Langkah-Langkah Mengatasi Speech Delay pada Anak Usia Dini

Speech delay, sebuah kondisi yang harus diwaspadai oleh setiap orang tua dalam masa pertumbuhan anak. Keterlambatan bicara atau yang dikenal dengan speech delay ini adalah suatu kondisi saat anak belum mencapai pada target perkembangan bahasa sesuai usianya. Kondisi ini banyak dialami oleh anak dan kadang tidak disadari oleh orang tuanya.

Anak Mengalami Keterlambatan Bicara? Atasi dengan Cara Ini

Kondisi keterlambatan bicara ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti gangguan pada otot-otot yang ada di sekitar rahang mulut dan lidah, kurang stimulus bahasa sejak dini hingga gangguan saraf yang berkaitan dengan perkembangan otak untuk bahasa dan berbicara.

Speech delay pada anak
Speech delay pada anak

Ada tahapan bicara bayi sesuai umur yang harus diketahui oleh orang tua. Misalnya di usia 0-3 bulan bayi sudah bisa mengeluarkan bunyi vokal, hingga di usia 3 tahun sudah bisa merangkai 3 kata. Ada pula tahap komunikasi anak yang juga menjadi tahapan awal kemampuan komunikasi dan berbahasa pada anak.

Nah, ketika anak mengalami kondisi speech delay ini, orang tua bisa mendampingi anak untuk mengatasinya. Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan oleh orang tua.

  • Say Less / Ajarkan 1 kata 

Langkah mudah pertama yang bisa dilakukan orang tua untuk mengatasi keterlambatan bicara ini adalah dengan say less. Orang tua bisa mulai mengajarkan anak untuk mengucapkan satu kata sederhana atau kalimat pendek.

  • Memberikan Penekanan / Stand Out 

Cara ini adalah dengan memberikan penekanan pada kata-kata penting yang sedang diajarkan pada anak. Yang harus diingat, penekanan harus dilakukan pada keseluruhan suku kata, bukan hanya pada ujungnya saja.

Jika Anda melakukan penekanan hanya pada ujung kata saja, saat anak menjadi first word user, maka anak akan cenderung hanya mengatakan suku kata ujungnya saja. Inilah mengapa penekanan keseluruhan suku kata penting pada metode ini.

Lihat pula: Brainking, Vitamin Otak untuk Mengatasi Keterlambatan Bicara Anak

  • Lakukan Secara Perlahan / Slow 

Cara selanjutnya disebut dengan slow, yaitu melakukan secara perlahan. Maksudnya adalah berbicara kepada anak secara perlahan dan tidak terlalu cepat. Tujuannya adalah agar lebih mudah memproses dan memahami kata yang diajarkan.

  • Pergunakan Alat Bantu / Show 

Cara mudah lain yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mengatasi kondisi speech delay pada anak adalah dengan cara show atau menunjukkan. Maksudnya adalah dengan menunjukkan kata yang diajarkan menggunakan alat bantu, atau bisa juga dengan menggunakan gesture tubuh tertentu. Tujuannya tetap untuk membantu anak lebih mudah memahami kata yang diajarkan.

Selain menggunakan cara-cara di atas, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk membantu anak dalam tahap perkembangan bahasanya. Misal dengan membaca buku bersama, mengajak anak untuk bercerita, bernyanyi bersama dan lain sebagainya. Jika aktivitas-aktivitas ini dilakukan dengan telaten oleh orang tua bersama anak, maka kondisi speech delay pun bisa diatasi.

Referensi Terkini

News and Tutorial Aggregator