perubahan sistem SNMPTN 2013

SNMPTN 2013

Adanya perubahan dalam sistem seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri atau biasa disebut dengan SNMPTN menyebabkan banyak siswa kelas 3 SMA yang bingung. Aku sendiri mempunyai seorang adik perempuan yang sekarang berada dikelas 3 SMA , jadi sedikit banyaknya aku bisa merasakan ada guncangan padanya dan teman-temannya ketika pemerintah menghilangkan SNMPTN jalur tulis .

SNMPTN 2013 jalur tulis sudah tidak ada

SNMPTN yang dilaksanakan pemerintah saat ini (tahun 2013 ) adalah tipe undangan yang menyeleksi calon mahasiswa menggunakan nilai raport , nilai UN dan prestasi akademik lainnya. Selain itu calon mahasiswa hanya diperbolehkan memilih 2 universitas dengan pilihan 2 jurusan ditiap universitas , dan dengan syarat salah satu universitas yang dipilih harus berada didalam provinsi yang sama dengan provinsi sekolah asal.

Keharusan untuk memilih universitas diprovinsi asal tentu saja akan mengekang calon mahasiwa , jika diprovinsi asal hanya ada 1 universitas , sedangkan daya tampung universitas tersebut hanya beberapa persen dibandingkan dengan calon maba dari provinsi itu , maka yang terjadi adalah , kebanyakan dari mereka akan gagal .

Apa alasannya aku bilang banyak yang akan gagal ? Untuk daerah jambi misalnya , kebetulan aku berada dimuara bungo , kecenderungan kami ( aku dan teman-teman) waktu itu (tahun 2011) adalah memilih universitas diluar daerah , pilihan 1 dan 2 diisi dengan universitas diluar sumatera , jika disumatera maka pilihan terbanyak berada didaerah padang. Dari sana bisa disimpulkan , jika sekarang hanya boleh mengambil 2 pilihan universitas , sudah jelas pilihan 1 akan berada diluar daerah , sedangkan pilihan 2 berada didaerah ( dijambi , PTN hanya UNJA , UMB dan IAIN) , jika pilihan 1 gagal (yang kecenderungannya adalah universitas yang bagus ) , maka akan banyak yang jatuh kepilihan 2 , dan jika kuota tempat duduk tidak mencukupi diuniversitas dalam daerah , maka mereka akan gagal dipilihan 2 juga yang artinya mereka gagal SNMPTN !

Tapi alhamdulillah , walaupun SNMPTN jalur tulis tidak ada ternyata ada penggantinya , yaitu SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

halo.snmptn.ac.id adalah laman resmi untuk informasi SBMPTN

Sejauh ini dari informasi yang aku dapat dari sana-sini adalah untuk SNMPTN kuota nya adalah 50% dari total kursi yang tersedia , untuk jalur SBMPTN adalah 30% sedangkan jalur ujian mandiri adalah 20% . Total kuota kursi yang tersedia dari 3 jalur adalah 100% ( ya iya lah ) . Jumlah kursi yang tersedia adalah 300.000 untuk seluruh indonesia.

Jadi buat sobat yang masih bingung mengenai SNMPTN 2013 , mudah-mudahan bingungnya sudah terobati . Yang pasti ( insyaallah) jalur ujian tulis tetap ada kok , hanya ganti nama dan ganti panitia pelaksana. If anything you want to ask , jusk ask. i’ll always be here to answer you.

Profile photo of yudha

About yudha

i'm handsome .. hehehe... hahaha... HAHAHAHAHA...AHAHAHAHAHA..
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to perubahan sistem SNMPTN 2013

  1. hmm.. iya bnr bgt..
    perubahan sistem SNMPTN 2013 bkin pusing..
    soalnya kn, kalo nilai rapot mngkn ada yg murni atau bisa aja ada yg editan.. hihi..
    pemerintah gimana sih..
    mestinya, ttp ada seleksi tulis.. yg tentu hrs penuh kejujuran jg..

    • Profile photo of yudha yudha says:

      pemerintah tentu punya maksud yg baik dalam hal perubahan sistem SNMPTN 2013 ini..
      kalau untuk seleksi tulis masih ada kok mbak , hanya saja panitia pelaksana bukan lagi pemerintah . cek halo.snmptn.ac.id untuk info SBMPTN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *