Cara Pemasangan Paving Block Semen Dan Rumput Dengan Lebih Mudah

Paving block ada beberapa macam, kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu jenis dan harga dari orang yang jual paving block terdekat dari tempat kamu. Selain dengan menyewa jasa pemasangan paving block, kamu juga bisa memasang paving block sendiri mengingat paving seperti ini cukup dibutuhkan untuk berbagai macam keperluan dan untuk memperindah pemandangan. Akhir-akhir ini juga banyak orang yang memasang paving block di pekarangan rumah. Salah satu alasan orang yang menggunakan paving block adalah karena harga yang cenderung stabil dan dapat bekerja lebih baik apabila dibandingkan dengan material yang lain. Apabila kamu ingin memasang paving block semen dengan tenaga sendiri mungkin beberapa tips di bawah ini dapat membantu proses pengerjaan kamu.

  1. Memilih Jenis Paving Block

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya paving block ada beberapa macam seperti paving block model batu bata, paving block uni décor, paving block segitiga, paving block rumput, dan paving block segi enam. Dari beberapa jenis tersebut ada perbedaan dalam cara memasang dan juga kondisi pemakaian agar lebih tepat dengan lingkungan sekitar. Sebagai contoh paving block rumput sangat cocok apabila digunakan untuk di pekarangan rumah karena memiliki ruang bagi rumput untuk tumbuh sehingga masih menyimpan kesan asri. Pilih terlebih dahulu kira-kira jenis paving block seperti apa yang ingin kamu gunakan.

 

  1. Membersihkan Lahan

Memasang paving block berarti kita akan “mengganti” lahan yang ingin kita pasang. Apabila sebelumnya lahan tersebut berupa aspal, tanah bahkan rumput liar dengan memasang paving block kamu akan menjadikan pemandangan tersebut terlihat lebih rapi dan bersih. Namun, dalam proses pemasangan paving kamu harus membersihkan lahan tersebut terlebih dahulu agar proses pemasangan bisa berlangsung dengan lancar. Apabila terdapat benda asing seperti batu kerikil, akar tanaman dan lain sebagainya akan mengganggu proses pemasangan dan akan mempengaruhi hasil akhir.

 

  1. Mengecek Keadaan Tanah

Keadaan tanah akan sangat mempengaruhi proses dan hasil daripada pemasangan paving block. Beberapa kondisi tanah yang harus kamu perhatikan seperti tanah yang tidak rata, berlubang, dan tidak padat. Untuk tanah yang berlubang dapat kamu isi dengan mesin roller atau stamper kuda, sedangkan untuk tanah yang tidak padat kamu bisa mengisi dengan urugan tanah atau batu yang ditutupi dengan tanah karena tanah yang tidak padat akan menjadikan paving tidak rata pada saat di pasang.

Itu dia 3 hal yang harus kamu perhatikan dalam memasang paving, jangan lupa perhatikan keselamatan kamu pada saat proses pengerjaan mengingat mengerjakan paving menggunakan peralatan yang dinilai berbahaya yang dapat mengancam keselamatan pekerja. Cari orang yang jual wearpack atau alat keamanan yang kamu butuhkan sebelum kamu mengerjakan pekerjaan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *