Kewajiban Bersedekah Bagi Umat Muslim

Salah satu perbuatan yang sangat mulia dan termasuk ke dalam sunnah yang dianjurkan bagi umat muslim yaitu bersedekah. Kewajiban bersedekah bagi umat muslim ini bukan tanpa alasan. Hal tersebut dikarenakan sedekah akan banyak mendatangkan keutamaan dan manfaat bagi pelakunya dan penerimanya.

Kewajiban Bersedekah Bagi Umat Muslim

Ketika kita melihat orang-orang yang sedang membutuhkan, maka kita sebagai umat Islam memiliki kewajiban untuk bersedekah sehingga bisa meringankan beban mereka. Hal tersebut merupakan bentuk dari tenggang rasa. Bukan hanya untuk membantu sesama, ada banyak manfaat lainnya dari bersedekah seperti yang akan disebutkan di bawah ini.

  • Menyucikan Diri

Setiap harta yang kita miliki terdapat hak milik orang lain yang harus kita berikan dalam bentuk sedekah. Nah, dengan mengeluarkan sedekah tersebut maka kita akan ya ampun Ini bersamaan dengan taubat dosa yang telah dilakukan dan dilakukan juga dengan kebaikan-kebaikan lainnya. Hal tersebut tentunya sebagai media untuk menyucikan diri kita.

  • Mendapat Pahala yang Berlipat Ganda

Sedekah merupakan salah satu perbuatan yang sangat mulia dan sangat disenangi oleh Allah SWT. Dengan melakukan sedekah akan mendapatkan imbalan yang paling utama yakni memperoleh pahala yang akan dilipatgandakan. pahala sedekah yang berlipat ganda tersebut akan lebih besar apabila dilakukan dengan ikhlas dan benar-benar murni dari hati. Dengan demikian tidak ada sifat riya’ dan ingin menyombongkannya.

  • Mendapat Ganti Berlipat-lipat

Bukan hanya akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda saja, bersedekah juga tidak akan mengurangi harta kita. Justru Allah akan menggantinya dengan rezeki berlipat-lipat. Baik itu rezeki dalam bentuk uang atau yang lainnya. Jadi, melakukan sedekah tidak akan membuat pelakunya menjadi jatuh miskin.

  • Terhindar dari Marabahaya

Berhubungan dengan manfaat dari Sedekah yang sebelumnya yaitu akan mendapatkan rezeki yang salah satunya adalah terhindar dari marabahaya dan hal tersebut merupakan rezeki yang tidak bisa dihitung dengan materi. bahkan Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa sedekah bisa menutup 70 pintu konflik dan juga musibah tidak akan bisa mendahului sedekah.

  • Memberikan Ketenangan Hati

Sedekah juga akan memberikan manfaat berupa ketenangan hati pelakunya. Ketika kita melakukan sedekah tentu saja akan timbul rasa senang karena sudah bisa membantu orang yang membutuhkan. Kemudian hati pun akan merasakan ketenangan karena beban sudah terangkat dan diganti dengan rasa senang tersebut.

  • Sebagai Jaminan Hari Akhir

Orang-orang yang gemar melakukan sedekah adalah mereka yang termasuk ke dalam golongan jaminan naungan di hari akhir. Jadi maksudnya ialah ketika datang hari akhir dan tidak ada yang bisa untuk melindungi dari matahari yang sangat panas, maka dengan sedekah yang ikhlas dan tidak riya’ akan memberikan jaminan naungan yang menyejukkan.

  • Menambah Umur

Melakukan sedekah juga akan membuat pelakunya bertambah umur. Hal tersebut dikarenakan kualitas hidup dari orang yang sering melakukan sedekah akan meningkat. Itu dikarenakan hidup dengan sering bersedekah akan membuat hati merasa lebih tenang, terhindar dari marabahaya dan juga segala bentuk kejahatan yang bisa membahayakan hidup kita.

  • Meninggal dengan Tenang

Sebagai manusia pasti tidak akan luput dari kesalahan dan dosa-dosa baik itu yang disengaja ataupun tidak. Apakah dengan melakukan sedekah bisa memadamkan murka Allah SWT dari perbuatan dan juga kesalahan Anda selama di dunia. Dengan demikian ketika akan meninggal dunia bisa lebih tenang tanpa harus mempersiapkan dengan cara meninggalnya.

Nah, selain dari manfaat-manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan sedekah, terdapat beberapa aturan yang perlu Anda ketahui agar sedekah bisa diterima oleh Allah SWT sehingga mendatangkan pahala kepada Anda dan kebaikan sedekah tidak sia-sia.

Aturan dalam Bersedekah

Sebagai amalan bagi umat Islam yang punya banyak tujuan dan juga manfaat, maka melakukan sedekah juga terdapat aturannya agar sedekah yang dilakukan tidak sia-sia. Salah satu tujuan yang bisa diterima ya ini sebagai bentuk dari rasa syukur terhadap pajak yang sudah diberikan oleh Allah SWT.

Mungkin dengan menyisihkan sebagian harta untuk orang yang membutuhkan bagi kita sangat menyenangkan. Akan tetapi perlu diingat juga bahwa ada juga sedekah yang tidak diterima oleh Allah karena caranya yang salah. Oleh karena itu ada baiknya jika kita tahu dan mempelajari lebih lanjut tentang cara dalam bersedekah dengan mengikuti aturannya sebagai berikut.

 

  • Ikhlas Karena Allah SWT

Aturan dalam bersedekah agar bisa mendatangkan pahala yang berlipat ganda kepada kita kuncinya adalah dengan rasa ikhlas. Jadi ketika bersedekah niatkan hanya dilakukan semata-mata untuk Allah SWT serta hanya mengharap ridho Allah SWT. Jangan sampai melakukan sedekah hanya karena ingin menyombongkan harta saja dan ingin dipuji oleh orang. Hal-hal seperti itulah yang bisa menggugurkan pahala sedekah yang sudah dilakukan.

  • Belajar Tentang Kewajiban Sedekah

Sebelum Anda menyisihkan harta untuk disedekahkan, maka sebaiknya Anda belajar tentang sedekah terlebih dahulu. Misalnya seperti berapa ukuran harta yang harus diperhatikan dan juga siapa saja sasaran pemberian sedekah. sebaiknya Anda mempertanyakan hal tersebut kepada orang yang sudah paham agar bisa dijawab dengan pasti.

  • Mendahulukan Sedekah Wajib

Jika Anda ingin bersedekah maka sebaiknya Anda mendahulukan sedekah yang wajib. Apakah yang dimaksud seperti zakat online. Hal tersebut dikarenakan Zakat merupakan ibadah yang wajib dan sudah ada di dalam rukun Islam. mungkin ada juga sudah paham bahwasanya Allah SWT lebih menyukai seseorang yang melakukan sesuatu yang wajib terlebih dahulu untuk mendekatkan diri kepada Allah.

  • Menampakkan dan Menyembunyikan Sedekah

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwasannya ketika kita melakukan sedekah sebaiknya dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Hal tersebut supaya bisa lebih menyenangkan hati bagi pelaku dan juga menerima sedekah. Akan tetapi tidak bersalah juga jika sedekah yang diberikan di tempat kamu dengan tujuan supaya orang lain juga mengikuti hal serupa. Namun harus tetap hati-hati karena hal tersebut juga bisa menimbulkan riya dan sombong.

  • Sedekahlah dengan yang Terbaik

Jika Anda punya niat untuk melakukan sedekah, maka ada baiknya Anda memilih yang terbaik. Sebaiknya memberikan barang bukan yang sudah buruk atau bahkan tidak layak. Mungkin bagi sebagian orang memberikan sesuatu yang terbaik untuk disedekahkan adalah hal yang berat, namun itulah yang akan menjadi apakah tergila-gila harta atau tidak.

Nah, setelah membaca artikel tentang sedekah di atas tentunya sudah banyak yang bisa Anda pelajari dan mengambil hikmahnya bukan? Semoga kita semua juga bisa menjadi seorang yang dermawan dan suka bersedekah. Apalagi setelah kita tahu bahwa kewajiban sedekah bagi umat muslim ada banyak sekali manfaat dan keutamaannya.

Selain itu, melakukan sedekah juga ternyata tidak akan pernah mengurangi harta yang kita miliki. Justru dengan bersedekah, rezeki kita akan diganti dengan yang lebih dan berlipat ganda. Tentunya hal tersebut adalah salah satu iming-iming yang sangat diinginkan bagi manusia. Namun kunci dari sedekah ialah ikhlas. Yuk, sedekah sekarang juga!

Tags:
Profile photo of rendrasaputra

About rendrasaputra