Aplikasi edit foto masa kini tentu akan menghasilkan sebuah editan yang sangat indah dan cantik. Untuk melakukannya tentu tidak perlu pakai kamera, cukup persiapkan ponsel pintar yang sekarang ini dibekali spesifikasi kamera kelas atas. Selain membuatmu dapat mengedit foto sesuai keinginan, aplikasi foto terbaik yang masa kini tersebut menyediakan berbagai macam fitur edit foto menarik, dan unik.

Tapi, kadang aplikasi foto yang kamu mau harus berbayar agar dapat menikmati fitur-fitur menarik di aplikasi tersebut. Untuk kamu yang mau melakukannya tanpa perlu mengeluarkan banyak uang, ada banyak aplikasi edit foto gratis untuk ponsel android kamu. Dibawah ini adalah beberapa aplikasi foto gratis buat kamu yang mau jadi fotografer handal hanya lewat ponsel Android.

  • Aplikasi┬áVSCO

Siapa yang tidak tau dengan aplikasi edit photo. Aplikasi bikinan perusahaan asal Amerika Visual Supply Company ini telah didownload banyak orang di berbagai penjuru dunia. Di Google Play Store, ratingnya mencapai 4.6 dari 5. Jika mengunduh aplikasi edit foto kekinian ini dalam versi gratis, mungkin kamu tidak dapat mengakses semua fitur yang ada. Tapi, kamu sudah bisa untuk edit secara bagus dengan fitur gratisan. Seperti mengatur cahaya, warna, dan lain-lain.

Ada juga fitur jurnal yang bisa kamu gunakan untuk share karya ke pengguna VSCO lainnya. Hal ini sangat membantu buat dijadikan referensi kamu dalam dunia fotografi. VSCO menjadi andalan para pencinta phoneography yang mau mendapatkan hasil foto mengagumkan.

  • Aplikasi Picsart

Picsart juga dapat menjadi salah satu aplikasi edit foto kekinian gratis pilihan kamu. Picsart punya beragam fitur dan tool untuk mengedit foto sesuai keinginan kamu. Gak cuma itu aja, kamu juga dimungkinkan untuk menggabungkan beberapa foto menjadi satu frame di aplikasi tersebut. Ada juga fitur Draw, yang artinya kamu bisa mencorat-coret foto kamu untuk menjadi sebuah gambar yang unik dan sesuai selera. Tapi ingat jangan sampai malah memperburuk keindahan foto telah kamu ambil nantinya.

Fitur Sticker juga disediakan di aplikasi ini. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan untuk memotong foto kamu, dan dijadikan untuk sticker. Banyak juga efek dan clipart yang dapat kamu gunakan demi menceriakan hasil tangkapan kamu. Clipart-nya juga up to date sesuai momen-momen yang sedang terjadi saat ini. Kekurangannya dari aplikasi ini tidak dapat membagikan hasil karya ke media sosial secara bersamaan, jadi kamu harus simpan dulu di ponsel, terus upload ke media sosial pilihan kamu.

  • Aplikasi Prisma

Aplikasi untuk smartphone yang satu ini hadir pada tahun 2016. Pertamanya hanya berlaku untuk pengguna IOS saja, tetapi sebulan setelahnya muncul versi android yang bisa di download di Google Playstore. Berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, Prisma ini memungkinkan karya foto kamu menjadi sebuah karya animasi yang sangat menarik. Total ada 36 template efek yang bisa kamu pakai, sehingga kamu tidak perlu bekerja lebih keras untuk membuat fotomu tampil elegan. Dijamin semua efek-efek yang disediakan tidak akan mengecewakanmu.

Di Google Play Store sendiri, aplikasi edit foto Prisma ini memperoleh rating 4,7 dari 5. Rating tersebut berdasarkan penilaian lebih dari dua ribuan pengguna.

  • Aplikasi Snapseed

Aplikasi foto gratis yang terakhir ada Snapseed. Aplikasi yang kini telah berada di bawah payung Google ini juga tak kalah hebat jika dibandingkan VSCO. Secara keseluruhan, tidak ada yang berbeda antara Snapseed dan aplikasi VSCO. Kedua aplikasi macauindo ini punya fitur edit hampir mirip, seperti pengaturan cahaya, ketegasan warna, efek blur, dan lain nya. Dijamin foto kamu yang diambil dengan smartphone dapat berubah menjadi karya seperti fotografer handal. Tentunya harus disesuaikan dengan angle gambar yang baik pula.