Salah satu mata pelajaran yang sangat dirasakan menyeramkan bagi setiap murid yaitu pelajaran matematika. Mengapa bisa demikian ? Karena murid diharuskan  untuk tidak hanya memahami, tetapi juga menghafalkan semua jenis rumus yang memang kadang dapat membingungkan.

Namun, tahukah kamu bahwa terdapat cara mudah untuk menghafalkan rumus matematika? Terapkan saja beberapa tips di bawah ini.

  • Alihkan beberapa rumus matematika kedalam warna

Langkah yang pertama yaitu, coba kamu alihkan tiap rumus matematika ke dalam beberapa warna. Cara ini cukup ampuh untuk menghafalkan rumus yang simpel.

Misalnya seperti ini, kamu dapat mewarnai rumus volume balok dengan warna hijau, volume kubus dengan warna merah, luas segitiga pada warna biru, serta seterusnya. Kamu dapat memakai kertas berwarna untuk menuliskan rumus tertentu.

Mengapa cara ini sangat ampuh dilakukan? Karena manusia sebenarnya adalah sosok makhluk visual. Apalagi melihat warna-warna cerah, pikiran manusia jadi lebih santai. Saat pikiran relaks, maka kamu akan lebih mudah untuk tau akan rumus matematika. Kamu juga dapat menghiasi kamar dengan rumus matematika dengan pola warna yang kamu mau. Setiap kali masuk kamar, secara tidak langsung kamu pun dapat belajar rumus matematika.

  • Coba untuk bermain jenis game yang berkaitan dengan dunia matematika

Apakah kamu punya smartphone/ponsel pintar? Jika iya, ada baiknya kamu pakai untuk belajar matematika melalui games yang ada di playstore atau ios store.

Beragam jenis game yang ada kaitannya dengan matematika bisa kamu gunakan belajar sambil bermain. Ini salah satu cara yang terampuh untuk mengatasi kebosanan belajar rumus matematika. Dengan kerap bermain games tersebut, secara tidak langsung kamu akan sering berlatih memakai banyak rumus matematika.

  • Terapkan semua rumus matematika dalam kegiatan harian

Saat kalian sedang bersantai di dalam rumah dan melihat sebuah buku di meja. Cobalah untuk mengukur luas buku tersebut dengan memakai rumus matematika yang telah kamu pelajari. Contohnya, jika kamu sudah belajar mengenai volume berbagai bangun ruang, kamu dapat mencari tau ukuran dari volume bak mandi di rumah atau lemari di kamar. Inilah keuntungan dari tau akan rumus matematika.

  • Pastikan jika diri memang menyukai pelajaran matematika

Misalnya saja, kamu gemar http://159.65.63.172/ sekali dengan olahraga sepak bola. Saat ada pertandingan sepak bola, meski tempatnya jauh, kamu akan berusaha untuk menonton. Bahkan kaos sepak bola tim favorit biarpun itu mahal, pasti kamu beli. Ya kan?

Begitu pula dengan matematika. Jika kamu ingin tau dan menghafalkan rumusnya, kamu harus belajar menggemari pelajaran itu. Saat sudah menyukainya, kamu akan menyimpan pikiran baik terhadap pelajaran matematika sehingga menstimulasi untuk semangat saat mempelajarinya. Jika sudah berhasil memahami serta menghafalkan rumus ilmu pasti itu, cepat atau lambat kamu akan handal dalam pelajaran matematika.

  • Manfaatkan beberapa kata ganti pada rumus yang dirasa sulit

Untuk mempermudah saat menghafal rumus matematika, kamu dapat memakai beberapa kata ganti (kalimat) untuk mewakili rumus tertentu. Gunakan kalimat yang kerap gipakai dalam sehari-hari.

Cara ini juga berlaku untuk tau mengenai barisan angka. Contoh saat kamu menghafalkan 2143012200021, akan lebih mudah diingat saat memakai kalimat tanggal lahir atau angka favorit kalian.

Kalimat ini akan terdengar lebih dekat dan sederhana sehingga akan mempermudah kamu untuk mengingat. Cobalah untuk selalu memakai cara sederhana ini untuk belajar mengenai rumus matematika.

Jika kamu dapat menerapkan berbagai rumus matematika dalam kehidupan sehari-hari, kamu akan mengetahui kegunaannya. Kamu akan segera tau, ilmu pasti yang satu ini ternyata sangat ampuh untuk membangun segala benda di semua bidang dalam kehidupan manusia.