WordPress plugin untuk SEO

SEO adalah singkatan dari search engine optimization yang berarti optimasi mesin pencari. Fungsi dari kegiatan SEO ini adalah diharapkan blog tersebut bisa terindex dengan baik oleh mesin pencari , lebih mengedepankan keyword yang dituju dan bisa berada diposisi teratas SERPs untuk kata kunci yang dituju.

SEO bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan , ditambah lagi dengan GOOGLE melakukan Update rutin algoritma pencarian mereka. Website yang melakukan blackhat SEO akan dikarantina dan posisinya di SERPs akan turun.

Untuk mempermudah kita melakukan SEO , kita bisa menggunakan plugin-plugin yang tersedia. Plugin ini tidak mutlak menjadikan blog atau site kita berada diposisi teratas SERPs ( Search Engine Result Pages ) , plugin-plugin ini hanya membantu “memudahkan” kita dalam proses yang kita lakukan tersebut.

Berikut beberapa plugin yang aku maksud diatas :

  • All in one SEO pack , adalah plugin yang memudahkan kita untuk memasukkan keyword tertentu dalam bahasa HTML , lebih jelasnya aku juga tidak terlalu memahami . Plugin ini membantu kita memasukkan title tag, meta tag , meta description , dll.
  • Jetpack by wordpress , plugin yang memperlihatkan status blog kita, mulai dari jumlah pengunjung perhari , dan banyak fitur-fitur lain yang mendukung.
  • Sociable , plugin yang menampilkan widget ataupun link share ke sosial media di blogpost maupun pages yang memudahkan pengunjung untuk berbagi konten situs kita ke akun sosial media kita . Ini bisa juga dikategorikan ke SMO ( social media optimization)
  • WP cache , berfungsi untuk menchache halaman maupun blogpost , cache ini akan dikirimkan kepada pengunjung ,sehingga blog kita akan jauh lebih ringan (lebih cepat loadingnya)
  • Google XML sitemap, plugin yang berfungsi untuk meng-generate XML sitemap yang akan memudahkan mesin pencari seperti Google , Bing dan Yahoo untuk mengindex situs kita.
  • Akismet , tidak terlalu berhubungan dengan SEO , plugin ini berfungsi mencegah/memblokir komentar SPAM yang masuk , sehingga komentar yang diindex oleh google adalah komentar bukan SPAM yang biasanya lebih Unique jika dibandingkan dengan komentar SPAM.
  • Wp-reCapthcta , HAMPIR sama seperti diatas , plugin ini memaksa visitor untuk memverifikasi sebelum meninggalkan komentar , sehingga komentar SPAM tidak bisa masuk sama sekali.

Mungkin hanya itu plugin-plugin wordpress yang berguna untuk SEO dan sangat membantu para newbie seperti aku dalam mengoptimasi blog , Sekali lagi plugin-plugin ini tidak mutlak meningkatkan pagerank ataupun posisi blog di SERPs .

Profile photo of yudha

About yudha

i'm handsome .. hehehe... hahaha... HAHAHAHAHA...AHAHAHAHAHA..
This entry was posted in Blogging, Sosial media. Bookmark the permalink.

10 Responses to WordPress plugin untuk SEO

  1. singkong says:

    Thanks mas yudha atas informasinya… udah coba salah satu dari plugin2 yang di list… tapi menurut ane yang paling ok adalah All in one SEO pack walaupun masih pake yang versi free nya tapi udah lumayan mantab 😛

  2. Handler says:

    Mantep.. semua plugin itu saya pake di salah satu blog saya.

  3. abdurrazaq says:

    saya juga pakai all in one seo pack

    salam kenal dari all printer driver blog berisi printer driver

  4. Salam kenal gan, semoga sukses ya, saya kebetulan juga ikut kontes nih..

    Sukses selalu ya, ditunggu kunjungan balik dan komentnya.. 😀
    Mau Bikin Website + Hosting Murah AbizZ Ke Rajawebhost.com aja!

  5. loh mas, jetpack itu kan plugin untuk terhubung dengan cloudnya wp.com, termasuk dengan gravatar, poldaddy dan semua layanan wp.com termasuk internal stats. jadi bukan plugin SEO

    • Profile photo of yudha yudha says:

      Hi mbak fifi..
      SEO (search enginge optimation/optimasi mesin pencari). Menurutku Jetpack jelas salah satu plugin untuk optimasi, misalnya fitur photon jetpack yang membuat semua gambar di web kita di akses dari CDN nya wordpress. Website akan jadi lebih ringan loadingnya. Belum lagi fitur sharing , dll. Ada bnyak fitur jetpack , sebagian memang tidak berkaitan langsung dengan optimasi, tapi sebagian lagi iya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *