Koperasi merupakan suatu badan hukum yang dibangun berdasarkan asas kekeluargaan dengan tujuan guna mewujudkan kesejahteraan para anggotanya. Koperasi dibangun dengan prinsip utama meningkatkan gerakan ekonomi kerakyatan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan sedikit mengulas seputar Koperasi. Hal ini kami sampaikan dalam bentuk artikel ini, sebab pada dasarnya telah mulai memudar generasi muda yang mengetahui bagaimana dan seluk beluk koperasi. Diibawah ini beberapa jenis koperasi yang bisa kalian pahami:

  • Pengertian Koperasi Secara Umum

Pengertian koperasi secara luas merupakan sebagai sebuah badan ekonomi yang dimiliki dan dijalankan oleh anggota masyarakat, tujuannya guna memenuhi kepentingan bersama didalam bidang ekonomi dan yang lainnya.

Kepentingan koperasi merupakan untuk mensejahterakan anggotanya dalam wijud prinsip-prinsip ekonomi yang sangat sederhana. Koperasi memberi kesempatan kepada para anggota untuk membeli barang dengan cara mengangsur. Bahkan juga bisa meminjam dana untuk keperluan tertentu anggota.

  • Jenis Koperasi Produsen

Jenis koperasi berikutnya yakni koperasi produsen diperuntukkan untuk memproduksi barang dan jasa. Koperasi produsen biasanya akan menjadikan masyarakat sekitar untuk memproduksi sesuatu. Hasil produksi kemudian dijual kepada masyarakat banyak.

Hasil produksi itu dapat berupa susu, madu, atau hasil panen warga sekitar dan lain sebagainya. Selain itu, mereka juga bisa mengadakan beberapa bahan produksi untuk orang lain misalnya baha membuat kue dan lain sebagainya.

Koperasi produsen mengadakan barang dan jasa atau bahan baku agar anggotanya dapat membeli bahan yang lebih murah dari lokasi lain. Kemudian pada saat hasil produksi dapat dijual, mereka bisa memperoleh untung yang lebih besar dari harga produksinya.

  • Jenis Koperasi Konsumen

Koperasi konsumen mengadakan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan konsumen. Mereka menjual keperluan harian untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Oleh karenanya, toko milik koperasi khusus nampak seperti toko.

Harga barang di dalam toko koperasi bisanya akan lebih cenderung pada lebih murah daripada toko yang lain. Hal itu dimaksudkan agar semua anggota bisa membelinya dan harga yang terjangkau.

  • Jenis Koperasi Simpan Pinjam

Keberadaan koperasi simpan pinjam sudah disebutkan sebelumnya. Kegunaan dari koperasi simpan pinjam adalah sebagai sarana memfasilitasi anggota yang membutuhkan dana mendesak. Koperasi ini mempermudah keuangan anggota dengan bunga kembali yang rendah, sehingga tidak membebani.

  • Jenis Koperasi Jasa

Jenis koperasi berikutnya yakni koperasi jasa yang mempunyai tujuan untuk menyediakan jasa bagi masyarakat sekitar. Koperasi jasa diadakan untuk konsumen dalam bentuk pelayanan untuk anggotanya. Koperasi jasa bisa berupa jasa angkutan, jasa asuransi, jasa perawatan. Semua itu diadakan untuk mempermudah anggota memenuhi kebutuhannya.

  • Jenis Koperasi Serba

Usaha Koperasi berikutnya yakni koperasi serba usaha. Koperasi ini mengadakan layanan dan barang sekaligus simpan pinjam. Koperasi ini mengadakan barang-barang keperluan harian, seperti toko kelontong, namun juga mengadakan jasa tertentu sampai dengan layanan simpan pinjam dengan bunga rendah untuk anggotanya.

  • Landasan Hukum Koperasi

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, kalau Koperasi berjalan berlandaskan pada UUD 45 yang berarti juga berlandaskan pada pancasila sebagai dasar negara. Koperasi berjalan atas asa Pancasila dan UUD 45 yang tersirat dalam setiap tujuan dan jenis koperasi.

Hal itu juga nampak pada aturan yang dimaksud pada setiap koperasi yang pasti mencantumkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan UUD 45. Salah satunya seperti prinsip gotong royong, kekeluargaan, dan kerakyatan. Yang ketiganya telah tercantum dalam sila ketiga, keempat, dan juga kelima dalam Pacasila.

 

Sumber: Kampus swasta terbaik di Sumut