Dapur merupakan salah satu bagian rumah yang paling penting, karena itu setiap komponen furniture mesti ditata tak sebatas indah namun juga fungsional. Pembuatan kitchen set harus memperhatikan berbagai hal detail mulai dari bentuk, ukuran, warna hingga kegunaan.

Agar memudahkan pembuatannya, pemilik rumah umumnya langsung memilih kitchen set karena sudah memenuhi seluruh kebutuhan penyimpanan dan tampilan.

Tips Memilih Furniture untuk Pembuatan Kitchen Set

Sebelum Anda memesan kitchen set, pastikan sejumlah komponen penting. Bisa juga, dengan mengkonsultasikannya kepada pihak produsen tentang fungsi dan model yang baik. Adapun tips tersebut yaitu:

Sesuaikan Ukuran

Tips pertama adalah menyesuaikan ukuran dengan ruang pada rumah. Memilih kitchen set lengkap dengan ukuran besar sementara ruang yang dimiliki kecil justru akan menyulitkan, begitupun sebaliknya. Pastikan memberi ruang cukup untuk bergerak di area dapur selain fungsi dan modelnya.

Melalui denah rumah, Anda bisa mengetahui luas dapur lebih mudah. Atau, jika menggunakan jasa pembuatan kitchen set pihak pekerja akan datang langsung mengukur luas dan furniture yang dibutuhkan. Pertimbangkan berbagai faktor yang memudahkan pergerakan serta tata letak semua alat rumah tangga.

Desain Model

Kitchen set mempunyai dua bentuk umum yakni L dan U, bentuk L lebih banyak digunakan untuk ruang yang lebih kecil sementara U pada ukuran yang lebih besar. Memang, tak ada aturan baku mengenai pemilihan ini karena tergantung pada selera penggunanya, namun luas ruangan baiknya menjadi indikator sebelum memilih.

Sebagai rekomendasi, cobalah menggunakan konsep minimalis, konsep ini cenderung sederhana namun fungsional, ditambah penempatannya yang lebih efisien. Mengatur tata letak alat harus diperhatikan pada konsep ini, karena ruangnya cukup terbatas.

Kenali Material

Ada berbagai variasi material dari kitchen set, setiap material tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan yang berbeda-beda sehingga penting untuk mengenalinya lebih dulu. Pada dasarnya, semakin baik material tersebut maka semakin tinggi pula harganya.

Namun jika Anda tak memiliki biaya besar untuk material unggul tak perlu khawatir, karena material standar cukup bisa diandalkan dimana Anda bahkan bisa menyesuaikan dengan luas dan kondisi hunian. Beberapa jenis yang direkomendasikan adalah aluminium, papan partikel, polywood hingga kayu solid.

Sederet material tersebut punya daya tahan baik namun dengan harga standar yang cukup untuk konsep rumah minimalis. Selain itu, jika Anda memang menyediakan biaya cukup besar maka cobalah memilih counter atau backsplash yang berbahan marmer. Material ini sangat cocok untuk rumah dengan konsep mewah karena akan terlihat lebih elegan.

Pemilihan Warna

Pemilihan warna juga merupakan bagian penting dalam pembuatan kitchen set. Warna tersebut bisa disesuaikan dengan konsep rumah secara keseluruhan, atau, jika Anda ingin nuansa dapur berbeda dari yang lain tak akan jadi masalah. Beberapa orang mengusung konsep unik dan menarik di dapur mereka supaya lebih berkesan dengan pemilihan warna cerah.

Namun jika senang dengan konsep standar namun menarik, cobalah memilih putih karena aman. Warna ini juga sangat cocok dikombinasikan dengan furniture apapun, sehingga mudah untuk mengkombinasikannya. Namun perhatikan area berwarna putih terutama di sekitar kompor lantaran sangat mudah kotor.

Penataan Furniture

Tips terakhir adalah penataan berbagai furniture di dalamnya yang harus diperhatikan secara tepat berdasarkan fungsinya. Setiap penempatan perabot bisa disesuaikan dengan seberapa sering Anda menggunakannya. Semisal panci penggorengan di kabin bawah atau kumpulan sodet yang digantung untuk memudahkan jangkauan.

Semakin baik penataan maka semakin baik tampilannya, Anda juga akan lebih mudah mencari dan menggunakannya. Tata letak tersebut di sisi lain akan memudahkan pemilik rumah saat pembersihan sehingga Anda maupun orang lain akan menjadi lebih nyaman. Furniture set sebagian besar sudah mengusung konsep modern sehingga tak sulit menemukan model yang sesuai.

Mengenal Komponen Kitchen Set

Setelah memahami tips di atas, berikutnya adalah mengenali setiap komponen pada kitchen set. Dengan begitu, Anda bisa menentukan model dan fungsi yang dibutuhkan.

Kabinet Atas

Kabinet atas umumnya berfungsi sebagai alat penyimpanan berbagai perabot yang jarang digunakan. Bobotnya pun antara yang ringan hingga berat dan mudah untuk dijangkau. Ideal kedalaman untuk kabinet atas adalah 40 cm dan bisa digunakan untuk meletakkan panci, baskom kecil hingga rantang berbagai ukuran.

Jika bagian langit-langit tak terlalu tinggi, cobalah memilih material solid yang tertutup pada kabinet atas Anda. Pemilihan tersebut berfungsi untuk mencegahnya menjadi sarang debu. Penempatan di area ini juga harus diperhatikan berdasarkan kuantitas penggunaannya.

Kabinet Bawah

Kabinet bawah lebih umum digunakan untuk berbagai perabot yang sering digunakan semisal lap, pelapis panci, sodet, teflon dan berbagai alat masak harian. Bahkan, tak sedikit pengguna menjadikannya tempat untuk meletakkan microwave. Sesuaikan fungsi dengan laci-laci khusus untuk barang berukuran kecil agar lebih mudah dicari.

Kabinet bawah ideal memiliki kedalaman maksimal 60 cm. Jika memesan langsung pembuatan kitchen set, Anda bisa meminta desain dan ukuran khusus berdasarkan kebutuhan.

Backsplash

Backsplash adalah area dinding terbuka yang berada di antara kabinet bawah dan kabinet atas. Material backsplash umumnya menggunakan keramik agar cipratan minyak dan air lebih mudah dibersihkan. Selain itu, lantaran mudah kotor akan lebih baik memilih warna gelap agar terlihat lebih bersih walaupun tidak dibersihkan dengan baik.

Konsep modern kitchen saat ini sudah menggunakan backsplash dengan variasi bentuk menarik, sehingga Anda bisa memilih berdasarkan biaya dan kebutuhan penggunaan.

Counter Top

Counter top adalah bagian dapur sebagai tempat penyimpanan, kompor dan alat lainnya yang berada persis di atas kabinet bawah. Ini adalah bagian penting karena memuat banyak kebutuhan harian mulai dari memasak, memotong hingga mencuci piring dengan bak tanam di bagian ujung dapur.

Material yang cocok untuk area ini adalah marmer atau granit, serupa dengan backsplash karena tidak mudah tergores atau rusak akibat cipratan air dan bahan makanan lain. Counter top harus mudah dibersihkan karena termasuk area yang mudah basah, pun pada pemilihan warna yang selaras.

Cooker Hood

Cooker hood berfungsi untuk membantu sirkulasi udara di bagian dapur, tidak setiap rumah memiliki komponen ini lantaran butuh biaya dan material khusus. Cooker hood bekerja dengan menghisap seluruh asap maupun uap yang dihasilkan dengan begitu, kabin atas tak akan mudah kotor atau menghitam. Selain itu, cooker hood juga membantu penyaringan udara dan bau sehingga aroma di dapur menjadi lebih segar.

Untuk jasa pembuatan kitchen set, Anda bisa mengandalkan Jago Kicthen Alfa Furniture, produsen furniture yang bisa menjawab semua kebutuhan kitchen set yang tak hanya menarik, namun juga berkualitas dan fungsional. Seluruh komponen dapur modern bisa Anda temukan di sini dengan harga terjangkau. Manfaatkan layanan optimal Alfa Furniture demi desain dapur impian Anda.