat digunakan saat menyusui
  • Cepat sembuh jika Anda ingin hamil
  • murah; setelah biaya awal penyisipan, tidak ada lagi biaya selama 3 sampai 10 tahun

IUD juga dapat digunakan sebagai salah satu bentuk kontrasepsi darurat. Menurut Planned Parenthood, 99,9 persen efektif mencegah kehamilan jika dimasukkan dalam 5 hari hubungan intim tanpa kondom.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *