Pengalaman belanja di lazada : Apakah lazada penipu ?

Belanja online saat ini memang sudah menjadi hal biasa. Hal ini dikarenakan oleh menjamurnya toko online di indonesia. Serta banyaknya pengguna internet yang “malas” berbelanja keluar rumah. Ada ribuan kisah yang mungkin bisa diceritakan oleh orang-orang yang pernah belanja online. Ada yang senang dan ada juga yang kecewa. Ada yang puas dan ada juga yang tidak. Ada yang tertipu dan ada juga yang tertawa. Disini aku juga akan berbagi kisah, pengalamanku belanja di lazada indonesia, agar teman-teman bisa tahu, apakah lazada penipu atau justru dapat dipercaya .


Apakah lazada penipu ? Amankah belanja di lazada ?


Akhir januari 2015 lalu, smartphone pacarku rusak. Dia biasanya pakai smartphone blackberry. Jadi dia ingin mengganti dengan blackberry juga, yaitu blackberry gemini 8520.

Kami lalu mencari bb gemini 8520 tersebut di BEC (Bandung Electronic Center). BEC mungkin bisa dibilang mall terbesar di bandung yang khusus menjual barang-barang elektronik. Kami pun mutar-mutar di dalam BEC, namun setelah sekitar satu jam mutar-mutar, kami tidak juga menemukan bb gemini 8520 .

Esok harinya, sekitar jam 5 sore, kami pergi ke salah satu daerah di bandung yangmana di daerah tersebut banyak dijual handphone bekas dan “handphone batangan”. Daerahnya disekitar tegalega. Disana ada satu jalan yang saat malam sangat ramai dikunjungi orang-orang, banyak penjual hp bekas dan hp batangan yang buka lapak dipinggir jalan tersebut.

FYI : Handphone batangan adalah handphone yang dijual tanpa box dan aksesoris aslinya, biasanya hp batangan disebut juga hp panas/barang panas. Hp batangan yang dijual hanya hp nya saja, tanpa kelengkapan apa-apa.

Disana kami sengaja mencari hp batangan, karena “menurut kami harganya pasti jauh lebih murah. Tapi kenyataannya, setelah satu jam pencarian di daerah tersebut, kami tidak juga menemukan harga yang cocok. Blackberry gemini 8520 yang bekas dan batangan di jual di rentang harga 450.000-525.000 rupiah . Harganya hanya berbeda sedikit dengan harga bb gemini baru di lazada.

Didaerah tersebut tidak hanya dijual hp bekas dan hp batangan, banyak juga yang menjual hp baru. Nah, Disini kami dapat penjual yang masih menjual bb gemini baru, tapi harganya jauh lebih mahal dari bb gemini yang dijual di lazada. Salah satu penjual mematok harga 925.000 rupiah untuk bb gemini baru. Karena selisih harga yang sangat jauh ini, kami memutuskan untuk pulang dan tidak jadi membeli bb gemini di daerah tersebut.

Beberapa hari setelahnya, aku melakukan pemesanan bb gemini 8520 di lazada.co.id . Di lazada bb gemini 8520 di jual dengan harga bervariasi, tergantung dari suplier yang menjualnya. Silahkan cek disini Lazada.co.id untuk melihat harganya.

Aku ambil bb gemini 8520 yang harga 599.000, yang paling murah serta bergaransi distributor selama 2 tahun. Setelah melakukan proses pemesanan, barang dikirim oleh lazada. Waktu itu aku melakukan pemesanan dengan fitur COD (cash on delivery), jadi tidak langsung bayar. Pembayarannya baru dilakukan setelah barang diterima.

Singkat cerita, barang diantarkan oleh kurir JNE. Berikut photo barangnya :

apakah lazada penipu (1) apakah lazada penipu (2)


Jadi berdasarkan pengalamanku belanja di lazada, bisa disimpulkan beberapa hal :

  • Pertama, Lazada adalah online shop yang aman dan terpercaya, lazada bukan penipu. Aku sudah buktikan langsung dengan melakukan pembelian satu unit smartphone blackberry gemini 8520 diatas.
  • Kedua, Lazada adalah online shop paling baik menurutku, karena ada fitur COD (Cash on delivery), jadi aku tidak merasa was-was atau takut di tipu, karena barang dikirim lebih dulu ke alamatku, barulah aku melakukan pembayaran langsung setelah barang sampai ditangan dan di cek terlebih dahulu.
  • Ketiga, Lazada merupakan online shop termurah, aku sudah riset harga secara langsung dilapangan, harga yang ditawarkan lazada untuk bb gemini 8520 jauh lebih murah. Tidak hanya di offline shop, tapi juga di antara online shop terkemuka pun harga yang ditawarkan lazada jauh lebih murah.
  • Keempat, Lazada memberikan barang dengan kualitas lebih baik. Mungkin belum aku jelaskan sebelumnya diatas, di beberapa online shop lain ada juga bb gemini 8520 dengan harga yang sama, namun mereka memberikan bb gemini 8520 blackmarket dengan garansi toko selama 1 bulan, sementara di lazada bb gemini yang dijual semuanya bergaransi distributor selama 2 tahun.

Belanja online itu gampang banget, namun menurutku kita sebagai konsumen harus pandai memilih toko online yang terpercaya. Beberapa waktu lalu sempat ada isu yang mengatakan lazada penipu, hal ini jelas salah. Aku sudah membuktikannya sendiri. Jadi seharusnya teman-teman tidak perlu ragu untuk belanja di lazada.

Perlu teman-teman ketahui, pihak-pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab bisa saja mengatasnamakan lazada untuk menjual produk mereka. Teman-teman mungkin akan dapat produk dengan kualitas buruk, atau bahkan ditipu dan tidak menerima produk yang teman-teman beli. Pembelian produk lazada hanya dilakukan di lazada.co.id. Pemesanan dilakukan secara langsung di web lazada.co.id. Jadi jangan percaya pada pihak yang mengaku lazada, namun meminta untuk belanja di web yang bukan lazada.co.id. Disinilah kenapa nama lazada tercoreng dan dianggap penipu, karena memang ada orang/pihak tertentu yang menipu dengan mengatasnamakan lazada.

Be smart ya teman-teman, belanja online itu harus pintar dan hati hati. Jika ingin belanja di lazada, ya buka langsung web lazada.co.id. Sekian dulu deh cerita tentang pengalamanku belanja di lazada, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkicau dikolom komentar.

Profile photo of yudha

About yudha

i'm handsome .. hehehe... hahaha... HAHAHAHAHA...AHAHAHAHAHA..
This entry was posted in Pengalaman, Review. Bookmark the permalink.

32 Responses to Pengalaman belanja di lazada : Apakah lazada penipu ?

  1. DonnyChandra says:

    Baru coba belanja online di web baru kemaren. ali***o namanya dan sepertinya website online shopping lokal sejenis laz**a Tapi sepenglihatan saya sih ini bener-bener orang lokal yang bikin dan kerja di dalamnya. Yang bikin saya berkesan belanja di sini, harganya ga boong2an kaya di laz**a (sorry). Karena ga sok2 di sale tp emang harga sebenernya segitu. Pelayanan live chat nya juga ramah, kayak belanja online di sosial media. Jadi lebih gampang dimengerti. Saya kemarin belanja Bose Headphone disini, barangnya cepat sampai, tanpa cacat, overall pengalaman pertama belanja online di web ini memuaskan sih. As an Indonesian saya sih jujur lebih support ali***o dan tokopedia karena hasil karya orang Indonesia sendiri dibanding web lain yang nyampe di sini dari negri lain :))

    • Profile photo of yudha yudha says:

      sori aku edit sedikit komentarnya…
      aku ga tau apa website yang mas kasih tau itu bisa dipercaya atau ga ? aku udah liat langsung dan pilihan barangnya ga sbnyak lazada.

      aku disini nge-review lazada karena memang sudah belanja disana. dan memang lazada lebih murah.. coba aja cek xiaomi redmi 1s . lazada bekerja sama dengan xiaomi sehingga harga yang dijual dilazada memang bener2 murah, bahkan lebih murah dari redmi 1s yang blackmarket, yang masuk ke indonesia sebelum melalui lazada,

      kalau mas ingin bikin review website tersebut silahkan, tapi rasanya tidak fair menjatuhkan lazada. Aku kenal salah seorang pegawai lazada, dan dia orng indonesia. terlepas apakah lazada berasal dari luar negeri, yang bekerja menghandle lazada.co.id adalah orng indonesia.

  2. Yoshua Kurniawan says:

    kalo boleh tau barang yang kita beli itu barang baru apa second ya gan ??? soalnya ko bisa murah bgt ya ?? Thx Gan

    • Profile photo of yudha yudha says:

      yang aku terima kemarin sih barang baru gan…
      setau aku lazada jual barang baru semua, ada beberapa yang refurbished , dan biasanya dikasih label refurbished..

      pernah cek tiket pesawat di traveloka ga gan ? harganya bahkan lebih murah dari harga di website resmi maskapai.. Nah kalau ditanya kenapa bisa murah , mungkin itu strategi perusahaannya, dan ga tau gimana dia bisa dapet harga lebih murah sehingga bisa jual lebih murah..Kasusnya sama kayak dilazada ini gan.. 😀

      • Diana says:

        Kalo di traveloka saya udah liat sendiri memang mereka lebih mura, tapi kortingan mereka rata2 sekitar 5%, atau paling fantatstis ya 10% itu punj arang. Kalo lebih murah dengan rasio segitu masih wajar dan masuk akal, karna margin keuntungan mereka juga di atas itu dan dengan begitu meski mereka harus memangkas nominal keuntungan, tapi akan menarik semakin banyak pelanggan yang mana akhirnya omzet mereka tetap jauh meningkat, kalo itu sih saya juga gak ragu. Dan di lazada sendiri emang ada pelanggan yang puas. Cuma kalo ada produk yang dijual dengan diskon gila2an ampe 90% itu gan yang patut dicurigai. Gak mungkin ada toko yang mau memberi diskon besar secara cuma2 tanpa ada sebab apalagi ampe mereka rela rugi. – See more at: http://blogs.itb.ac.id/muhammadyudha/2015/02/apakah-lazada-penipu/#comment-711

        • Cangcorang says:

          diskon di lazada yg nyampe 90% itu biasanya harganya dinaikan dulu, baru didiskon. Contohnya kemaren saya liat ada Samsung Galaxy S6 Edge harganya sampe 18jt, terus di diskon jadi 8,8jt… tapi kan emang pasarannya S6 Edge segitu….

  3. farida says:

    kalau saya belanja dilazada 2x ok g ada mslh,,yg ke 3 ini ada sdkit mslh.tgl 21 maret sy pesan 1 item shampoo hr itu jg uang sy transfer m banking,tp smp hari ini orderan sy ga datang jg,sy sdh lakukan chat di web http://www.lazada.co.id sbyk 4x jwpan staf sama ,maaf atas ketidak nyamanannya,,sy hnya mau memastikan kpn orderan dikirik,tp jwapn staff mengatakan meka tidak bisa menjamin kpn akan dikirim,,,kan aneh,,jd spm kpn sy menunggu,sedang kan wkt sy live chat sy sdh menunggu 2x24jam sebayak 4 x,sy tdk tau apakah ini penipuan atau bgmn,,hr ini jam 7 mlm terahir sy chat live,tp jwp ttp sama,jd sy putuskan apabila 2x 24jam/lusa,,lazada ttp g beri kpstian kpn orderan dikirim sy minta uang dikembalikan,jwpn stff selesai chat akan menindak lanjuti,rasanya kurang nyaman belanja dilazada jikalau keadanannya sdh bgni,thx

    • Profile photo of yudha yudha says:

      ya gan.. kendala seperti ini bisa aja terjadi..
      agan udh cek apakah barangnya punya lazada atau punya partner storenya ? Biasanya barang yg dari partner store butuh waktu 2x lebih lama..

      aku jg beli hp gemini, baru dikirim 10 hari setelah pemesanan. itu karna barangnya punya partnerstore, kalau ga salah dari jogja gtu, tpi tetap yg kirimnya lewat lazada, jdi mungkin barangnya harus dikirim ke lazada dlu. baru dikirim ke pembeli. 🙂

      • Diana says:

        Kalo di traveloka saya udah liat sendiri memang mereka lebih mura, tapi kortingan mereka rata2 sekitar 5%, atau paling fantatstis ya 10% itu punj arang. Kalo lebih murah dengan rasio segitu masih wajar dan masuk akal, karna margin keuntungan mereka juga di atas itu dan dengan begitu meski mereka harus memangkas nominal keuntungan, tapi akan menarik semakin banyak pelanggan yang mana akhirnya omzet mereka tetap jauh meningkat, kalo itu sih saya juga gak ragu. Dan di lazada sendiri emang ada pelanggan yang puas. Cuma kalo ada produk yang dijual dengan diskon gila2an ampe 90% itu gan yang patut dicurigai. Gak mungkin ada toko yang mau memberi diskon besar secara cuma2 tanpa ada sebab apalagi ampe mereka rela rugi.

        • Profile photo of yudha yudha says:

          ya bisa aja curiga mbak..

          tapi untuk barang elektronik hal kea gini bisa aja terjadi (walaupun mungkin ga sampe 90%)..

          pengalamanku beli hp LG di okeshop (BEC). Waktu itu ada cuci gudang.. mereka diskon hp LG optimus 2x 40 % kalo ga salah..

          dapet harga 2.8 setelah diskon… setelah liat sma baca2 di internet, untuk saat itu memang harga pasarannya disekitar 3jutaan..

          nah mereka hitung diskon nya dari harga waktu hp nya launching.. harga launching hmpr 5 jtan, didiskon jadi 2.8… padahal emang harga pasaran saat aku beli itu udah jatuh ke 2.8 jt..

          yg dilazada bisa juga kea gtu… kalau smartphone yg udah lama , emang bisa dijual murah, kalo ga murah, ga bakal laku.. soalnya smartphone keluaran baru dengan spesifikasi yang sama, harganya lebih murah.. jadi lebih baik rugi sedikit, dari pada barangnya ga laku.

  4. Fiorentino says:

    gan, mau tanya. klo COD itu dibayarnya ke siapa ya. masak bayarnya ke kurir JNE nya.tolong jelasin gaan. Thank you

    • Profile photo of yudha yudha says:

      aku ga terlalu ingat waktu itu yg anterin kurir jne atau lazada mas..
      tapi waktu aku jalan ke kampus, pernah liat kurir lazada nya langsung, pakai motor delivery dngn tulisan lazada dibagian belakangnya..

      tapi waktu itu memang uangnya dikasihin ke yang anterin hp.. jadi entah itu kurir jne atau lazada yg datang waktu itu, tapi yg jelas dia bawa hp nya, ya aku langsung bayar..

  5. Nina says:

    saya udah sering belanja di Lazada sih, dan oke2 aja selama ini
    saya selalu pakai COD karna lebih aman karena sekarang lazada udah banyak suplier dan barang tersedia disuplier
    klo dulu sih dijual dan dikirim sama lazada jd pengiriman bisa cepet
    hari ini pesen besok sampai
    kalo sekarang estimasi bisa sampe 7 hari kerja, mungkin karna pengiriman dari suplier ya,

  6. Reza says:

    BUYER BEWARE: Maaf kalo terkesan menggurui, tp saya pengen share analisis saya dari dua kasus yang berturut2 menimpa saya di Lazada. Pertama urusan pengiriman yang jauh lebih lama dari batas waktu kirim dan kedua urusan barang rusak, tidak bisa dipakai karena charger yang dikirim bukan charger ori.
    Dalam case saya, letak masalah ada di:
    1. Sistem kontrol inventory seller. Tdk ada mekanisme untuk memastikan ketersediaan barang. Apa yg ada di website bukanlah kondisi aktual.
    2. Proses verifikasi barang yang dikirim oleh seller. Seperti apakah sudah dibuka segelnya, diganti ato tidak komponennya dll. Tdk ada pengecekan fisik di pihak Lazada sbg mediator transaksi.
    3.Customer service yang hanya terkesan meyakinkan di website. Respon nyata customer service sangat lambat dan normatif (tidak ada solusi), proses penggantian uang dan pengembalian barang dibuat teramat rumit untuk buyer.
    In a nutshell, kalo boleh jujur rate consumer protection di Lazada cuma dua dari lima. Tampak disini bisnis model Lazada hanya mengejar volume barang yang terjual. Terbukti banyak seller abal2 yang tetap dijadikan mitra Lazada. Harusnya ada mekanisme kompetisi sehat antar seller yang diimbangi dengan reward juga (seperti komisi/charge Lazada akan lebih rendah bagi seller dengan rate tinggi). Lalu testimoni buyer juga penting, bukan cuma untuk comment “thanks gan, barang udh diterima” tapi buyer berhak memberikan feedback ke seller ybs dengan basis ketepatan waktu pengiriman, kondisi barang, dan harga yang kompetitf/tdk.
    Mudah-mudahan dari pihak Lazada ada yang baca kicauan saya ini, sehingga total lost of IDR 2,3jt saya bisa terobati dan tidak terulang lagi buat online shopper lainnya. Hiks.. Simsalabim Abralazada!

    • Profile photo of yudha yudha says:

      Thanks gan feedbacknya..
      semua yang agan bilang ada benernya..

      kalau masalah apakah barang nya diverifikasi lazada terlebih dahulu, aku juga kurang tau, tapi untuk statement pertama, rasanya masalah kontrol ketersediaan barang sudah baik kok gan..

      untuk yg no 3 , sebagian costumer memang cuma testimoni pas barang sampe, dan ini aku setuju sama agan, lazada perlu improve di bagian ini, misalnya costumer masih bisa kasih testimoni ke dua (pertama,pas barang nyampe) kedua, testimoni kualitas barang setelah beberapa minggu waktu pemakaian..

      trus juga untuk mitra, memang lazada harus lebih ketat dalam proses verifikasinya, dan ga perlu banyak mitra menurutku, toh nanti barangnya dari daerah dikirim kepusat, baru dikirim ke costumer, jadi mending mitra sama perusahaan besarnya aja langsung sih..

  7. Bima says:

    Gan , kalo alamat nya pake kode pos gak?

  8. kenton says:

    Gan, mau tanya. Agan ini sebenernya COD-an apa bayar dulu pas beli hp gemini itu ? kok di replay Farida agan bilang “aku jg beli hp gemini, baru dikirim 10 hari setelah pembayaran”

    • Profile photo of yudha yudha says:

      ya gan.. maaf ..salah ketik aku itu..

      harusnya ginii : ” 10 hari setelah pemesanan” bukan “10 hari setelah pembayaran”..

      jadi memang barang nya sampe 10 hari setelah aku pesan di website, dan pembayarannya dilakukan langsung pas nerima barang sama kurir.

      thanks udah koreksi…

  9. lhokacitra says:

    Mmm jadi lazada itu jual barang-barang baru kan? bukan bekas 🙂

  10. dita rosita tular says:

    gan baru baca thread nih ..
    mau nimbrung

    tanggal 4 kemarin gue baru beli gopro SJCAM SJ5000+ Plus Wifi Chip Ambarella 16 MP – Hitam seharga 2.250.000 nah banyak yg jual d lazada juga tapi harga 3.200.000 namanya juga cewek pasti nyari yg murah tapi asli haahah ..
    gue cari d IG harga sjcam rata” 2.500.000 tapi include tongsis attanta . nah gue beli terpisah karna emang tidak ada paket . harga tongsis 120.000 .. gue pikir masih masuk akal lah harga nya kalo di hitung terpisah ..
    tapi status orderan sampe tanggal 7 ini ” Pesanan sedang diproses untuk dikirim langsung oleh Penjual. Penjual memiliki waktu maksimal 5 hari kerja untuk mengirimkan barang dan menampilkan nomor resi pengiriman “

    • Profile photo of yudha yudha says:

      berarti itu partner shopnya lazada ya mbak ?

      aku ga nangkep nih, post mbak ini tentang masalah dengan lazada atau gimana ya ?

      kalau diliat mbak beli tanggal 4, dan tanggal 7 masih belum dikirim penjual’ artinya baru 3 hari kan ?

      Aku waktu beli bb itu 10 hari mbak baru di anterin, memang lama sih, karna barangnya dari partner shop lazada, tapi karna waktu itu COD dan belum bayar aku nyantai aja, klo datang tinggal bayar klo ga pun aku ga rugi.

      klo misalnya udah lewat 5 hari, statusnya masih belum berubah juga, mbak komplain aja ke pihk lazada, harusnya sih bakal langsung direspon 😀

  11. haryono says:

    saya juga sering belanja di lazada dan alhamdulillah aman dan barangnya selalu sampai.

  12. ryan says:

    positif apanya?.
    saya belanja 2 barang di lazada tanggal 2 desember dan melakukan pembayaran saat itu juga, satunya tutup casing bb z 10 satunya lagi universal charger dengan harga total sekitar 290.000. sekitar 4 hari tutup casingnya datang, barangnya sih lumayan. tapi pesanan saya yang satunya lagi masih dalam proses sekitar tanggal 9 belum juga ada email pemberitahuan pengiriman,sekitar tanggal 10 ada email pemberitahuan barang sudah masuk ke pengiriman. tapi setelah saya cek ternyata nomer resi jne yang saya terima bukan pesanan saya melainkan tujuan ke daerah luar jawa.setelah saya konfirmasi ke lazada jawaban nya hanya sedang kami evaluasi dan tunggu email konfirmasi dari kami, dan kata maaf yang tidak menyelesaikan masalah. lalu saya muak dan minta uang saya di kembalikan, tapi sampai sekarang belum ada keterangan dari lazada.. intinya tidak mungkin terjadi kesalahan pengiriman karena di nomer resi yang tercantum setelah saya cek di jne barangnya beda, nama tujuan dan pengirim beda dengan pesanan saya yang seharusnya,. seolah olah memang saya dikasih nomor resi ngawur. saya kapok belanja disana. dan saya tidak bermaksud menjelekkan atau berniat memprovokasi tapi ini nyata dan saya punya buktinya,mulai dari email konfirmasi sampai pemberitahuan yang menyatakan barang saya telah diterima, padahal belum saya terima.

  13. Heru Irawan says:

    kemaren ada rencana mau beli sendal, karena saya udah sering beli di zal*ra jadi pertama saya cek di zal*ra (fyi : disini COD malah lebih enak dibandingin di l*zada, semua item kalo harganya dibawah 750000 (kalo gak salah) bisa COD-an) bukannya mau promo atau gimana ya, kalo di l*zada tidak semua item bisa COD-an, contohnya sendal tadi. berhubung saya lbh tertarik dgn sendal yg ada di l*azada jadi saya nyari2 review nya dulu, kebetulan saya sering ngaskus jadi nyari2 lah dikaskus. dan ternyata review negatif lebih banyak bermunculan. dari barang yg gak sesuai foto, barang udah kepake tapi dibilang baru, bahkan ada yg barangnya belom nyampe sejak 1 bulan pembelian, ngurus pengembalian/refund nya jg susah dll. bisa mas/mbak cek sendiri di kaskus. saya jg agak aneh kemaren pas mau ngecek2 sistem pembelian di l*zada, disitu keterangannya barang akan dikirimkan tanggal 6 feb, padahal waktu itu saya mesennya tanggal 1, lama banget saya pikir, kenapa gak dikirim setelah konfirm pembayaran? masa harus nunggu tgl 6, nyampenya bisa tgl 10 kalo kayak gitu. yaudahlah, saya jg udah agak ngeri mau belanda di l*zada, karena review negatifnya byk bgt, padahal l*zada itu online store yg bisa dibilang gede. tapi emang di zal*ra cuma barang2 fashion aja, gak ada yg lain, beda kalo di l*zada kan macem2 tuh. yg pasti ati2 aja lah kalo mau belanja online. 😀

  14. Arif says:

    gw juga pernah belanja di lazada acer iconia w4 820
    itu lama banget, ada sebulan ga terkirim
    sampe nge email CEO nya lazada lewat linked in
    di kaskus juga paling banyak itu komplainnya

  15. Cepot says:

    Ane udh bbrp x beli…dan brang nya mengecewakan semua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *