Sedang suka-sukanya dengan kegiatan memotret, serta sering jalan-jalan ke gunung maupun ke pantai? Jenis hobi yang satu ini dapat dikatakan tidak pernah membosankan untuk digeluti. Untuk memperoleh foto atau gambar yang bagus, pastinya Anda tak akan cemas lagi untuk pergi kemana saja.

Dan saat selesai memotret tentu saja Anda akan langsung mengedit untuk lalu menguploadnya di media sosial, atau bahkan mencetaknya. Tapi, ada satu hal yang paling kerap Anda lupakan, yaitu dengan membersihkan kamera dan juga lensanya. Urusan ini memang kerap sekali dilupakan karena terlihat sepele.

Tapi pastinya Anda tak dapat sepelekan kebersihan lensa Anda, sebab efeknya dapat sangat fatal sekali. Lensa yang rusak tak hanya bisa ngadat beroperasi pada waktu akan dipasang ke kamera, akan tetapi juga bisa berjamur dan pastinya akan merusak foto Anda. Selain itu, harga lensa juga tak dapat dikatakan murah, meskipun Anda membelinya dengan mencari pada beberapa toko online terpercaya.

Perkara membersihkan lensa sebetulnya agak gampang untuk dilakukan, Anda diwajibkan harus cermat untuk bersihkan lensa kamera Anda tersebut secara garis besar. Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa informasi kepada Anda mengenai langkah mudahnya menjaga kebersihan lensa kamera yang tepat. Perhatikan saja ulasan lengkapnya berikutĀ  ini.

  • Selalu sediakan peralatan lens cleaning kit

Langkah pertama ini adalah membersihkan lensa kamera jika kotoran telah terlanjur muncul. Sama halnya dengan barang elektronik yang lain, lensa juga perlu peralatan khusus jika sedang ada masalah. Anda sangat tidak di anjurkan untuk memakai kain basa, tisu, atau cotton bud untuk membersihkan lensa, sebab malah bisa semakin memperparah kotoran terdapat pada lensa Anda. Ada baiknya Anda beli lens cleaning kit dari Zeiss untuk membersihkan lensa kamera Anda dengan tepat.

Dalam satu paket ituĀ  sudah ada berbagai perangkat untuk membersihkan lensa kamera. Untuk bersihkan debu-debu yang biasa saja, Anda dapat menggunakan sikat debu dan juga air blower.

Sementara itu untuk noda yang tebal dan bandel Anda bisa menyemprot lensa kamera terlebih dulu dengan memakai cairan pembersih yang adalda am paket ini. Jika sudah Anda dapat menyekanya dengan kain microfiber untuk bersihkan noda secara total.

Jika lensa Anda telah siap disimpan, Anda bisa melakukan polesan terakhir dengan mengusapnya memakai tisu anti lembab yang memang dibuat untuk material kaca, seperti lensa Anda. Dan yang perlu diingat Anda harus membersihkan lensa tiap kali sesudah selesai memotret dan menyimpannya di tempat khusus. Utamanya sehabis liburan ke gunung dan area pantai.

  • Menaruh kamera di tempat khusus

Langkah selanjutnya ini adalah menyimpan kamera dan lensa Anda di dalam tempat khusus yang sangat minim udara. Anda dapat pilih dry box atau pun dry cabinet. Jangan merasa cukup aman jika Anda menyimpannya di lemari baju. Sebab suhu tropis di Indonesia kelembaban sangat tinggi, sehingga menyimpan di dalam lemari baju tidak dapat dikatakan https://kampuspoker.net/ aman.

Alasannya yaitu karena suhu yang tinggi ini dapat merusak komponen elektronik dan sensor kamera. Tak hanya itu saja, jamur juga dapat tumbuh serta berkembang di dalam lensa kamera Anda. Begitu jamur sudah tumbuh, kualitas foto pun akan rusak serta wajib untuk terus dibersihkan.

Itulah tadi informasi yang dapat kami bagikan mengenai langkah mudah menjaga kebersihan lensa kamera yang tepat. Semoga bermanfaat.