Bonsai merupakan salah satu bentuk seni tanaman menggunakan pohon yang ditaruh di wadah atau pot. Asal muasal bonsai dari budaya seni jepang, termasuk juga Cina, dan lanskap hidup miniatur Vietnam. Namun tradisi Jepang sudah dilakukan lebih dari seribu tahun lalu. Kata bonsai sering digunakan dalam bahasa Inggris sebagai istilah umum untuk semua pohon miniatur.

Tujuan membuat tanaman bonsai sebagai kontemplasi (tanaman hias) dan latihan mengembangkan keterampilan jiwa seni. Namun, sebaliknya dengan praktek budidaya tanaman lain, bonsai tidak dimaksudkan untuk produksi makanan atau obat. Sebaliknya, praktik bonsai berfokus pada budidaya jangka panjang dan membentuk satu atau lebih kecil pohon yang tumbuh dalam sebuah wadah.

Beberapa jenis judi bola online terbaik yaitu bonsai beringin, bonsai cemara udang, bonsai asam, bonsai pinus, bonsai jeruk, dan lain-lain. Namun sebelum itu ada beberapa criteria agar tanaman dapat dijadikan bonsai yaitu, tanaman harus memiliki akar dan batang yang keras, usia tanaman harus lama, memiliki bentuk yang indah secara alami, dan bisa diperlakukan dengan baik karena nanti nya tanaman akan diikat,  dipahat untuk dibentuk.

Pohon beringin kerap kali dibuat menjadi bonsai, karena tanaman ini memiliki keunggulan, seperti akar yang mudah dibentuk menjadi berbagai gaya, daunnya yang sangat rimbun, memiliki daya tahan tumbuhan yang dapat menyesuaikan diri dengan media tanam yang terbatas. Beringin disebut juga sebagai bonsai khas Indonesia. Salah satu contoh jenis tanaman beringin yang sangat indah dijadikan bonsai adalah beringin Filipina.

Tak kalah menarik dengan beringin, bonsai cemara udang sering dipamerkan pada kontes tanaman bonsai terbaik. Bakalan cemara udang juga bisa disebut sebagai bakalan bonsai yang baik. Bonsai ini sangat banyak diburu orang, karena bonggolnya yang besar dan bisa berlekuk-lekuk. Selain itu, Kayu yang keras membuat cemara udang sering diukir saat menjadi bonsai. Cemara udang juga tahan kekeringan dan serangan hama dan penyakit.

Untuk perawatan bonsai anda perlu penyiraman rutin, sesuai dengan kebutuhan spesies bonsai yang anda tanam, untuk tanah kering, lembab, atau basah. Untuk Komposisi tanah dan pemupukan harus khusus untuk kebutuhan masing-masing pohon bonsai. Terkahir lokasi dan iklim, beberapa bonsai juga membutuhkan kondisi cahaya yang berbeda untuk itu anda harus mengenal terlebih dahulu kebutuhan tanaman yang akan dijadikan bonsai.