Apa Arti Recovery dalam Dunia Medis? Beginilah Penjelasannya

Banyak orang-orang dalam tahap pembelajaran Bahasa Inggris bertanya mengenai Recovery artinya adalah?. Meskipun biasa dibilang hanya sebatas satu kata saja namun kata Recovery sendiri sangat banyak digunakan dan muncul dalam percakapan Bahasa Inggris. Ini dikarenakan kata ini mengandung beberapa makna sekaligus beserta memiliki sinonim yang berbeda-beda.

Jadi dalam kamus Bahasa Indonesia Recovery artinya adalah reparasi, pembaruan, penemuan kembali, pemilihan, perolehan kembali, ganti rugi, dan kesembuhan. Dengan begitu bisa dikatakan bahwa recovery ini merupakan pemulihan atau kembalinya sesuatu dalam kondisi yang lebih baik dari sebelumnya. Ada beberapa penjelasan lain mengenai kata ini. Simak penjelasan berikut ini.

Sinonim Beserta Contoh Kalimat Menggunakan Recovery

proses pemulihan dari penyakit
proses pemulihan dari penyakit

Seperti yang sudah diungkapkan dalam penjelasan tentang Recovery artinya diatas karena kata ini mengandung beberapa sinonim. Setiap sinonim akan mengimbangi kalimay yang digunakan jadi bisa dikatakan fungsinya cukup fleksibel untuk melengkapi kekurangan dari kalimat tersebut. Apa saja sinonim dari recovery?

  1. Improvement (peningkatan)
  2. Readjustment (penyesuaian kembali)
  3. Recronstruction (rekontruksi)
  4. Rehabilitation (rehabilitasi)
  5. Restoration (restorasi)
  6. Resumption (dimulainya kembali)
  7. Return (kembali)
  8. Recreation (rekreasi)
  9. Reformation (reformasi)
  10. Reinstatement (pemulihan kembali)

Melihat beberapa sinonim diatas kamu seharusnya sudah paham bahwa setiap kata mengandung makna yang mirip namun berbeda. Begitupun dengan penempatannya. Hal inilah yang terkadang membingungkan para pelajar bagaimana penempatan yang tepat untuk kata tersebut. Adapun berikut adalah beberapa contoh yang menggunakan kata Recovery:

  1. Pada awal pemulihan terjadi penuruan terhadap pemrintaan konsumen terhadap produk yang dijual oleh perusahaan. ( At the beginning of the recovery, there was a decline ini consumer demand for products sold by the company).
  2. Dia juga tidak bisa tinggal selama tiga minggu, multi-ribu dolar, yang seharusnya menjadi periode pemulihan. (Neither could her three-week, multi-thousand dollar stay, which was supposed to be a recovery period).

Kata recovery ini juga tidak hanya merujuk pada kalimat saja. Sekarang kamu pasti punya smartphone? Nah di menu pengaturan cobalah untuk cek apakah ada kata Recovery di dalamnya. Lebih tepatnya adalah Recovery and Restart yang memungkinkan pengguna untuk bisa melakukan pemulihan terhadap kondisi smartphonenya agar menjadi lebih baik.

Dengan melakukan Recovery biasanya virus-virus yang mungkin menyerang di beberapa sistem Hp akan hilang begitu saja karena dipulihkan dalam kondisi semula. Tak hanya pada smartphone saja melainkan di dunia maya pun juga sama misalnya saja pada Facebook, Instagram, WhatsApp, dan lain sebagainya.

Sampai disini saja penjelasan mengenai Recovery artinya adalah beserta contoh penerapannya pada kalimat. Dikarenakan fungsinya yang tidak stabil dalam artian fleksibel maka kamu bisa menggunakan kata ini untuk beberapa kalimat. Namun tetap saja harus memperhatikan frasa juga makna yang dimaksud.

Sumber:

Cara Mencari Sekolah Dasar Berdasarkan Wilayah

Cari Sekolah Dasar Berdasarkan Wilayah – semua orang tua ketika ingin mendaftarkan anaknya ke sekolah biasanya terlebih dahulu mencari informasi terkait sekolah tersebut.

Informasi yang di cari pun bisa berupa akreditasi sekolah tersebut, prestasi dari sekolah dan tak kalah pentingnya wilayah. Mengapa terkait wilayah? Dikarena untuk melihat seberapa mudahkah sekolah tersebut untuk di jangkau.

Selain itu juga setelah pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Peraturaan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 44 Tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru.

Yang mengatur bahwa PPDB yang di laksanakan pemerintah Kabupaten/Kota untuk pendidikan dasar menengah wajib menggunakan 3 jalur : jalur zonasi (70 persen), jalur afirmasi (15 persen) dan jalur perpindahan orang tua/wali (5 persen).

Mengapa pada tingkatan Sekolah Dasar  saat PPDB tidak ada jalur prestasi? Hal tersebut juga berdasarkan permendikbud pada pasar 14 yang menyatakan jalur prestasasi tidak di berlaku untuk jalur pendaftaran calon peserta didik baru pada TK dan kelas 1 SD.

Dari Permendikbud di atas artinya peluang untuk masuk melalui jalur zonasi sangat besar. Maka itu sangat penting orang tua mengecek terlebih dahulu sekolah berdasarkan wilayah.

Konsep dsar PPDB zonasi sendiri ialah minimal 70% dari daya tampung sekolah tersebut:

  1. Sekolah negeri wajib menerima calon peserta didik yang berdomisili sesuai zonasi
  2. Termasuk kuota bagi siswa yang meliputi: a.) Tidak mampu, b.) Penyandang disabilitas (sekolah inklusi)
  3. SMA/SMK negeru wajib menerima peserta didik dari keluarga tidak mampu minimal 20% dari daya tampung. Sesuai Pasal 53A PP 17/2010 jo 66/2010

Lalu apa sih manfaat dari pendidikan berbasis zonasi itu?

  1. Memudahkan upaya peningkatan kapasitas guru
  2. Pemerataan akses pendidikan
  3. Menghilangkan praktik jual beli kursi dan pungli
  4. Mendekatkan peserta didik dengan lingkungan sekolah
  5. Mengoptimalkan tripusat pendidikan dalam penguatan pendidikan karakter
  6. Memberikan data yang valid sebagai dasar intervensi Pemerintah dan Pemda
  7. Kondisi kelas yang heterogen mendorong siswa bekerja sama

Wah manfaatnya sungguh besarnya untuk pendidikan sendiri dengan begitu Indonesia berupaya mencapai pemerataan kualitas pendidikan dari sistem zonasi tersebut.

Oh iya jalur zonasi umum ini juga terbagi lagi yakni zonasi radius dan zonasi reguler.

Zonasi Radius: bagi calon siswa yang domisili dalam radius 0-200 meter dari sekolah wajib di terima. Untuk penentuan jaraknya itu berdasarkan jarak udara dari titik koordinat domisili ke titik koordinat sekolah pada sistem aplikasi PPDB

Zonasi Reguler: bagi calon peserta didik yang bisa di lihat dari daftar kelurahan/desa, wilayah administratif atau pun di luar wilayah administratifnya.

Cara Mencari Sekolah Berdasarkan Wilayah

Setelah penjelasan di atas sobat bakal kasih langkah-langkah agar kalian mudah dalam mencari sekolah yang akan di tuju sesuai wilayah tempat tinggal:

  1. Buka browser baik itu menggunakan handphone ataupun laptop yang terhubung dengan jaringan internet
  2. Lalu kunjungi website https://www.datapendidikan.com/sd
  3. Muncullah halaman utamanya, pada kolom lokasi silakan cari wilayah sekolah yang akan di tuju
  4. Setelahnya akan tampil semua sekolah yang ada di wilayah tersebut. Informasi yang ada beruapa nama sekolah, alamat, kecamatan, kelurahan dan status dari sekolah tersebut.
  5. Jika ingin melihat mapsnya pun kalian tinggal klik nama sekolah dan akan ada pentunjuk maps menuju sekolah.
Daftar sekolah SD berdasarkan wilayah di Datapendidikan.com
Daftar sekolah SD berdasarkan wilayah di Datapendidikan.com

Demikian langkah-langkah cari sekolah asar berdasarkan wilayah dengan praktis dan pastinya gampang. Sekarang tidak perlu susah lagi jika ingin mengetahui area wilayah sekolah yang akan dituju untuk menjadi sumber referensi saat akan menyekolah anak serta mempermudah juga mengingat sekarang sekolah menggunakan system zonasi. Semoga bermanfaat!

Andrew Kalaweit Sekolah Dimana, Ini Jawabannya!

Andrew Kalaweit Sekolah Dimana – wah, melihat dari judul artikel kali ini pasti kalian juga sudah tidak asing lagi dengan nama yang satu ini. Yang bahkan sekarang banyak di perbincangkan di berbagai sosial media. 

Apalagi saat Andrew tampil di salah satu podcast actor Indonesia yang terkenal yakni Deddy Corbuzier. Sejak itu juga banyak para netizen penasaran dengan sosoknya.

Tetapi ternyata remaja satu ini juga sempat viral pada tahun 2021 dari konten explore alam sekitar tepatnya di hutan kalimantan yang di bagikan di youtubenya. Dan tak di sangka juga  channel youtube Andrew Kalaweit sudah memiliki lebih dari 1.57 juta subcriber.

Lalu timbul nih pertanyaan dan banyak berita  yang beredaran kalau ia sendiri sebenarnya tinggal di hutan bersama keluarganya. Orang-orang pun bertanya apakah ia mengenyam pendidikan, jika ia sekolah dimana dan masih banyak pertanyaan lain yang dipertanyaan. 

Nah dari pada penasaran langsung simak saja artikel ini!    

Siapakah Sosok Andrew Kalaweit?

netizen-membicarakan-andre-kalaweit
netizen-membicarakan-andre-kalaweit

Andrew ialah seorang conten creator yang membagikan kegiatan sehariannya di berbagai sosial media. Terlihat Ia sangat menyukai alam, setiap yang di bagikan semua berisi jejak pertualangannya. Jumlah penontonnya juga menyetuhkan angka jutaan views setiap yang di unggahkan.

Konten-konten tersebut terbilang tak biasa, sebab bersisi pengalaman pribadi di alam liar. Hal itulah yang membuat sejumlah orang menjuluki sebagai tarzan Kalimantan.

Remaja yang memiliki nama lengkap Andrew Ananda Brule ini lahir pada 29 Januari 2004 yakni dari pasangan Aurelien Francis Brule dan Nur Pradawati. Dari namanya sendiri ia berdarah campuran antara Prancis dan Indonesia.

Sosok ayahnya yang kerap di sapa Chanee Kalaweit adalah aktivis lingkungan sekaligus pendiri Yayasan Kalaweit yang sudah ada sejak tahun 1998. Adanya yayasan tersebut tujuannya melindungi satwa liar di Indonesia terutama primata baik itu Owa atau orang utan.

Sosoknya juga memiliki saudara laki-laki bernama Enzo Kalaweit yang kadang suka menemaninya menyelusuri Hutan Kalimantan, dimana terlihat di salah satu satu video youtubenya.

Bahkan andrew sendiri sudah memiliki kekasih yang juga sama-sama menyukai alama bisa di juluki pencinta alam. Ia bernama Amelia Retha.

Bagaimana dengan Latar Pendidikan Andrew?

Berada di hutan sejak lahir dan hampir menghabiskan waktu seharian di dalam hutan. Lantas tidak membuat ia dan adiknya untuk tidak merasakan sekolah.

Begitu beruntungnya mereka memiliki sosok orang tua yang sangat mementingkan pendidikan bagi anak-anaknya. Orang tuanya tidak memaksakan untuk bersekolah dimana.

Andrew dan Enzo sendiri mengikuti belajar secara homeschooling di salah satu lembaga pendidikan yang berbasis tepatnya di Denpasar. Setiap hari belajarnya bisa melalui sketch ataupun zoom dengan tutor yang berbeda tiap mata pelajaran dan juga metode pembelejaran secara private.

Bahkan saat pandemi pun ujian kelulusan SMA sempat akan di adakan secara online, tetapi Andrew mengharapkan diadakan secara offline yang mengharuskanya keluar hutan.

Soal akses internet pun memang tergolong tidak begitu lancar karena bergantung pada cuaca, akan tetapi semangat belajar cukup tinggi. Dimana mereka mendapatkan jaringan internet dari parabola besar yang di pasang dan langsung tertuju ke satelit.

Dari itulah ia dan adiknya dapat mengikuti sekolah online dan berkomunikasi dengan yang lain. Gimana cukup terjawabkan pertanyaan kalian terkait Andrew Kalaweit Sekolah dimana? Jika kalian masih penasaran dengan sosoknya dan kehidupan sehari-harinya bisa ikuti akun sosial medianya di Instagram @andrewkalaweit dan channel youtube Andrew Kalaweit

Reference: G20.one

Butuh Swab? Jangan Panik, Ini Tempat Rekomendasi Antigen di Bandung

Menurut survey, swab antigen lebih banyak diminati dibandingkan swab PCR. Selain biayanya lebih murah, hasilnya pun juga lebih cepat keluar. Di Bandung, ada beberapa tempat rekomendasi untuk melakukan swab antigen. Berbicara mengenai swab antigen rekomendasi di Bandung, kami akan berukan 7 tempat yang paling bagus untuk dipilih.

Tempat-tempat Paling Rekomended untuk Swab Antigen di Bandung

Berikut beberapa tempat paling rekomended untuk melakukan swab antigen bagi kalian yang berada di Bandung:

  • Bumame Farmasi

Memberi kemudahan layanan uji Kesehatan tes Covid-19 menuju gaya hidup lebih aman & nyaman adalah misinya. Tempat ini sangat terpercaya dan rekomended untuk melakukan test swab. Dengan lab berteknologi mutakhir dan berstandar WHO, ada 17 cabang yang tersebar di Bandung dan Jabodetabek. Layanan test swab yang disediakan pun bervariatif seperti corporate, lab service, dan home service. Semua prosedurnya bisa dilakukan secara online.

Lihat juga: Daftar Outlet JNT Bandung

  • RS Mayapada

Untuk test swab, rumah sakit ini menghadirkan 3 layanan utama yaitu home service, in-house, dan drive thru. Kalian bisa melakukan test swab di rumah sakit Mayapada di berbagai lokasi seperti Jakarta Selatan, Sudirman, Kuningan, Bogor, dan Tangerang.

  • RS EMC

Jika kalian tinggal di Kawasan Tangerang, Bogor, atau Sentul, tempat ini cocok untuk melakukan test swab. Layanan drive thru dan walk-in juga tersedia untuk test swab di sini.

  • RS Borromeus

Untuk kalian yang berada di Bandung dan ingin melakukan test swab, Rumah Sakit Borromeus menjadi salah satu pilihan terbaik. Layanan yang ditawarkan tergolong lengkap termasuk home service laboratory. Jadi, kalian bisa melakukan test swab di rumah sesuai kebutuhan tanpa harus jauh-jauh ke rumah sakit.

  • Medizen Clinic

Jika kalian ingin melakukan test swab di klinik, Medizen Clinic sangat direkomendasikan. Medizen Clinci adalah one-stop solution klinik yang menyediakan layanan test swab, telemedicine, hingga vaksinasi. Tersedia juga paket swab test bundling beserta konsultasi online. Ada juga layanan suntik imun booster yang tarifnya terjangkau.

Lihat juga: https://blog.ub.ac.id/techguide/harga-oximeter-di-pasaran/

  • Lab Klinik Pramita

Laboratorium ini juga menyediakan layanan test swab untuk berbagai keperluan. Jika kalian tertarik, kalian bisa melakukan test swab baik di lab klinik Pramita Moh Toha maupun cabang Martadinata.

  • Prahita Diagnostic Center

Ada dua cabang yang bisa kalian pilih untuk melakukan test swab di Prahita Diagnostic Center. Yang pertama adalah cabang Pelajar sedangkan yang kedua adalah cabang Kopo. Kalian bisa memilih cabang terdekat atau yang kalian lebih suka.

Untuk harga, setiap tempat memiliki tarif yang berbeda-beda. Namun, Kemenkes telah mengaturnya yaitu maksimal 250 ribu rupiah. Namun, apabila ada fasilitas Kesehatan yang menawarkan tarif lebih tinggi, biasanya itu adalah biaya tambahan vitamin/suplemen atau untuk konsultasi.

Saat ini, kasus Covid-19 semakin melonjak. Tak heran jika banyak masyarakat yang kebingungan mencari tempat terbaik untuk melakukan test swab. Fasilitas-fasilitas Kesehatan rekomendasi Ruangperawat.com diatas bisa menjadi pilihan tepat untuk kalian.

Fasilitas-fasilitas Kesehatan di atas merupakan tempat test swab antigen rekomendasi di Bandung. Semuanya juga menyediakan layanan test swab PCR. Bahkan, beberapa di antaranya juga menyediakan layanan lain terkait penanganan dan pencegahan Covid-19. Yang lebih penting, jangan lupa melakukan vaksinasi dan tetap mematuhi protokol Kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah. Imun tubuh juga harus tetap dijaga bahkan ditingkatkan.

7 Tempat Swab Antigen Rekomendasi di Jogja

Swab antigen rekomendasi di Jogja kini sangat banyak dicari. Di kota gudeg ini, ada banyak sekali fasilitas Kesehatan yang menyediakan layanan test rapid, swab, hingga vaksin. Namun, swab antigen adalah jenis test Covid-19 yang paling banyak dicari.

Rumah Sakit & Lab Jogja Paling Rekomended untuk Pemeriksaan Test Swab Antigen

Untuk melakukan test swab antigen, kalian bisa memilih salah satu dari Rumah Sakit atau lab berikut ini dikutip dari Tim Ruangperawat.com:

  • Rumah Sakit Panti Rapih

Rumah Sakit ini berlokasi di jalan Cik Di Tiro nomor 30. Kalian bisa langsung menuju Rumah Sakit atau menghubungi lewat telepon terlebih dahulu di nomor (0274) 563333. Rumah Sakit Panti Rapih sendiri buka 24 jam.

  • PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta

PKU Muhammadiyah kota Yogyakarta yang beralamat di jalan K.H. A. Dahlan juga bisa menjadi opsi yang rekomended untuk melakukan test swab, baik antigen maupun PCR. Untuk menghubunginya, kalian bisa menelpon ke nomor (0274) 512 653.

  • Rumah Sakit Sardjito

Pilihan lainnya adalah RSUP Dr. Sardjito yang beralamat di jalan Kesehatan nomor 1 Sekip, Sinduadi, Yogyakarta. Hubungi (0274) 631190 atau 08112750500 (hotline) atau datang langsung ke RSUP Dr. Sardjito.

  • RSUD Wates Kulon Progo

Untuk kalian yang ingin melakukan test swab di Kulon Progo, RSUD Wates bisa menjadi pilihan terbaik. Untuk melakukan test swab, kalian bisa mendaftar melalui WA di 081326317337. Biaya test swab antigen yaitu Rp 290.000 sudah termasuk hasil test dan surat keterangan dokter. Test swab di RSUD Wates dilakukan Senin sampai Sabtu jam 8 pagi hingga 12 siang. Bagi kalian yang belum pernah ke RSUD Wates, alamatnya ada di jalan Tentara Pelajar km 1, Kulon Progo, DIY.

  • Lab Kimia Farma

Terdapat 3 lokasi lab Kimia Farma yang bisa kalian pertimbangkan untuk melakukan swab antigen di Yogyakarta. Yang pertama adalah Kimia Farma 0070-Yogyakarta yang beralamat di jl. Adisucipto nomor 63. Yang kedua adalah Kimia Farma 0207-Parangtritis yang beralamat di jl. Parangtritis nomor 130. Yang ketiga adalah Kimia Farma 0275-Jakal yang beralamat di Jl. Kaliurang km 6 nomor 48.

  • Rumah Sakit Elizabeth Bantul

RS Santa Elizabeth yang merupakan milik Yayasan Panti Rapih juga bisa dijadikan tempat yang rekomended untuk melakukan test swab antigen. Alamatnya ada di Ganjuran, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul. Silahkan hubungi (0274) 367502.

  • Rumah Sakit DKT Yogyakarta

Rumah Sakit DKT Dr. Soetarto Yogyakarta beralamat di jalan Juwadi nomor 19, Kotabaru. Kalian bisa mengubungi Rumah Sakit ini di nomor (0274) 2920000.

Berapa Biaya Swab Antigen di Jogja?

Berdasar ketetapan Pemerintah Pusat, tarif tertinggi untuk swab antigen adalah sebesar 250 ribu rupiah di Pulau Jawa dan 275 ribu di luar Jawa. Di Jogja sendiri, siapapun yang melakukan perjalanan masuk atau keluar Jogja harus menunjukkan surat bebas Covid-19.

Benarkah Swab Antigen Lebih Direkomendasikan untuk Mendeteksi Covid-19? Ya, test swab antigen memang lebih efektif untuk mendeteksi Covid-19 dibanding test antibody. Namun, test swab antigen masih kalah akurat dibanding swab PCR yang harganya jauh lebih mahal. Yang jelas, WHO telah memberi rekomendasi ke Indonesia untuk melakukan swab antigen guna mendeteksi Covid-19 secara cepat. Jadi, siapapun yang ingin mencari lokasi swab antigen rekomendasi di Jogja, beberapa fasilitas Kesehatan di atas sangat direkomendasikan.

Rekomendasi Aplikasi Oximeter di Android dan Cara Menggunakannya

Sebelum kita membahas tentang aplikasi oximeter di android dan cara menggunakannya seperti apa, terlebih dahulu kita akan bahas perihal oximeter itu sendiri. Jadi oximeter merupakan alat kesehatan yang digunakan sebagai pengukur kadar oksigen di dalam darah seperti dikutip Ruangperawat.com.

Pengukuran kadar oksigen sangat penting karena jika oksigen kekurangan darah maka dampaknya akan fatal bagi tubuh. Untuk menggunakan oximeter dan mendapatkan informasi tentang kadar oksigen dalam darah, sekarang Anda sudah bisa memanfaatkan aplikasi oximeter di android yang bisa Anda download.

Dengan begitu Anda tidak perlu repot membeli alat oximeternya sendiri. Berikut rekomendasi aplikasi oximeter di android beserta cara penggunaannya untuk Anda!

Daftar Aplikasi Oximeter di Android dan Cara Menggunakannya

Aplikasi CarePlix Vitals

CarePlix Vitals menjadi sebuah aplikasi rintisan CareNow Healthcare yang dipercaya dapat mengukur satuan oksigen seseorang dengan hasil yang cukup akurat.

Jika Anda ingin menggunakannya untuk mengukur saturasi oksigen dalam tubuh Anda, Anda perlu unduh aplikasi CarePlix Vitals ini terlebih dahulu. Setelah Anda unduh, arahkan ibu jari pada bagian flash kamera belakang dan tahan di sana dalam beberapa detik.

Setelah aplikasi mendeteksi semua yang diperlukan, ia akan memberi tahu semua informasi yang Anda butuhkan terkait dengan oksigen dan denyut nadi Anda.

Aplikasi MFine

Selanjutnya ada aplikasi MFine yang memungkinkan bagi seseorang untuk mengecek kadar oksigen dalam tubuh. Anda bisa unduh aplikasi MFine melalui Google Play Store. Aplikasi ini di dalamnya telah dilengkapi dengan pemeriksa Spo2 yang terintegrasi dan masih dalam versi beta.

Versi beta maksudnya pengembang atau perusahaan MFine masih akan terus melakukan peningkatan teknologi demi memaksimalkan fungsi dan manfaatnya. Mengenai cara pemakaiannya sendiri seperti apa, Anda bisa memanfaatkan kamera ponsel dan cahaya senter.

Ketika pengujian dilakukan untuk mencari tahu akurasi aplikasi MFine, antara hasil dari aplikasi dan hasil oximeter yang didapatkan ditemukan hasil yang mendekati antara keduanya meski memang pengujian harus dilakukan beberapa kali.

Aplikasi Blood Oxygen

Aplikasi Blood Oxygen bermanfaat untuk memantau tingkat oksigen dalam darah dan detak jantung. Aplikasi ini akan meminta kepada masing – masing pengguna untuk memeriksa pola pernapasan melalui fungsi start atau stop.

Lihat pula: https://kobi-id.org/daftar-sumber-daya-alam-indonesia/

Tak ada proses pendaftaran sehingga pengguna meski tidak memiliki akun bisa menggunakan aplikasi Blood Oxygen secara langsung dengan cara penggunaan yang sangat mudah.

Aplikasi Pulse Oximeter Tracker

Seperti aplikasi oximeter di android yang sudah sebelumnya dibahas, aplikasi Pulse Oximeter Tracker memungkinkan seseorang dapat melacak satuan oksigen dalam darah. Melalui Pulse Oximeter Tracker, pengguna dapat melacak data yang direkam secara teratur.

Agar menggunakan Pulse Oximeter Tracker membuat Anda menerima hasil yang lebih baik, Anda harus tambahkan data ke platform secara manual. Cara pakai Pulse Oximeter Tracker pun sangat mudah. Anda bisa langsung menggunakan Pulse Oximeter Tracker hanya dengan meletakkan ujung jari telunjuk pada kamera.

Nantinya setelah screening, hasil kadar oksigen tubuh Anda akan terlihat pada bagian layar aplikasi. Anda perlu tahu bahwa tingkat saturasi oksigen normal berada pada rentang angka 95 – 100%. Sementara di bawah 90% maka diartikan sebagai saturasi oksigen yang tidak normal dan butuh perawatan klinis.

Referensi terkait: Kirim Aplikasi via Bluetooth

Akan tetapi baiknya aplikasi oximeter di android tidak Anda jadikan sebagai acuan saturasi oksigen dalam diri Anda karena beberapa alasan :

  • Alasan pertama, kumpulan data yang diujikan dengan aplikasi tidak menyertakan berbagai jenis kulit.
  • Alasan kedua, pengujian terhadap kumpulan data yang didapatkan hanya mencakup kisaran saturasi oksigen secara terbatas sementara oksimeter yang digunakan secara klinis harus mencakup saturasi oksigen 70 sampai 100 persen.

Salah satu dari beberapa aplikasi di atas bisa segera Anda download jika ingin mengecek kadar oksigen dalam darah namun belum punya alat oximeter sendiri. Namun ingat, hasilnya tidak bisa jadi 100% acuan. Jaga selalu kondisi tubuh Anda dengan istirahat cukup dan mengonsumsi makanan bergizi.

Mengenal Apa Itu Penyakit Gallstone dan Penyebabnya

Dengan mengetahui gallstone, Anda akan lebih tahu tentang bahaya dari penyakit ini. Apabila seseorang memiliki batu pada kantung empedunya, berbagai jenis masalah kesehatan bisa muncul. Salah satunya adalah penyakit yang muncul pada sistem  pencernaan.

Batu empedu tidak terbentuk dengan cepat. Biasanya kondisi ini akan berjalan cukup lambat sehingga hampir sebagian besar orang tidak menyadarinya. Agar bisa lebih waspada dengan kondisi ini, simak ulasan berikut dengan seksama.

Mengenal Apa Itu Gallstone dan Gejala

Gallstone atau batu empedu adalah gangguan yang disebabkan adanya kristalisasi di saluran empedu. Akibat kristalisasi ini, batu jadi muncul dan memicu terjadinya penyumbatan pada kantung empedu.

Kantong empedu adalah organ yang digunakan untuk melakukan proses pencernaan termasuk melakukan pencernaan pada kolesterol. Apabila cairan empedu tidak bisa masuk ke dalam pencernaan, masalah akan muncul seperti perubahan warna pada feses.

Salah satu gejala atau tanda yang bisa menjadi petunjuk jika seseorang mengalami batu empedu terdiri dari:

  • Mual dan perasaan ingin muntah.
  • Sering mengalami nyeri pada perut.
  • Mengalami maag.
  • Terjadi penumpukan udara di dalam saluran pencernaan dan memicu kembung.

Gejala di atas umumnya tidak hanya muncul sekali saja. Namun, bisa terjadi hingga berkali-kali.

Penyebab Gallstone

Hingga saat ini batu pada empedu bisa muncul akibat beberapa masalah kesehatan yang tidak diketahui. Namun, beberapa kondisi yang paling sering memicu terjadinya dan diduga memicu proses kristalisasi pada kantung empedu adalah tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dan bilirubin.

Gallstone
Gallstone

Dua hal ini menyebabkan banyak sekali partikel masuk ke dalam kantung empedu. Seiring dengan berjalannya waktu terjadilah pengendapan sehingga muncul batu. Kondisi ini yang menyebabkan terjadinya penyumbatan. Selain penyebab di atas, faktor risiko di bawah ini juga mempengaruhi:

  • Berusia 40 tahun ke atas.
  • Berjenis kelamin wanita.
  • Mengalami obesitas.
  • Konsumsi makanan dengan kadar kolesterol yang tinggi.
  • Menderita diabetes.
  • Pernah mengalami gangguan pada hati seperti hepatitis.

Lihat pula: Teknik Pengambilan Sampel

Penanganan Gallstone

Secara umum ada dua pengobatan yang bisa dipilih. Pertama adalah pengobatan dengan melakukan proses operasi.

Biasanya tindakan ini dilakukan dengan prosedur yang minim sekali invasif seperti laparoskopi. Proses ini dilakukan dengan memberikan sayatan kecil pada perut tanpa harus membukanya.

Cara kedua dilakukan dengan mengonsumsi obat tertentu. Dokter akan meresepkan obat yang digunakan untuk melakukan proses pelarutan batu empedu. Proses ini biasanya tidak di stan dan butuh waktu hingga 1 tahun untuk berhasil melarutkan semuanya.

Setelah mengenal apa itu gallstone, Anda jadi lebih paham jika masalah pada batu empedu sangatlah berbahaya. Untuk itu, Anda disarankan untuk lebih bisa menjaga gaya hidup agar tidak terjadi pengendapan pada kantung empedu yang akhirnya menyebabkan terjadinya penyumbatan.

Apabila hal itu terjadi, beberapa gejala seperti nyeri di perut akan sering muncul. Kondisi ini umumnya hanya bisa diatasi dengan melakukan operasi terlebih dahulu. Prosedur ini aman meski masih memiliki beberapa risiko apalagi jika dilakukan dengan prosedur invasif.

Langkah-Langkah Mengatasi Speech Delay pada Anak Usia Dini

Speech delay, sebuah kondisi yang harus diwaspadai oleh setiap orang tua dalam masa pertumbuhan anak. Keterlambatan bicara atau yang dikenal dengan speech delay ini adalah suatu kondisi saat anak belum mencapai pada target perkembangan bahasa sesuai usianya. Kondisi ini banyak dialami oleh anak dan kadang tidak disadari oleh orang tuanya.

Anak Mengalami Keterlambatan Bicara? Atasi dengan Cara Ini

Kondisi keterlambatan bicara ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti gangguan pada otot-otot yang ada di sekitar rahang mulut dan lidah, kurang stimulus bahasa sejak dini hingga gangguan saraf yang berkaitan dengan perkembangan otak untuk bahasa dan berbicara.

Speech delay pada anak
Speech delay pada anak

Ada tahapan bicara bayi sesuai umur yang harus diketahui oleh orang tua. Misalnya di usia 0-3 bulan bayi sudah bisa mengeluarkan bunyi vokal, hingga di usia 3 tahun sudah bisa merangkai 3 kata. Ada pula tahap komunikasi anak yang juga menjadi tahapan awal kemampuan komunikasi dan berbahasa pada anak.

Nah, ketika anak mengalami kondisi speech delay ini, orang tua bisa mendampingi anak untuk mengatasinya. Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan oleh orang tua.

  • Say Less / Ajarkan 1 kata 

Langkah mudah pertama yang bisa dilakukan orang tua untuk mengatasi keterlambatan bicara ini adalah dengan say less. Orang tua bisa mulai mengajarkan anak untuk mengucapkan satu kata sederhana atau kalimat pendek.

  • Memberikan Penekanan / Stand Out 

Cara ini adalah dengan memberikan penekanan pada kata-kata penting yang sedang diajarkan pada anak. Yang harus diingat, penekanan harus dilakukan pada keseluruhan suku kata, bukan hanya pada ujungnya saja.

Jika Anda melakukan penekanan hanya pada ujung kata saja, saat anak menjadi first word user, maka anak akan cenderung hanya mengatakan suku kata ujungnya saja. Inilah mengapa penekanan keseluruhan suku kata penting pada metode ini.

Lihat pula: Brainking, Vitamin Otak untuk Mengatasi Keterlambatan Bicara Anak

  • Lakukan Secara Perlahan / Slow 

Cara selanjutnya disebut dengan slow, yaitu melakukan secara perlahan. Maksudnya adalah berbicara kepada anak secara perlahan dan tidak terlalu cepat. Tujuannya adalah agar lebih mudah memproses dan memahami kata yang diajarkan.

  • Pergunakan Alat Bantu / Show 

Cara mudah lain yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mengatasi kondisi speech delay pada anak adalah dengan cara show atau menunjukkan. Maksudnya adalah dengan menunjukkan kata yang diajarkan menggunakan alat bantu, atau bisa juga dengan menggunakan gesture tubuh tertentu. Tujuannya tetap untuk membantu anak lebih mudah memahami kata yang diajarkan.

Selain menggunakan cara-cara di atas, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk membantu anak dalam tahap perkembangan bahasanya. Misal dengan membaca buku bersama, mengajak anak untuk bercerita, bernyanyi bersama dan lain sebagainya. Jika aktivitas-aktivitas ini dilakukan dengan telaten oleh orang tua bersama anak, maka kondisi speech delay pun bisa diatasi.

Referensi Terkini