Peta Asean

Peta Asean РKawasan ASEAN terdiri dari tujuh negara yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, dan Filipina. Wilayah geografisnya membentang dari Burma di timur hingga Vietnam dan Cina di selatan. Negara-negara tersebut berbagi budaya dan bahasa yang sama serta beberapa kebiasaan serupa. Mereka juga merupakan anggota dari berbagai organisasi internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang dengannya mereka telah menkaliantangani berbagai perjanjian dan kesepakatan.

Kawasan ASEAN merupakan sub-kawasan dari Asia Tenggara. Secara umum terdiri dari negara-negara Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar (Burma), Filipina termasuk Palawan dan Singapura. Keenam negara anggota tersebut adalah: Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos,, Malaysia*, Myanmar (sebelumnya Burma),* Filipina*, dan Singapura*.

Kawasan ASEAN memiliki mata uang bersama, Dana Moneter Bersama Asia Tenggara. Kawasan ini juga terlibat dalam sejumlah program bersama, antara lain ASEAN Regional Forum, ASEAN Leaders Forum, ASEAN Security Forum, dan ASEAN-Australia Comprehensive Economic Partnership.

Negara-negara besar di Asia adalah Cina, Jepang, India, Rusia, dan Amerika Serikat. Kelima negara ini bersama-sama terdiri lebih dari dua pertiga populasi bumi. 27 negara Asia lainnya secara komparatif jauh lebih kecil dalam hal populasi, tetapi masing-masing memiliki dampak besar pada kawasan dan dunia pada umumnya.

Kawasan ASEAN adalah pengelompokan tujuh negara Asia Tenggara: Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, dan Thailand. Wilayah ini membentang lebih dari 3.000 km dari utara ke selatan, dan lebih dari 2.000 km dari timur ke barat. Mencakup lebih dari 600.000 kilometer persegi, ini adalah salah satu blok regional terbesar di dunia. Wilayah ini memiliki populasi gabungan lebih dari 600 juta orang.

Kawasan ASEAN adalah pengelompokan negara-negara yang menarik dengan dampak besar bagi dunia. Peta hitam putih adalah panduan yang berguna untuk memahami wilayah, dan kepentingan ekonomi yang berbeda di wilayah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *