Pernahkah anda mendengar kue awuk-awuk? Bukankah terasa asing ditelinga? Ya, memang kue ini merupakan makanan khas Jawa Tengah. Bagi anda yang tinggal di daerah Jawa Tengah tentu sudah tidak asing dengan kue awuk awuk ini. Jajanan tradisional ini sangat popular di kalangan masyarakat, bukan hanya di Jawa Tengah saja tetapi kue awuk-awuk ini juga banyak digemari oleh kalangan masyarakat di luar Jawa. Karna testurnya yang lembut, rasa yang manis dan juga gurih dari parutan kelapanya membuat setiap orang yang menyatapnya ketagihan.

Namun sayang sekali, di zaman yang sekarang kue awuk-awuk ini susah untuk dicari dan jarang diperjualkan. Kebanyakan orang saat ini, membuat kue awuk-awuk hanya untuk acara-acara khusus saja. Kue yang berbahan dasar dari tepung ketan, kelapa parut dan gula pasir ternyata tidak begitu sulit saat membuatnya.

Bagi anda yang ingin memperkenalkan kembali kue awuk-awuk kepada saudara jauh atau anak dan cucu, ternyata anda juga dapat membuat kue awuk-awuk ini sendiri dirumah. Yang tentunya lebih lezat, manis, dan sehat tanpa bahan kimia lainya.

Nah, yuk langsung saja simak cara dan langkah-langkah membuat kue awuk-awuk berikut :

Bahan-Bahan Pembuatan :

  • 500 gram tepung ketan
  • 1 butir kelapa setengah tua diparut
  • 225 gram gula jawa ( anda dapat gunakan gula pasir )
  • 1 sdt garam
  • Pewarna makanan merah secukupnya
  • Daun pisang secukupnya

Langkah-Langkah Pembuatan Kue Awuk-Awuk :

  1. Campur beberapa bahan yaitu tepung ketan, kelapa parut, gula, dan garam menjadi satu adonan.
  2. Silahkan bagi menjadi dua adonan tadi, 1/3 adonan diberi warna merah, 2/3 tetap warna putih. Aduk rata masing-masing adonan.
  3. Masukan adonan putih di atas loyang yang telah diolesi minyak dan dialasi daun pisang.
  4. Ratakan adonan setebal 3 cm.
  5. Kemudian, tambahkan adonan merah di atasnya dan ratakan.
  6. Kukus selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang, kemudian potong-potong sesuai selera.
  7. Sajikan selagi hangat.

Bagaimana sudah siapkah anda untuk mempraktikan Resep Unik, Awuk-Awuk Khas Jawa Jawa Tengah? Jika anda butuh resep untuk membuat kue lainnya silahkan menuju situs terkemuka dari sri boga di situs inspirasi baking