Tidak bisa upload Photo

Ini adalah salah satu isu yang aku rasain di jaringan blogs.itb.ac.id, yaitu tidak bisa upload photo.

Berikut ini error message yang aku dapatkan ketika coba upload photo di blog ini.

Unable to create directory wp-content/blogs.dir/1082/files/2017/02. Is its parent directory writable by the server?

Jadi sepertinya mulai sekarang, semua photo hanya bisa di add menggunakan url dari luar situs blogs.itb.ac.id

Ga tau apakah ini intentional, atau karena kesalahan setting. Bisa jadi admin blogs itb memang tidak ingin ada upload photo.

Karena tiap upload photo, selain memakan resource disk space, pada saat upload juga memakan bandwidth, tiap ditampilin juga akan makan resource..

Kalau ini dilakukan intentional sih sebenarnya ada alternatif, untuk pengurangan resource, bisa dengan CDN, atau bisa dengan penggunaan fitur Photon Jetpack. Semua image di serve dari server wordpress. Jadi ga perlu takut penggunaan resource akibat ada nya image.

Kalau ternyata ini ga intentional, artinya ada kesalahan di konfigurasi server.

Aku awalnya ingin upload foto infografis, karna foto infografis yang sebenernya udah kedelete, dan tiap post di blogs.itb.ac.id, nampilin blank photo seperti ini.

blank foto infografis

dan disemua post, semua nya sama.

blank foto infografis

seharusnya ada foto infografis seperti dibawah ini tampil ditiap post tersebut.

ini seharusnya tampil, berdasarkan webarchive, cuma karna filenya udah dihapus, akibatnya blank di semua post.

well, untuk admin, kalau baca post ini. Mohon di ganti photo blanknya.

Akun ku sebenernya diberi level admin, tapi karna ga bisa upload foto, aku jadi ragu aja sih. Bisa aja pakai url dari web selain itb, tapi rugi aja sih. Maksudnya link juice nya malah lari keluar.

Dari segi SEO, sebaiknya gunain photo dari web sendiri memang..

Profile photo of yudha

About yudha

i'm handsome .. hehehe... hahaha... HAHAHAHAHA...AHAHAHAHAHA..
This entry was posted in Blogging. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *