Angka cantik untuk blogs.itb.ac.id

blog ITB , jumlah pengguna blog itb

Hari ini bertepatan dengan tanggal 7 agustus 2012 , blogs.itb.ac.id mencapai total pengguna 3.333 orang , yang terdiri dari kalangan dosen dan mahasiswa , angka cantik ini aku abadikan digambar diatas , dalam lingkar merah.

Sebenarnya total user yang 3.333 ini belum seberapa jika dibandingkan dengan universitas tetangga , misalnya UI , pengguna di mhs.blog.ui.ac.id mencapai 14663 user. Hal ini jelas menunjukkan kurangnya minat dari mahasiswa itb untuk berkreatifitas diblog sendiri , atau bisa jadi karena mahasiswa belum mengetahui keberadaan blogs.itb.ac.id

Beberapa waktu yang lalu , itb dinobatkan sebagai universitas terbaik diindonesia oleh 4ICU  , informasi berikut aku dapatkan dari website resmi itb .

Berdasarkan lembaga pemeringkat perguruan tinggi internasional 4ICU (4 International College & University) yang dirilis Juli 2012, ITB berada di peringkat pertama dari seluruh perguruan tinggi Indonesia. Pada publikasi “2012 World University Rankings” tersebut, ITB berada di urutan 13 di Asia Tenggara dan peringkat 82 dunia. Dengan hasil tersebut ITB menjadi satu-satunya perguruan tinggi Indonesia yang berada dalam 200 besar.

Di regional Asia Tenggara, ITB berada di peringkat ke-2 setelah National University of Singapore. Sedangkan di wilayah Asia, ITB berada di urutan ke-13. Perguruan tinggi nasional lain seperti Universitas Indonesia (UI) berada pada peringkat 37 dan Universitas Gadjah Mada berada pada urutan ke 69.

Penilaian yang dilakukan oleh 4ICU didasarkan 3 web metric berbeda yaitu google pagerank , alexa rank, dan Majestic Seo Referring Domains . Setau aku , google pagerank untuk laman utama itb.ac.id adalah 8 , dan alexa rank 21589 , untuk Majestic Seo Referring Domains aku tidak tau. Algoritmanya tentu saja lebih rumit dari yang aku jelaskan barusan , pengukuran tentu saja tidak hanya dilakukan pada homepage , bisa jadi terhadap semua laman yang terindex oleh google.

Jika saja 3.333 blogger itb yang ada sekarang , lebih aktif dalam menuliskan blogpost , memberikan link balik kehalaman-halaman utama domain maupun sub domainnya itb , tentu saja ranking tiap laman itb akan lebih meningkat . Dan jika saja seluruh mahasiswa itb , mau menjadi pengguna blog itb dan ikut aktif dalam kegiatan blogging , aku yakin ITB bisa berada diurutan pertama asia (sekarang urutan 13) . Dan urutan ITB didunia akan semakin meningkat.

Jika setiap mahasiswa membuat 1 buah blog di blogs.itb.ac.id , maka seharusnya sudah ada belasan ribu blog aktif bernaung dibawah nama itb , jika setiap blog membuat sedikitnya 10 laman/post ,maka setidaknya blogs.itb.ac.id akan memiliki index lebih dari 100.000 . Jadi buat teman-teman yang ngakunya anak ITB , ngaca dulu deh kalau belum bikin blog di blogs.itb.ac.id.  ayo ngeblog , satu buah post dari teman-teman berarti nilai tambah untuk ITB dimata INDONESIA , dimata ASIA dan dimata DUNIA.

Profile photo of yudha

About yudha

i'm handsome .. hehehe... hahaha... HAHAHAHAHA...AHAHAHAHAHA..
This entry was posted in Blogging, Teknologi. Bookmark the permalink.

One Response to Angka cantik untuk blogs.itb.ac.id

  1. asep says:

    cara naikin visitor gimana caranya ya,,apa pakai plugin atau gimana,,minta inpormasinya dong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *