Sep 7 2017

Pengenalan Internet of Things


Sep 2 2017

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Badan Tenaga Nuklir Nasional

Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) merupakan Lembaga Pemerintahan Non-Departemen yang mempunyai tugas pokok sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 46 Tahun 2013 adalah melaksanakan tugas pemerintahan di bidang penelitian, pengembangan dan pendayagunaan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Penelitian, pengembangan dan pendayagunaan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir di Indonesia hanya diarahkan untuk tujuan damai dan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir (PPIKSN) mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan, dan pembinaan dan bimbingan di bidang pendayagunaan informatika dan pengelolaan kawasan strategis nuklir.

Dalam melaksanakan tugasnya, Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir menyelenggarakan fungsi:

  1. Pelaksanaan urusan perencanaan, persuratan dan kearsipan, kepegawaian, keuangan, perlengkapan dan rumah tangga, dokumentasi ilmiah dan publikasi serta pelaporan
  2. Pelaksanaan pengelolaan sistem jaringan komputer
  3. Pelaksanaan pengelolaan sisten informasi manajemen nuklir
  4. Pelaksanaan pengelolaan Kawasan Nuklir Serpong
  5. Pelaksanaan pemantauan dosis personnel dan lingkungan Kawasan Nuklir Serpong
  6. Pelaksanaan jaminan mutu
  7. Pelaksanaan pengamanan nuklir
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Deputi Bidang Pendayagunaan Teknologi Nuklir

Bidang Pengelolaan Jaringan Komputer dan Komunikasi Data (PJKKD) mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan perangkat sistem jaringan komputer dan komunikasi data.

Pada awalnya, PJKKD hanya mempunyai tugas sebagai administrator jaringan, server, web public, dan multimedia (audio video), namun seiring dengan perkembangan teknologi, pada tahun 2014, PJKKD memperkenalkan perangkat video conference sebagai alat multimedia komunikasi yang dapat digunakan dalam berbagai acara kedinasan, seperti

  1. Rapat pimpinan
  2. Pembelajaran/diklat/coaching
  3. Rapat tim project dengan mitra dari luar negeri
  4. Conference/seminar ilmiah
  5. Kuliah umum
  6. Wawancara untuk para pegawai yang akan melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi.

Perangkat video yang digunakan kini tersebar ke setiap kawasan BATAN yang ada di Yogyakarta, Bandung, Kuningan Jakarta, Pasar Jumat Jakarta, dan Serpong. Dan kini layanan video conference yang dikelola oleh Bidang PJKKD menjadi layanan yang paling popular di BATAN dikarenakan memiliki banyak keuntungan, diantaranya

  1. Efisiensi anggaran
  2. Efisiensi waktu
  3. Penyebaran informasi lebih merata karena dapat dinikmati oleh seluruh pegawai BATAN
  4. Dokumentasi kegiatan berupa video rekaman maupun cuplikan kegiatan tersimpan dengan baik bisa digunakan sebagai bahan evaluasi dan peningkatan layanan

Kini, seiring dengan bergulirnya industri 4.0 yang berlaku hampir di seluruh dunia, kebutuhan akan kemudahaan yang ditunjang oleh kemajuan teknologi semakin tinggi. Seperti halnya yang terjadi pada sektor transportasi dimana transportasi online kini semakin terasa dampak positifnya bagi masyarakatnya. Senada dengan hal tersebut, PJKKD yang mempunyai tugas pokok dalam bidang pelayanan diantaranya :

  1. Cloud
  2. E-Mail
  3. Video Conference
  4. Web Layanan Publik
  5. Sub Domain
  6. Akses Internet
  7. Penitipan Server

Saat ini pelayanan dilakukan secara manual, user datang atau kirim email disertai form layanan kemudian dilakukan eksekusi. Bahkan kadangkala track record dari sebuah layanan tidak terdokumentasi dengan baik dikarenakan suatu pelaporan/permintaan hanya melalui komunikasi verbal.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu dibangun sebuah aplikasi layanan berbasis android  dan aplikasi tersebut dapat mencakup semua layanan bidang PJKKD. Pengguna layanan hanya perlu login berdasarkan email dinas (@batan.go.id) lalu kemudian pilih layanan yang dibutuhkan.

Aplikasi layanan online ini diharapkan dapat sebagai penunjang peningkatan kinerja para administrator dikarenakan seluruh layanan yang ada pada aplikasi ini menggunakan indikator feedback baik dari pengguna maupun dari sistem. Feedback dari pengguna berupa testimoni ataupun rating, sedangkan feedback dari sistem berupa surat keterangan sebagai dokumentasi pekerjaan yang telah dilakukan sebagai data dukung dalam pembuatan laporan SKP maupun penilaian angka kredit.