Rekomendasi Aplikasi Oximeter di Android dan Cara Menggunakannya

Sebelum kita membahas tentang aplikasi oximeter di android dan cara menggunakannya seperti apa, terlebih dahulu kita akan bahas perihal oximeter itu sendiri. Jadi oximeter merupakan alat kesehatan yang digunakan sebagai pengukur kadar oksigen di dalam darah seperti dikutip Ruangperawat.com.

Pengukuran kadar oksigen sangat penting karena jika oksigen kekurangan darah maka dampaknya akan fatal bagi tubuh. Untuk menggunakan oximeter dan mendapatkan informasi tentang kadar oksigen dalam darah, sekarang Anda sudah bisa memanfaatkan aplikasi oximeter di android yang bisa Anda download.

Dengan begitu Anda tidak perlu repot membeli alat oximeternya sendiri. Berikut rekomendasi aplikasi oximeter di android beserta cara penggunaannya untuk Anda!

Daftar Aplikasi Oximeter di Android dan Cara Menggunakannya

Aplikasi CarePlix Vitals

CarePlix Vitals menjadi sebuah aplikasi rintisan CareNow Healthcare yang dipercaya dapat mengukur satuan oksigen seseorang dengan hasil yang cukup akurat.

Jika Anda ingin menggunakannya untuk mengukur saturasi oksigen dalam tubuh Anda, Anda perlu unduh aplikasi CarePlix Vitals ini terlebih dahulu. Setelah Anda unduh, arahkan ibu jari pada bagian flash kamera belakang dan tahan di sana dalam beberapa detik.

Setelah aplikasi mendeteksi semua yang diperlukan, ia akan memberi tahu semua informasi yang Anda butuhkan terkait dengan oksigen dan denyut nadi Anda.

Aplikasi MFine

Selanjutnya ada aplikasi MFine yang memungkinkan bagi seseorang untuk mengecek kadar oksigen dalam tubuh. Anda bisa unduh aplikasi MFine melalui Google Play Store. Aplikasi ini di dalamnya telah dilengkapi dengan pemeriksa Spo2 yang terintegrasi dan masih dalam versi beta.

Versi beta maksudnya pengembang atau perusahaan MFine masih akan terus melakukan peningkatan teknologi demi memaksimalkan fungsi dan manfaatnya. Mengenai cara pemakaiannya sendiri seperti apa, Anda bisa memanfaatkan kamera ponsel dan cahaya senter.

Ketika pengujian dilakukan untuk mencari tahu akurasi aplikasi MFine, antara hasil dari aplikasi dan hasil oximeter yang didapatkan ditemukan hasil yang mendekati antara keduanya meski memang pengujian harus dilakukan beberapa kali.

Aplikasi Blood Oxygen

Aplikasi Blood Oxygen bermanfaat untuk memantau tingkat oksigen dalam darah dan detak jantung. Aplikasi ini akan meminta kepada masing – masing pengguna untuk memeriksa pola pernapasan melalui fungsi start atau stop.

Lihat pula: https://kobi-id.org/daftar-sumber-daya-alam-indonesia/

Tak ada proses pendaftaran sehingga pengguna meski tidak memiliki akun bisa menggunakan aplikasi Blood Oxygen secara langsung dengan cara penggunaan yang sangat mudah.

Aplikasi Pulse Oximeter Tracker

Seperti aplikasi oximeter di android yang sudah sebelumnya dibahas, aplikasi Pulse Oximeter Tracker memungkinkan seseorang dapat melacak satuan oksigen dalam darah. Melalui Pulse Oximeter Tracker, pengguna dapat melacak data yang direkam secara teratur.

Agar menggunakan Pulse Oximeter Tracker membuat Anda menerima hasil yang lebih baik, Anda harus tambahkan data ke platform secara manual. Cara pakai Pulse Oximeter Tracker pun sangat mudah. Anda bisa langsung menggunakan Pulse Oximeter Tracker hanya dengan meletakkan ujung jari telunjuk pada kamera.

Nantinya setelah screening, hasil kadar oksigen tubuh Anda akan terlihat pada bagian layar aplikasi. Anda perlu tahu bahwa tingkat saturasi oksigen normal berada pada rentang angka 95 – 100%. Sementara di bawah 90% maka diartikan sebagai saturasi oksigen yang tidak normal dan butuh perawatan klinis.

Referensi terkait: Kirim Aplikasi via Bluetooth

Akan tetapi baiknya aplikasi oximeter di android tidak Anda jadikan sebagai acuan saturasi oksigen dalam diri Anda karena beberapa alasan :

  • Alasan pertama, kumpulan data yang diujikan dengan aplikasi tidak menyertakan berbagai jenis kulit.
  • Alasan kedua, pengujian terhadap kumpulan data yang didapatkan hanya mencakup kisaran saturasi oksigen secara terbatas sementara oksimeter yang digunakan secara klinis harus mencakup saturasi oksigen 70 sampai 100 persen.

Salah satu dari beberapa aplikasi di atas bisa segera Anda download jika ingin mengecek kadar oksigen dalam darah namun belum punya alat oximeter sendiri. Namun ingat, hasilnya tidak bisa jadi 100% acuan. Jaga selalu kondisi tubuh Anda dengan istirahat cukup dan mengonsumsi makanan bergizi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *