Salah satu tulisan di blogs.itb.ac.id di ubah oleh hacker.

Barusan aku login ke dashboard blog itb, dan aku browsing2. Dan ga sengaja  liat salah satu post telah diubah judul dan isinya oleh hacker.

Karena kebetulan aku diberi akses ke dashboard blog itb, aku langsung ubah status post dari published menjadi draft. Dan postnya ga akan tampil lagi di front-end.

Aku sendiri bener-bener ga suka sama yang namanya (cracker). Hacker yang unjuk diri dengan ngehack website orang lain dengan tujuan yg ga bener. Ini merugikan banget.

Website ku (bukan subdomain blog itb), itu kena brute force hack hampir setiap hari. Pernah kejadian paling parah, itu habis dihack, web ku ga bisa diakses dan selalu redirect ke website lain. Dan akhirnya harus di wipe clean dan install baru.

Waktu itu aku masih belajar-belajar nge-blog. Trafiknya belum banyak. Walaupun menyakitkan, tapi masih bisa ditahan. Mau marah juga ga tau mau marah kesiapa. Mau lapor jg ga tau mau lapor kesiapa. Nasib sih waktu itu.

Untuk admin blog itb, aku tau update blog multisite itu merepotkan, salah sedikit bisa error semua subdomain blog itb. Tapi aku bener2 nyaranin sih, untuk update plugin dan tema, karna plugin dan tema yang ga up-to-date biasanya ada vulnerabilities.

Aku yakin admin blog itb juga udah tau sih mengenai hal ini. Dilema memang. Disatu sisi, ingin update, disisi lain, kalau error pas update, semua jaringan blog mahasiswa itb bisa down.

Profile photo of yudha

About yudha

i'm handsome .. hehehe... hahaha... HAHAHAHAHA...AHAHAHAHAHA..
This entry was posted in Blogging. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *