RSS
 

Kuliah Tanpa Partisipasi Mahasiswa

15 Feb

Bagi seorang dosen – setidaknya, bagi saya – kuliah yang hanya satu arah dari dosen ke mahasiswa tidak menarik. Sang dosen tidak tahu apakah materi yang diberikannya terlalu mudah atau terlalu susah, menarik atau tidak menarik, terlalu cepat atau terlalu pelan atau pas, dan seterusnya. Tidak ada umpan balik. Partisipasi dari mahasiswa sanga dibutuhkan.

Apa partisipasi dari mahasiswa? Yang paling mudah adalah bertanya. Bertanya tentang apa yang belum dipahami. Boleh juga menyatakan opini. Yang lebih menarik adalah kalau ada diskusi. Nah, itu baru menarik. Kalau tidak, kesannya dosen hanya menyuapi mahasiswa saja.

Mungkin karena kultur pendidikan di Indonesia yang membuat mahasiswa menjadi enggan berpartisipasi. Tapi, apakah ini bukan menjadi alasan yang dicari-cari? Sekedar ada pembenaran. Jika memang benar demikianpun, lantas apa yang harus kita lakukan.

Sementara itu … kuliah besok apa ya? Mungkin gak penting juga. Wong mahasiswanya juga mungkin tidakĀ  peduli. Yang penting hadir. Begitu?

 
 

Tags: ,

Leave a Reply