Peralatan Surfing Berikut Ini Wajib Dimiliki Oleh Anda yang Hobi Berselancar

Sebagian orang di Indonesia memiliki kegemaran pada bidang olahraga ekstrim, sebut saja diantaranya adalah wall climbing, mendaki hingga surfing. Tak bisa dipungkiri bahwa hanya sedikit diantara masyarakat yang menyukai hak-hal menantang semacam ini, sebagian besar diantara wilayah Indonesia memang merupakan perairan, hanya saja sedikit diantaranya yang memiliki cukup ombak untuk kebutuhan surfing, diantaranya adalah perairan di bagian selatan, itupun dibatasi beberapa kawasan tertentu yang terbilang masih aman. Beberapa diantara masyarakat gemar dalam surfing, menaklukkan ombak dengan berselancar di atasnya. Peralatan surfing yang dibutuhkan untuk olahraga yang satu ini terbilang tak banyak.

Peralatan Surfing Papan Selancar

Namun juga patut untuk diketahui bahwa hidup Anda sebenarnya hanya tergantung pada alat-alat yang satu ini, jadi tak bisa dipungkiri jika seandainya banyak mereka peselancar yang harus kehilangan nyawa di tengah laut, karena terjangan ombak ganas, tidak bisa mengatasinya benar. Karena bagaimanapun diri harus dipertaruhkan ketika menjalani olahraga yang satu ini, karena lautan yang harus ditaklukkan terbilang ganas. Bukan laut dengan ombak yang kecil.

Tersedia berbagai macam peralatan surfing yang wajib untuk dimiliki oleh peselancar, guna menjaga diri mereka agar tetap aman ketika bermain dengan ombak tersebut. Diantara beberapa jenis sarana wajib yang harus Anda miliki, diantaranya adalah:

1. Pakaian untuk surfing, seperti halnya ketika Anda tengah berenang, maka ada pakaian khusus yang digunakan bermain di dalam air, diantara pakaian tersebut haruslah yang ketat atau pas di badan, terasa ringan sehingga mempermudah pergerakan Anda, ia dikenal juga dengan nama rash guard. Salah satu hal penting yang harus diperhatikan ketika membeli pakaian ini, yaitu pilihlah jenis yang menutup seluruh bagian tubuh, atau pakaian yang panjang, penting untuk melindungi kulit dari terpaan sinar matahari.

2. Leash, ia dikenal juga sebagai tali, tali khusus yang nantinya akan menghubungkan pergelangan kaki dengan papa selancar, tali inilah yang menjadi kebutuhan penunjang keamanan peselancar, karena ketika Anda kehilangan keseimbangan dan nantinya lepas diterjang ombak, sudah pasti akan membahayakan diri, peselancar bisa ikut terbawa arus ombak tersebut. Jadi pastikan untuk menggunakan leash yang benar-benar berkualitas.

3. Wax, ia adalah sebuah krim yang dipakai untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari yang panas, apalagi ketika tengah berselancar pastinya Anda melakukan di siang hari yang cerah bukan, bagi beberapa peselancar yang tak senang menggunakan baju tertutup, maka bisa mengaplikasikan wax ini, sehingga menjaga kulit tak terbakar oleh sinar matahari siang.

4. Board, inilah bagian yang sangat penting ketika akan berselancar, yaitu papan selancar, memiliki tinggi kurang lebih 2 meter, ia dibuat dengan material khusus sehingga bisa mengambang di air dan juga akan ikut melayang ketika terbawa dengan gelombang atau ombak laut. Pilah-pilih yang ringan dan juga nyaman untuk dipakai.

5. Wax comb, karena memang krim yang sebelumnya tergolong cukup kuat, bahkan tak akan hilang hanya dengan terkenal air, maka cara membersihkannya menggunakan alat khusus yang dinamakan sebagai wax comb ini, jadi tak melekat terlalu lama di kulit Anda.

6. Fins, sirip ini digunakan untuk mengatur arah papan selancar ketika diterpa oleh angin.

Artikel Menarik Lain :

Peralatan Surfing bagi Pemula

Memilih Papan Selancar yang Sesuai

7. Boardshort, ia adalah celana pendek yang umumnya dipakai oleh peselancar laki-laki, karena lebih praktis dibandingkan dengan memakai rash guard.

Semua peralatan surfing tersebut bisa dengan mudah didapatkan di pasaran.

Sumber >

tipkibags – situs informasi berita online

Bebas Baca – Informasi Terbaru Bacaan Online

Profile photo of Blog ITB

About Blog ITB