Dunia internet

well, it’s just one of my rambling, you can read it, or not :D.

Aku kenal dunia internet ketika kelas 2 smp di saat aku belajar komputer dan diberi tugas untuk buat email. Itu adalah kali pertama aku akses internet, dan kali pertama juga aku buat email.

Dunia internet punya sisi positif dan negatif. It give you many things, but also take many things away from you.

Aku udah berkecimpung di dunia internet selama bertahun2, dan aku belajar banyak. Satu hal yang aku pelajari adalah, kamu bisa menghasilkan uang dari dunia internet. Real money, dan uang halal loh ya, bukan hasil tipu-tipu.

Salah satu cara ngehasilin uang adalah dengan advertising.

Saat ini aku ngembangin sebuah website, dan website tersebut merenggut banyak hal, waktu dan tenaga, bahkan kehidupan sosial ku.

Walaupun semuanya ga sia-sia, website tersebut udah ngehasilin diatas 15 juta perbulan nya dari advertising. Dan ini udah cukup untuk biaya developing website tersebut dan develop website baru dibidang lain.

I’m happy, because right now, i don’t have to hunt for job, because i work for my self. But kerja di dunia internet is a lonely job. You do it alone, you write alone, everything you do, you do it alone.

It’s really get on my nerve sometimes, the only one i could talk is “mamang-mamang tukang jual pecel lele, saat aku beli makan, atau mamang-mamang jualan diwarung saat aku jajan.

I mean, because of developing website all day long in my room, i don’t even have a friend to talk with.

Argh… just my rambling. Don’t read it.

Posted in Uncategorized | 1 Comment

Tidak bisa upload Photo

Ini adalah salah satu isu yang aku rasain di jaringan blogs.itb.ac.id, yaitu tidak bisa upload photo.

Berikut ini error message yang aku dapatkan ketika coba upload photo di blog ini.

Unable to create directory wp-content/blogs.dir/1082/files/2017/02. Is its parent directory writable by the server?

Jadi sepertinya mulai sekarang, semua photo hanya bisa di add menggunakan url dari luar situs blogs.itb.ac.id

Ga tau apakah ini intentional, atau karena kesalahan setting. Bisa jadi admin blogs itb memang tidak ingin ada upload photo.

Karena tiap upload photo, selain memakan resource disk space, pada saat upload juga memakan bandwidth, tiap ditampilin juga akan makan resource..

Kalau ini dilakukan intentional sih sebenarnya ada alternatif, untuk pengurangan resource, bisa dengan CDN, atau bisa dengan penggunaan fitur Photon Jetpack. Semua image di serve dari server wordpress. Jadi ga perlu takut penggunaan resource akibat ada nya image.

Kalau ternyata ini ga intentional, artinya ada kesalahan di konfigurasi server.

Aku awalnya ingin upload foto infografis, karna foto infografis yang sebenernya udah kedelete, dan tiap post di blogs.itb.ac.id, nampilin blank photo seperti ini.

blank foto infografis

dan disemua post, semua nya sama.

blank foto infografis

seharusnya ada foto infografis seperti dibawah ini tampil ditiap post tersebut.

ini seharusnya tampil, berdasarkan webarchive, cuma karna filenya udah dihapus, akibatnya blank di semua post.

well, untuk admin, kalau baca post ini. Mohon di ganti photo blanknya.

Akun ku sebenernya diberi level admin, tapi karna ga bisa upload foto, aku jadi ragu aja sih. Bisa aja pakai url dari web selain itb, tapi rugi aja sih. Maksudnya link juice nya malah lari keluar.

Dari segi SEO, sebaiknya gunain photo dari web sendiri memang..

Posted in Blogging | Leave a comment

Salah satu tulisan di blogs.itb.ac.id di ubah oleh hacker.

Barusan aku login ke dashboard blog itb, dan aku browsing2. Dan ga sengaja  liat salah satu post telah diubah judul dan isinya oleh hacker.

Karena kebetulan aku diberi akses ke dashboard blog itb, aku langsung ubah status post dari published menjadi draft. Dan postnya ga akan tampil lagi di front-end.

Aku sendiri bener-bener ga suka sama yang namanya (cracker). Hacker yang unjuk diri dengan ngehack website orang lain dengan tujuan yg ga bener. Ini merugikan banget.

Website ku (bukan subdomain blog itb), itu kena brute force hack hampir setiap hari. Pernah kejadian paling parah, itu habis dihack, web ku ga bisa diakses dan selalu redirect ke website lain. Dan akhirnya harus di wipe clean dan install baru.

Waktu itu aku masih belajar-belajar nge-blog. Trafiknya belum banyak. Walaupun menyakitkan, tapi masih bisa ditahan. Mau marah juga ga tau mau marah kesiapa. Mau lapor jg ga tau mau lapor kesiapa. Nasib sih waktu itu.

Untuk admin blog itb, aku tau update blog multisite itu merepotkan, salah sedikit bisa error semua subdomain blog itb. Tapi aku bener2 nyaranin sih, untuk update plugin dan tema, karna plugin dan tema yang ga up-to-date biasanya ada vulnerabilities.

Aku yakin admin blog itb juga udah tau sih mengenai hal ini. Dilema memang. Disatu sisi, ingin update, disisi lain, kalau error pas update, semua jaringan blog mahasiswa itb bisa down.

Posted in Blogging | Leave a comment

kayaknya banyak SPAM

Aku ga tau kenapa blog itb ga ngelakuin update engine, plugin dan tema. Padahal versi terbaru jauh lebih baik dan lebih aman.

Barusan aku cek link http://blogs.itb.ac.id/blogs/ untuk liat daftar blog baru yang terakhir kali aktif, dan beberapa di antaranya “menurutku” adalah tulisan SPAM, copas dari internet dengan tujuan nanamin backlink.

Situs ku diluar ITB, itu dalam satu bulan aja dapet ribuan “brute force” hacks berdasarkan perhitungan jetpack.

Apalagi situs besar seperti ini. berbagai macam hacks bakal di coba oleh “penjahat2 cyber” diluar sana.

Masalahnya adalah situs yang engine nya udah ga up to date lagi.

Aku harap sih pengelola mempertimbangkan untuk update engine, tema dan plugin. Biar lebih aman aja sih. Dan situs dengan artikel copas di tutup sementara dan minta untuk di perbaiki.

Posted in Pengalaman | Leave a comment