7 Tempat Swab Antigen Rekomendasi di Jogja

Swab antigen rekomendasi di Jogja kini sangat banyak dicari. Di kota gudeg ini, ada banyak sekali fasilitas Kesehatan yang menyediakan layanan test rapid, swab, hingga vaksin. Namun, swab antigen adalah jenis test Covid-19 yang paling banyak dicari.

Rumah Sakit & Lab Jogja Paling Rekomended untuk Pemeriksaan Test Swab Antigen

Untuk melakukan test swab antigen, kalian bisa memilih salah satu dari Rumah Sakit atau lab berikut ini dikutip dari Tim Ruangperawat.com:

  • Rumah Sakit Panti Rapih

Rumah Sakit ini berlokasi di jalan Cik Di Tiro nomor 30. Kalian bisa langsung menuju Rumah Sakit atau menghubungi lewat telepon terlebih dahulu di nomor (0274) 563333. Rumah Sakit Panti Rapih sendiri buka 24 jam.

  • PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta

PKU Muhammadiyah kota Yogyakarta yang beralamat di jalan K.H. A. Dahlan juga bisa menjadi opsi yang rekomended untuk melakukan test swab, baik antigen maupun PCR. Untuk menghubunginya, kalian bisa menelpon ke nomor (0274) 512 653.

  • Rumah Sakit Sardjito

Pilihan lainnya adalah RSUP Dr. Sardjito yang beralamat di jalan Kesehatan nomor 1 Sekip, Sinduadi, Yogyakarta. Hubungi (0274) 631190 atau 08112750500 (hotline) atau datang langsung ke RSUP Dr. Sardjito.

  • RSUD Wates Kulon Progo

Untuk kalian yang ingin melakukan test swab di Kulon Progo, RSUD Wates bisa menjadi pilihan terbaik. Untuk melakukan test swab, kalian bisa mendaftar melalui WA di 081326317337. Biaya test swab antigen yaitu Rp 290.000 sudah termasuk hasil test dan surat keterangan dokter. Test swab di RSUD Wates dilakukan Senin sampai Sabtu jam 8 pagi hingga 12 siang. Bagi kalian yang belum pernah ke RSUD Wates, alamatnya ada di jalan Tentara Pelajar km 1, Kulon Progo, DIY.

  • Lab Kimia Farma

Terdapat 3 lokasi lab Kimia Farma yang bisa kalian pertimbangkan untuk melakukan swab antigen di Yogyakarta. Yang pertama adalah Kimia Farma 0070-Yogyakarta yang beralamat di jl. Adisucipto nomor 63. Yang kedua adalah Kimia Farma 0207-Parangtritis yang beralamat di jl. Parangtritis nomor 130. Yang ketiga adalah Kimia Farma 0275-Jakal yang beralamat di Jl. Kaliurang km 6 nomor 48.

  • Rumah Sakit Elizabeth Bantul

RS Santa Elizabeth yang merupakan milik Yayasan Panti Rapih juga bisa dijadikan tempat yang rekomended untuk melakukan test swab antigen. Alamatnya ada di Ganjuran, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul. Silahkan hubungi (0274) 367502.

  • Rumah Sakit DKT Yogyakarta

Rumah Sakit DKT Dr. Soetarto Yogyakarta beralamat di jalan Juwadi nomor 19, Kotabaru. Kalian bisa mengubungi Rumah Sakit ini di nomor (0274) 2920000.

Berapa Biaya Swab Antigen di Jogja?

Berdasar ketetapan Pemerintah Pusat, tarif tertinggi untuk swab antigen adalah sebesar 250 ribu rupiah di Pulau Jawa dan 275 ribu di luar Jawa. Di Jogja sendiri, siapapun yang melakukan perjalanan masuk atau keluar Jogja harus menunjukkan surat bebas Covid-19.

Benarkah Swab Antigen Lebih Direkomendasikan untuk Mendeteksi Covid-19? Ya, test swab antigen memang lebih efektif untuk mendeteksi Covid-19 dibanding test antibody. Namun, test swab antigen masih kalah akurat dibanding swab PCR yang harganya jauh lebih mahal. Yang jelas, WHO telah memberi rekomendasi ke Indonesia untuk melakukan swab antigen guna mendeteksi Covid-19 secara cepat. Jadi, siapapun yang ingin mencari lokasi swab antigen rekomendasi di Jogja, beberapa fasilitas Kesehatan di atas sangat direkomendasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *