Membeli buku disarankan di google book ataupun toko online luar negeri, apabila anda tidak memiliki saldo maka anda bisa gunakan jasa pembayaran paypal yang bisa memberikan keringan anda untuk menulis dan membeli buku. Sering kali hal yang membuat seorang penulis apalagi yang masih bary kemudian seakan mogok menulis adalah karena ide menulis yang awalnya belum sempurna dan akhirnya susah untuk dieksplor lebih jauh.

Hal seperti ini memang wajar terjadi dan anda harus memiliki rencana yang tepat untuk mengatasinya sehingga karya buku atau tulisan anda bisa tetap diselesaikan. Langkah yang paling penting untuk menghindari kondisi habis ide saat menulis adalah menemukan ide baru.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk bisa menemukan ide saat menulis. Tentunya bisa disesuaikan dengan kebiasaan atau kenyamanan anda masing-masing, dengan begitu nantinya akan lebih mudah untuk mengembangkan ide yang sudah didapatkan untuk menjadi tulisan yang lebih baik, berkualitas, dan menginspirasi para pembaca tentunya.

Hal menarik ini bisa anda dapatkan dari berbagai hal misalnya membaca buku atau menonton video tertentu.

Topik yang dibaca atau ditonton bisa sesuatu yang anda sukai baik berkaitan dengan tema tulisan ataupun tidak. Dengan begitu pikiran anda akan lebih terbuka dan siap untuk memunculkan ide lain agar tulisan anda bisa berkembang.

Pemikiran yang terbuka ini nantinya juga akan tercermin dalam tulisan anda sehingga akan menjadi lebih menarik dan menyenangkan untuk dibaca para pembaca nantinya.

Memperluas Pergaulan

Dalam hal ini memiliki pergaulan yang luas tentunya juga bisa menjadi sumber inspirasi anda untuk menemukan ide tulisan yang tepat. Anda bisa berbagi cerita atau bahkan perkataan dari orang lain bisa menjadi inspirasi bagi anda. Namun bukan berarti anda menceritakan kejelakan orang lain dalam karya yang ditulis, tetapi mengambil momen pelajaran yang bisa diambil untuk dijadikan sebagai ide tulisan yang menarik dan bermanfaat.

Menggali Kembali Pengalaman Hidup

Ketika anda merasa mulai hilang ide menulis maka cobalah untuk diam dan merenungkan berbagai pengalaman hidup sebelumnya.

Mungkin ada penggalan-penggalan kehidupan yang menarik dan menginspirasi bisa coba anda ceritakan atau menjadi dasar ide untuk menulis hal lainnya.

Tentunya hal ini akan memudahkan anda untuk memahami situasinya karena pengalaman tersebut anda sendiri yang mengalami, memahami detail kejadiannya, dan perasaan yang muncul saat hal itu terjadi. Dengan begitu akan lebih mudah saat anda harus menceritakannya dalam sebuah tulisan.

Jika anda merasa sulit untuk mendapatkan ide baru karena sudah terlalu jenuh maka istirahatkan terlebih dahulu pikiran dari tulisan tersebut.

Berikan waktu pikiran untuk beristirahat, setelah itu akan lebih mudah ide masuk dan justru semakin mengembangkan tulisan anda jadi lebih baik lagi. Jadi, sebenarnya bukan hal sulit untuk menemukan ide menulis asalkan anda sudah menemukan trik yang paling cocok dengan diri anda masing-masing.

source: https://payor.id/