Semua anak memiliki hak untuk memperoleh pendidikan, terutama anak yang berkebutuhan khusus. Mengajar anak berkebutuhan khusus tidak hanya membutuhkan kesabaran, tetapi strategi supaya mereka merasa nyaman dan dapat memperoleh informasi dengan tepat.

Trik berikut ini perlu dikuasai oleh para guru di sekolah serta orang tua di rumah. Tujuannya supaya  anak bisa mendapatkan pelajaran atau menguasai sebuah kemampuan baru. Perhatikan saja ulasannya di bawah ini.

  • Melakukan Cara Observasi

Beberapa anak dengan berkebutuhan khusus dapat menerima input sensori dengan cara yang berbeda dan kesusahan untuk mengungkapkan ketidaknyamanannya. Ingatlah bahwa semua perilaku merupakan komunikasi. Selalu lihat sesuatu yang berbeda dan berpikir jika anak itu tengah mencoba berkomunikasi dengan Anda. Jika Anda tidak yakin, Anda dapat bertanya kepada orang tuanya atau orang tua lainnya.

  • Lakukan Cara Yang Lebih fleksibel

Mengajar anak berkebutuhan khusus wajib memakai metode yang beragam untuk menjadikan anak mengerti dan menguasai kemampuan baru. Misalnya, jika anak menolak pisah dengan orang tuanya, maka bawa orang tuanya ikut berkegiatan selama beberapa menit untuk mengurangi kecemasan anak, lalu orang tua bisa mundur perlahan.

Contoh mudahnya adalah anak berkebutuhan khusus akan susah mengetahui konsep abstrak pada pelajaran agama. Tugas Anda yaitu dengan menuangkan pelajaran itu dalam sebuah permainan atau projek seni agar terlihat dapat diterima oleh akal dan pikiran.

  • Memakai Gerakan Isyarat Visual, Auditori, Atau Taktil

Punya isyarat yang tepat pada sebuah lingkungan dapat berefek positif pada anak berkebutuhan khusus. Anda dapat memakai kartu yang berisi tulisan instruksi sederhana untuk menolong anak mengingat aturan perilaku yang baik. Jika anak Anda tidak bisa baca, maka pakailah gambar. Contoh lainnya yaitu daripada berteriak untuk menyuruh sekelompok anak untuk diam, sebaiknya memakai siulan atau tepuk tangan supaya menarik perhatian mereka.

Sedangkan isyarat taktil dapat dilakukan dengan memegang bahu dengan lembut atau menawarkan selimut dan kain lembut lainnya adalah cara yang gampang untuk menarik perhatian seseorang. Anda tidak perlu mendorong atau menarik paksa sang anak.

  • Melakukan Beberapa Interaksi

Banyak orang yang salah memulai interaksi dengan anak yang punya kebutuhan khusus. Biasanya mereka memulai interaksi dengan pertanyaan, lalu anak tidak mau menjawab, dan orang menyerah lalu akhirnya berbicara pada orang tuanya.

Jika Anda ingin mengajar anak berkebutuhan khusus, pakailah aturan yang berkenalan yang baik. Pertama, kenalkan diri Anda dan jelaskan bagaimana Anda merasa berhubungan dengan anak itu. Anda dapat mulai mengajak berjabat tangan, memegang tangan, bahu, atau mukanya. Perlu diingat, tidak semua anak suka disentuh, seperti contohnya saja anak autis.

Anda juga bisa menjelaskan kegiatan apa yang akan Anda lakukan bersama anak tersebut, dari awal sampai akhir, sambil menatap kedua mata anak.

  • Wajib Memiliki Yang Namanya Konsisten

Mengajar anak berkebutuhan khusus wajib memakai metode yang beragam untuk membuat anak mengerti dan memahami kemampuan baru. Misalnya, jika anak menolak pisah dengan orang tuanya, maka bawa orang tuanya ikut beraktivitas selama beberapa waktu untuk mengurangi kecemasan anak, lalu orang tua bisa mundur secara perlahan.

  • Menjadi Sosok Pengajar Yang Positif

Perilaku positif yaitu kualitas paling penting yang harus dimiliki oleh orang-orang yang mengajar anak berkebutuhan khusus. Meskipun Anda punya pengalaman yang tinggi, Anda akan kesusahan berinteraksi dengan anak difabel jika memiliki perilaku serta asumsi yang buruk.

artikel lainnya: download asmaul husna

Mengajar anak berkebutuhan khusus tidak dapat sendirian, dibutuhkan peran keluarga dan kerjasama yang kuat dengan guru. Agar anak tidak bingung, pastikan setiap orang berkomunikasi untuk melakukan strategi yang sama.