Login
RSS Feed

Penerapan Teknologi Informasi di Diseminasi dan Layanan Statistik – BPS

Badan Pusat Statistik (BPS) merupakan instansi pemerintah yang memiliki tugas menghasilkan data statistik yang dibutuhkan oleh pemerintah maupun masyarakat pada umumnya. Untuk menghasilkan data statistik, BPS melakukan kegiatan statistikk berupa survei atau sensus. Data yang dihasilkan dari survei atau sensus ini selanjutnya diolah, ditabulasikan, dianalisis, dan disajikan dalam berbagai produk seperti publikasi, berita resmi statistik, ataupun data mikro. Selanjutnya, BPS mendesiminasikan produk-produk tersebut melalui berbagai sarana seperti perpustakaan dan website agar data yang dihasilkan BPS  dimanfaatkan masyarakat luas.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, BPS menyediakan daftar yang memuat jadwal penerbitan publikasi yang di dalamnya mencakup periodisitas dan waktu penyebarluaskan di website yang dikenal dengan Senarai Rencana Terbit atau Advance Release Calendar (ARC). Dengan adanya ARC publik akan mengetahui berbagai publikasi hasil kegiatan statistik yang dilakukan BPS lebih awal dan terjadwal. Dengan demikian publik mendapatkan kepastian waktu rilis/terbit dan dapat mengetahui kapan bisa mendapatkan data statistik yang diperlukan.

Penetapan jadwal penerbitan publikasi melalui ARC dilakukan setiap awal tahun  baik di tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota. Untuk menjaga agar seluruh komponen pelaksana program ARC bekerja sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan maka diperlukan pemantauan dan evaluasi ARC dilakukan secara periodik yaitu bulanan dan tahunan. Pemantauan dan evaluasi ARC meliputi ketepatan waktu rilis publikasi dan kelayakan rilis publikasi yaitu kesesuaian publikasi yang dirilis dengan pedoman pembuatan publikasi.

BPS melalui Subdirektorat Publikasi dan Kompilasi Statistik telah membangun suatu sistem yang dapat memantau dan mengevaluasi pelaksanaan program ARC yang dikenal dengan Simpub – Sistem Informasi Publikasi. Sebelum merilis publikasi ke website, setiap komponen pelaksana program ARC – BPS Provinsi atau Kabupaten/Kota – berkewajiban mengunggah publikasi yang akan dirilis ke Simpub tiga hari sebelum waktu rilis di website. Secara berjenjang publikasi tersebut akan diperiksa terlebih dulu oleh operator pemeriksa untuk memastikan kelayakan rilis. Jika publikasi tidak sesuai dengan ketentuan, akan diberi catatan dan BPS diminta untuk memperbaiki dan mengunggah ulang. Jika publikasi telah diperiksa dan sesuai dengan ketentuan maka publikasi tersebut bisa dirilis di website sesuai tanggal rilis publikasi.

Dengan menggunakan Simpub, proses pemantauan dan evaluasi pelaksanaan ARC menjadi lebih cepat. Sebelum menggunakan simpub, proses pemantauan dan evaluasi ARC dilakukan dengan menggunjungi masing-masing website daerah kemudian dibuat rekap laporan hasil evaluasi secara manual. Melalui Simpub proses tersebut dilakukakan secara otomatis. Simpub akan membuat rekap laporan berdasarkan waktu penggunggah publikasi oleh BPS Provinsi/Kabupaten/Kota. Selain itu, dengan menggunakan Simpub, kesalahan format publikasi dihindari karena adanya proses pemeriksaan publikasi. Dengan demikian, publikasi yang dirilis di website adalah publikasi yang memang layak dipublikasikan.

Permasalahan yang belum Diselesaikan dengan Teknologi Informasi

Berbagai produk BPS seperti publikasi dan berita resmi statistik bisa didapatkan secara gratis melalui website. Namun, berdasarkan PP No 7 Tahun 2015 tentang jenis penerimaan pendapatan bukan pajak, ada beberapa produk BPS yang dikenakan tarif berbayar seperti publikasi tercetak, softcoppy publikasi tanpa watermark, data mikro dan peta digital. Pengguna yang ingin mendapatkan produk tersebut dapat datang langsung ke kantor BPS baik di pusat maupun daerah. Untuk pengguna data yang memiliki mobilitas tinggi proses ini tentu sangat tidak efisein karena memerlukan banyak waktu. Oleh karena itu, diperlukan sebuah layanan yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna data secara cepat dan efisien.

Untu memenuhi kebutuhan tersebut, dapat dibangun sebuah online store yang menyediakan berbagai produk BPS. Melalui aplikasi tersebut, pengguna dapat memilih produk BPS yang diinginkan sekaligus dapat melakukan transaksi pembelian. Produk yang dibeli pengguna akan dikirimkan sesuai dengan alamat tujuan. Dengan demikian pengguna dapat menghemat waktu untuk mendapatkan produk BPS.

No tags.
  • Trackbacks
  • Comments
  • No Comments yet.
  • No trackbacks yet.