Sudah mau membuat sebuah website, tapi pas melihat situs hosting tiba-tiba jadi pusing dengan banyaknya jenis hosting yang beredar? Tenang, bukan hanya Anda sendiri. Banyak pemula yang merasa pusing dengan banyaknya pilihan hosting yang saat ini sudah beredar. Mulai dari cloud, dedicated, vps, managed, hingga beberapa istilah lainnya.

Kebingungan tidak hanya disitu saja, didalam setiap pilihan paket hosting ada lagi istilah teknis yang sangat bikin bingung untuk orang awam seperti bandwidth, DNS, SSL, GB, SQL, dan seterusnya.

Semua punya spek dan kelebihannya masing masing. Semakin website dan bisnis anda berkembang, pastinya anda perlu paket hosting yang lebih kuat dan bertenaga. Maka dari itu, mari kita bahas jenis paket hosting yang sering ditawarkan oleh para penyedia jasa hosting di dunia.

Mari kita simak bersama-sama.

  • Web Hosting : Reseller Hosting

Reseller web hosting biasanya yaitu shared hosting, yang dilengkapi beberapa software tambahan supaya anda bisa menjual lagi paket hosting itu. Anda bisa mengatur lebih banyak aspek teknis di reseller hosting (biasanya dengan Web Host Manager / WHM). Paket reseller juga memberikan software pembayaran untuk mengampangkan transaksi dengan klien anda.

  • Web Hosting : Virtual Private Server

VPS membagi satu server ke server lainnya (seperti shared), tapi ia seperti satu server sendiri. Anggap satu mesin server punya power sebesar 4. Jika di shared hosting, orang lain bisa memakai 3 dan anda dapat sisanya yaitu 1. Nah kalau di VPS, anda akan mendapat resource yang sudah ditentukan pada awalnya, contoh : sebesar 2. Tetangga di server yang sama tidak dapat menganggu resource anda, sehingga apapun yang terjadi, anda tetap punya 2, tidak akan mengalami penurunan. Harga untuk VPS ada pada kisaran 500ribu hingga 2juta perbulan.

  • Web Hosting : Dedicated Server

Saat anda punya paket hosting dedicated, artinya anda menyewa satu mesin server secara utuh. Anda dapat punya kontrol penuh (disebut “root” di Linux) kalau mau. Dengan dedicated server, anda tidak perlu cemas dengan tetangga satu server yang merusak atau mengurangi kekuatan website anda. Dedicated server adalah level tertinggi dari paket hosting di pasaran luas.

  • Web Hosting : Shared Hosting

Shared yaitu dipakai bersama. Di layanan hosting jenis ini, website anda disave didalam server yang dipakai rame-rame oleh website lain, alias satu mesin untuk bersama. Keuntungan dari paket hosting yang satu ini yakni harga yang murah. Tentu saja harganya murah karena anda saling share dengan orang lain. Untuk server internasional jenis ini, kisaran harganya yakni 50ribu sampai 100ribu rupiah perbulan. Kekurangan utama dari shared hosting adalah, performa server ini ditentukan oleh website lain yang ikutan juga  numpang di server ent22id itu.

  • Web Hosting : Cloud Based Hosting

Cloud hosting ini terbilang masih baru. Teknologi cloud ini memungkinkan ratusan server untuk bekerja bersama sehingga berperan layaknya satu server besar. Tujuan dari cloud hosting ini adalah, saat kebutuhan bertambah, si perusahaan tinggal menambah server lain ke jaringannya. Keuntungan paling menonjol dari cloud hosting yaitu, penyedia server dapat mengatur lonjakan traffic yang mengampiri ke website anda, daripada mematikan website anda karena pemakaian resource yang over.

Jika website anda mulai besar, dan sedang menanjak popularitasnya, maka hosting jenis ini cocok. Kisaran harga untuk cloud based web hosting ini tergantung besar pemakaian. Simpelnya kalau website sedang sepi, anda bayar sangat minim. Jika website ramai, maka Anda harus membayar mahal.