Cara Memilih Vendor SMS Gateway

Bagaimana cara memilih Vendor SMS Gateway? Ada banyak pertimbangan salah satunya bahasa pemrograman apa yang mereka dukung dan seberapa mudah menghubungkan aplikasi Anda dengan layanan?

Dengan memilih vendor SMS Gateway yang tepat, maka Anda akan mudah dalam melakukan bisnis dan juga berbagai kepentingan lainnya.

Misalnya, layanan kami mendukung PHP, JS, Java, Ruby, dan Python – apa pun bahasa yang digunakan pengembang Anda, integrasi dengan Instasent akan mudah dilakukan.

Cari vendor yang telah menetapkan proses dan telah membantu perusahaan lain di industri Anda, atau dengan kasus penggunaan serupa dengan Anda.

SMS Gateway pada dasarnya adalah API untuk pesan teks. Anda dapat mengintegrasikan web atau aplikasi seluler Anda dengan satu dan mengirim kampanye pesan teks ke audiens Anda berdasarkan tindakan mereka atau kapan pun Anda perlu mengirimkan informasi kepada mereka.

Gateway Anda akan menghubungkan Anda dengan jaringan seluler lokal dan mengubah konten pesan Anda menjadi format SMS atau MMS sehingga Anda dapat dengan cepat menghubungi pelanggan dan pelanggan Anda kapan pun Anda membutuhkannya.

Pelanggan Anda tidak perlu menginstal perangkat lunak khusus apa pun untuk menerima pesan Anda, karena Anda akan mengirim teks langsung ke nomor telepon mereka melalui gateway SMS Anda.

Sebagian besar perangkat lunak akan memiliki fitur komunikasi bawaan, beberapa menggunakan notifikasi email, beberapa menggunakan notifikasi push ke aplikasi seluler, dan beberapa menggunakan SMS. Bagi yang menggunakan SMS untuk berkomunikasi dengan pelanggan, pesan harus dikirim ke SMS Gateway.

Fungsi dasar dari SMS Gateway adalah untuk mengirimkan pesan SMS ke pelanggan Anda dan kemudian mengembalikan laporan pengiriman dengan rincian seperti waktu pengiriman dan status pengiriman. Gateway SMS harus mengetahui jaringan seluler mana yang menerima nomor ponsel, mengirimkan pesan langsung ke perusahaan seluler yang sesuai, menerima laporan pengiriman dari sistem perusahaan seluler dan kemudian mengirim laporan ini kembali ke perangkat lunak peminta asli.

Bagaimana cara menggunakan SMS Gateway?

Jika Anda ingin menggunakan SMS di sistem Anda, Anda harus meminta bantuan seorang programmer. Pemrogram akan terhubung ke gateway menggunakan antarmuka pemrogram aplikasi dan menggunakan salah satu dari berbagai bahasa pemrograman komputer untuk mengakses gateway dan mengirim pesan.

Biasanya kami memperkirakan pemrogram yang baik dapat menyelesaikan integrasi ujung ke ujung secara penuh dalam 4-6 jam. Ini termasuk menghubungkan ke gateway, memeriksa saldo kredit, mengirim pesan dan menggunakan laporan pengiriman kembali.

Meskipun sering diabaikan, gateway SMS adalah bagian dari teknologi yang memungkinkan aspek penting dari pemasaran teks dan bentuk pesan SMS massal lainnya.

 

Mirip dengan teknologi seperti telepon rumah yang mendukung teks atau nomor telepon virtual, SMS atau gateway pesan teks dapat menjadi fitur berharga untuk bisnis atau organisasi yang perlu menjangkau lebih banyak pelanggan daripada yang dimungkinkan oleh ponsel fisik.

Tapi apa itu SMS atau MMS gateway, dan bagaimana cara kerjanya? Kami akan menjelaskan semua ini, dan beberapa lagi, dalam artikel di bawah ini.

Dasar-dasar SMS Gateway

Ada banyak jaringan seluler yang berbeda di luar sana, dan semuanya memiliki cara berkomunikasi yang berbeda melalui gelombang udara. Ini dapat membuatnya sangat sulit untuk mengirim pesan teks massal ke grup besar pelanggan SMS yang mungkin tersebar di seluruh jaringan tersebut.

Untungnya, ada cara untuk mengatasi masalah ketidakcocokan operator seluler ini: dengan menggunakan gateway SMS.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *