• Blog kali ini berisi implementasi pada proyek tugas besar Kotak Pendingin Buah dengan Kontrol Suhu dan Kelembapan Berbasis IoT. Pada blog ini dijelaskan implementasi setiap modul yang digunakan pada produk, baik […]

  • Pada edisi kali ini, kita bakal mempersembahkan hasil karya desain aplikasi mikrokontroler berupa jam digital. Nah, pada desain jam digital kali ini, skematik hardwarenya memanfaatkan 1 mikrokontroler (arduino […]

  • Sekarang saya akan memposting tentang levitasi magnet. Ada yang tau gak apa sih levitasi itu? Foto levitasi? Bukan. Levitasi bukanlah sekedar istilah yang digunakan untuk fotografi saja. Levitasi berasal dari bahasa Latin yaitu Levitas yang berarti ringan. Pengertian Levitasi adalah proses objek melayang melawan gravitasi bumi. Jadi dapat disimpulkan bahwa levitasi adalah proses melayangnya objek karena melawan gaya gravitasi bumi, sehingga benda tersebut terlihat ringan. Levitasi saat ini bisa dilakukan dengan menggunakan magnet, magnet mempunyai sifat levitasi terhadap gravitasi bumi. Sedangkan levitasi magnetik adalah proses melayang objek dengan memanfaatkan medan magnet. Dengan kata lain, hal ini menolak gaya gravitasi pada suatu benda dengan menggunakan medan magnet sebagai penangkal. Baik gaya magnet tolakan atau tarik dapat digunakan untuk membuat levitasi. Dalam hal ini, kita akan memanfaaatkan gaya magnet yang saling tolak menolak.

    Dalam pembuatannya, ada beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan, seperti magnet, pensil, kardus, gabus, alat perekat, dan alat pemotong. Cara pembuatannya sangat sederhana. Berikut adalah cara pembuatan levitasi magnet:

    Magnet disusun dengan arah kutub yang sama menghadap ke arah yang sama dan diletakkan pada gabus.
    Jarak antar magnet diatur secukupnya.
    Gunakan alat pemotong untuk memotong pensil menjadi 3 bagian, bagian ujung, bagian tengah, dan bagian pangkal. Alokasikan tempat yang lebih untuk bagian tengahnya.
    Letakkan magnet di antara bagian-bagian dari pensil yang telah dipotong.
    Rekatkan magnet dan pensil dengan alat perekat.
    Letakkan ujung pensil pada kardus.
    Kalibrasi sistemnya dan usahakan sistem dalam keadaan setimbang.
    Pensil pun akan melayang di udara.

    IMG_20141027_222238

    Bagaimana prinsip kerjanya? Sangat sederhana. Dengan memanfaatkan tolak menolak dari magnet, maka gaya ini akan melawan gaya gravitasi yang arahnya ke bawah. Sehingga, akan ada suatu titik yang gaya magnet (arahnya ke atas) dan gaya beranyat (arahnya ke bawah) memiliki besar yang sama. Akan tetapi arah medan magnet selalu menyebar ke segala arah dan tidak terfokus di satu titik. Oleh karena itu, kita butuh alat sebagai penyangga dari beban (pensil) yang ditempeli oleh magnet, dalam kasus ini kita menggunakan kardus. Sehingga saat keadaan ini terpenuhi, maka sistem berada dalam keadaan setimbang dan benda pun akan melayang di udara. Peristiwa inilah yang dinamakan dengan “magnetic levitation.” Peristiwa ini memungkinkan untuk pensil melakukan gerak rotasi yang hampir kekal dalam medan magnet.

    Salah satu kesulitan dalam pembuatan “magnetic levitation”  ini adalah kalibrasi sistemnya, mulai dari mengatur jarak antar magnetnya, mengatur ketinggian pensilnya, pemasangan magnet pada pensil yang ideal. Jika kalibrasinya masih belum cocok, maka sistem ini tidak akan sesuai yang diharapkan. Selain itu, saat pemasangan magnet pada pensil, kesimetrian bentuk dari magnet dan pensilnya. Hal ini menyebabkan saat pensil diputar maka pensil akan jatuh karena ketidak simetrian bentuk saat diputar mengakibatkan sistem terganggu dari keadaan setimbangnya yang mengakibatkan pensil akan jatuh. Dengan kata lain, sistem akan terjaga tetap stabil apabila kalibrasi dari sistem ini dilakukan dengan baik.

    Untuk lebih jelasnya bisa lihat videonya di sini (masih amatir, hehe)

    Sekian dulu, terima kasih :)

  • Whahaha, permasalahan yang sama yang aku hadapi saat praktikum kemarin dan aku belum menemukan jawabannya saat akhir dari praktikum T.T
    Btw, it’s nice post :)

  • kerucutPernahkah anda mendengar tentang kerucut yang dapat melawan gravitasi? Sejenak mungkin kita berfikir kerucut ini memang benar-benar dapat melawan gaya gravitasi bumi. Tapi apakah ini benar? Mari kita berfikir lagi. Dalam tulisan kali ini, saya mengangkat topik tentang “uphill cone” atau kerucut yang dapat bergerak ke atas pada bPergerakan pmidang miring.

    Jika kita perhatikan dengan seksama, benda ini terdari dari dua kerucut yang saling dirapatkan di bagian alasnya. Bentuk dari lintasan kerucut ini pun harus disusun seperti huruf “V” dengan ujung runcing memiiki posisi yang lebih rendah daripada ujung-ujung lainnya (seperti pada gambar). Lalu mengapa harus disusun seperti itu? Hal ini dimaksudkan agar pusat massa dari si kerucut tetap bergerak turun ke bawah dan kerucut terlihat naik ke atas. Sebenarnya pusat massa dari kerucut itu sendiri bergerak turun ke bawah karena pengaruh dari gravitasi. Jika kita lihat sistem tersebut dari samping, maka akan tampak seperti pada gambar. Dari gambar tersebut, terlihat jelas bahwa pusat massa mengalami pergerakan yang arahnya ke bawah (garis merah) akibat pengaruh dari gaya gravitasi, sedangkan si kerucut terlihat seolah-olah seperti bergerak ke atas. Lintasan yang berbentuk seperti huruf “V” memungkinkan kerucut untuk seolah-olah bergerak ke atas. Hal ini dikarenakan semakin ke atas, kerucut butuh jarak penampang yang cukup jauh dari pusat massa.

    Sekarang mari kita bayangkan jika lintsan dari bidang miring ini terlalu tinggi, maka kerucut akan terlihat turun seperti biasa, karena pusat massa dari kerucut mengalami pergerakan yang arahnya menuju ujung “V” dari lintasan. Ternyata, sistem ini tidak hanya dipengaruhi oleh bentuk benda dan lintasannya saja. Sistem ini juga dipengaruhi oleh sudut-sudut yang ada dalam sistem tersebut. Lalu apakah syarat yang harus dipenuhi agar sistem ini dapat berjalan sesuai yang diharapkan? Mari kita lihat bersama :)

    Jpeg Jpeg Jpeg Jpeg

    Sekian, terima kasih :)

     

  • Evan Febrianto changed their profile picture 3 years, 1 month ago

  • Evan Febrianto became a registered member 3 years, 3 months ago

Share