Ada banyak objek wisata tersembunyi, kurang populer atau tidak terekspos di Sumatera Barat. Provinsi seluas 42.000 km persegi ini memiliki banyak potensi wisata yang berasal dari berbagai kekayaan alam seperti pegunungan, perbukitan, lembah dan ngarai, sungai, air terjun, danau, padang rumput, pantai hingga pulau-pulau eksotis yang tersebar di segala penjuru mulai dari Pasaman, Padang, Pariaman, Padang Panjang, Bukittinggi, Batusangkar, Payakumbuh, Solok, Pesisir Selatan, Sawahlunto hingga Solok Selatan.

Keindahan potensi wisata tersembunyi tersebut justru lebih mempesona dari berbagai objek wisata yang sudah terkenal seperti Pantai Air Manis, Ngarai Sianok, Lembah Harau atau Maninjau. tidak seperti wisata pulau tidung yang berada di jakarta, wisata di sumatera barat memang terkenal indah.

Hampir seluruh objek wisata diatas tidak dikelola oleh pemerintah, jadi ayo bangun rasa sadar wisata anda dengan tertib sampah, apa salahnya membawa kembali sampah anda ke tong sampah besar (tempat sampah) yang benar-benar tempat sampah. Alam memberimu kehidupan jadi jagalah kelestariannya…

Banyak sekali tempat wisatanya. Kamu bisa mencoba goa jepang, danau atas bawah ataupun hal-hal lain yang berkaitan dengan wisata tersebut.