Siapa tak terkesan dengan keindahan dinding kayu? Kayu juga ternyata dapat membuat suasana didalam bangunan menjadi lebih tentram dan sejuk. Namun awas. Pastikan dinding kayu Anda bebas dari serangan rayap! Wujudkan dinding kayu bebas rayap dengan kiat yang tepat.

Beberapa penelitian telah mengangkat topik mengenai persepsi manusia akan bahan kayu. Dari berbagai penelitian yang sudah dilakukan tersebut, umumnya ditemukan korelasi positif antara persepsi manusia dengan kayu yang hasilnya sangat baik. Secara general, orang lebih merasa positif dengan bahan kayu. Mereka menunjukkan respon yang lebih rendah ketika diberi paparan bahan lainnya seperti plastik dan logam. Bahkan karena sifatnya yang mampu memberikan kesan positif tersebut, pemakaian kayu dalam sebuah ruangan dianggap lebih baik untuk kesehatan manusia.

Apa yang membuat kayu spesial? Bukankah sekarang banyak bahan plastik yang bisa hadir dengan rupa ala kayu? Perlu diketahui bahwa penelitian tersebut juga menyebutkan, bahwa kayu dipersepsi baik bukan hanya karena rupa atau tampilannya saja. Tekstur kayu yang organik dan terasa lembut ketika disentuh, serta atmosfer khusus yang ia timbulkan, menjadi faktor pendukung yang membuat orang merasa lebih tentram dan nyaman dengan kayu. Hal inilah yang tak bisa ditemukan pada material seperti plastik. Tampilan dinding dari pelapis sintetis yang menyerupai kayu, bagaimanapun juga tak bisa menyamai tekstur khas kayu serta atmosfer yang mampu ia ciptakan.

Punya Dinding Kayu, Sebuah Kemewahan Tersendiri

Dengan pemaparan di atas, bisa dikatakan bahwa salah satu cara paling efektif untuk membuat ruangan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan, adalah dengan menggunakan bahan kayu. Apalagi untuk komponen dalam bangunan yang punya peran signifikan terhadap atmosfer ruangan tersebut. Dinding adalah elemen yang dimaksud.

Dibanding bagian ruangan lainnya, dinding merupakan bagian yang paling berpengaruh terhadap kesan yang dihadirkan oleh sebuah ruangan. Bagian ini adalah bagian yang pertama-tama dilihat orang dan memberikan kesan paling kuat.

Aplikasi dinding kayu, dengan demikian, bisa menjadi salah satu cara efektif menghasilkan ruangan yang lebih baik. Ruangan akan dipersepsi lebih nyaman, natural, organik, dan juga menyehatkan. Tetapi, keindahan dan kenyamanan yang diberikan dinding kayu itu bukannya tanpa kekurangan. Salah satu kekurangan dinding ini adalah biaya untuk mendapatkannya yang begitu mahal. Bisa dikatakan, memiliki dinding kayu adalah sebuah kemewahan yang patut disyukuri.

Mengatasi Rayap Dengan Pengawetan Menggunakan BioCide

Ada beberapa metode yang bisa diterapkan untuk mencegah sekaligus membasmi rayap yang hadir di dinding. Kita akan mulai dulu dengan treatment pencegahan. Treatment pencegahan pada dinding berbahan kayu bisa dilakukan dengan mengaplikasikan insektisida anti rayap pada material kayu yang digunakan. Prinsipnya:

  1. Kayu diresapi dengan obat anti rayap sebelum difinish
  2. Kayu menjadi toksik atau beracun bagi rayap
  3. Rayap akan menghindari kayu atau bahkan mati ketika memakan substrat kayu

Prinsip ini sangat sederhana dan biasanya sudah diketahui dan diaplikasikan oleh pihak pemasang dan penyedia dinding. Namun masalahnya, seringkali insektisida yang mereka gunakan kurang bagus. Sehingga, kayu yang menjadi kurang toksik bagi rayap dan serangan rayap pun akan terjadi lebih cepat.

Treatment kedua untuk menciptakan dinding kayu bebas rayap adalah treatment pembasmian. Treatment ini lebih sulit dibanding treatment pencegahan. Apalagi bila serangan rayap sudah terjadi sampai di bagian dalam dinding. Caranya sederhana. Anda hanya perlu menggunakan insektisida anti rayap pada sarang rayap dan koloni serangga itu. Meski sederhana, metodenya bisa begitu rumit. Bukan tak mungkin Anda harus melepas beberapa bagian dinding. Karena itulah, kami sarankan untuk mengaplikasikan treatment pencegahan sebelum dinding difinish dan dipasan. Inspeksi secara rutin juga harus dilakukan.

Sumber: Jasa Anti Rayap