Anda yang sedang mengandung tentu menyadari adanya beberapa ciri ciri hamil seperti mual dan muntah di minggu-minggu pertama atau payudara yang terasa membengkak. Tapi perubahan ketika hamil tidak hanya terjadi pada fisik saja, melainkan juga pada hal-hal yang non fisik. Tak jarang, perubahan non fisik ini malah membuat ibu hamil merasa stres dan sering mengalami kesulitan di masa kehamilan.

Coba kenali yuk, dua perubahan non fisik yang mungkin akan Anda alami selama hamil seperti berikut ini:

Mood gampang berubah secara drastis

Perubahan non fisik yang paling mencolok pada wanita hamil adalah mood yang sangat mudah berubah. Anda sendiri bahkan mungkin akan kaget dengan kondisi ini, di mana banyak wanita hamil yang sering mengalami kesedihan berlebih. Wanita hamil biasanya juga lebih sensitif dan mudah tersinggung dengan ucapan orang lain. Bahkan tak jarang perkataan biasa dari pasangan atau orang di sekitar ditanggapi dengan sangat serius hingga menimbulkan rasa stres.

Untuk mengatasi hal ini, Anda harus menyadari bahwa perubahan mood ini memang terjadi karena faktor ilmiah yakni pertambahan hormon berlebih. Jadi cobalah untuk menyadari bahwa semua hal dalam kondisi baik-baik saja, sehingga Anda tak perlu khawatir atau sedih berlebihan. Pastikan juga selalu mengkomunikasikan semua hal dengan pasangan sehingga Anda bisa mendapatkan bantuan.

Tubuh lebih mudah lelah

Sebelum hamil Anda mungkin bisa beraktivitas tanpa henti dari pagi hingga pagi lagi. Tapi saat hamil, jangankan aktif 24 jam, bekerja selama beberapa jam saja mungkin Anda sudah merasa kelelahan. Hal ini dibarengi dengan munculnya sakit kepala atau mual ringan yang mengganggu aktivitas. Banyak wanita hamil yang merasa kurang produktif sehingga muncul rasa stres. Anda harus menghadapinya dengan sabar, karena kondisi ini tidak akan bertahan lama.

Memasuki trimester ke dua, tubuh akan mulai bisa beradaptasi dengan adanya janin. Anda pun akan merasa lebih fit dan bisa beraktivitas lebih lama. Sebaiknya lakukan juga olahraga ringan untuk menjaga agar tubuh lebih bugar dan tak mudah lelah. Tapi sebelum melakukan olahraga, pastikan Anda mendapat persetujuan dulu dari dokter.