Membuat Alarm di Terminal Linux

Salam opensource,
Pengguna Linux itu tidak pernah kehabisan akal untuk melakukan sesuatu hal yang aneh.

Lagi asyik ngoding, sudah larut malam, ngantuk, butuh alarm utk bangun pagi tapi ga ada alarm? (pengalaman penulis). Bikin alarm sendiri di terminal. Membuat alarm sederhana menggunakan terminal sangatlah mudah. Sebelumnya, pastikan kamu punya vlc media player (pengguna linux mana yang ga punya vlc?, harus punya).
Trik ini sangat sederhana hanya dengan memanfaatkan bash linux. Kodenya sebagai berikut :

#!/bin/bash
echo 
echo
echo "-------------------------------"
echo -n " Alarm diatur pukul : "
echo $@
echo "-------------------------------"

until [[ "$@" = `date +"%T"` ]] 
do
        true;
done
`cvlc ~/Music/LinkinParkNewDivide.mp3`

simpan dengan nama alarm.sh

Perhatikan $@ adalah line argument ketika file bash ini di eksekusi, misal ./alarm.sh “05:44:22″ yang menjadi line argument adalah 05:44:22 dalam bentuk string.
`date +”%T”` adalah perintah yang merupakan fungsi bawaan pada terminal Linux yang mengembalikan nilai waktu (jam:menit:detik).
Misalnya saat ini di komputer kamu pukul 22:12:43 , maka jika perintah `date +”%T”` dieksekusi di terminal akan mencetak 22:12:43 .
Maka dapat diartikan perulangan until terus dilakukan hingga jam di komputer kamu sama dengan argumen yang kamu berikan, dimana argumen ini adalah jam alarm yang telah kamu tentukan.
Ketika perulangan until berhenti maka akan dijalankan perintah selanjutnya yaitu memutar musik mp3 menggunakan console vlc (cvlc) sesuai dengan lagu yang kamu tentukan.
`cvlv ~/Music/LinkinParkNewDivide.mp3` adalah perintah memainkan mp3 yang beralamat di ~/Music/LinkinParkNewDivide.mp3 kamu dapat menggantinya sesuai keinginan kamu.

Penggunaannya cukup mudah, cukup lakukan eksekusi di terminal dengan argumen sebagai jam alarm berbunyi yang diinginkan, misalnya :
./alarm.sh “05:00:00″
artinya alarm akan berbunyi pada pukul 5 pagi (format waktu jam:menit:detik).
Setelah itu biarkan saja terminal hidup terus tinggal menunggu alarm berbunyi

Sedikit improvisasi mungkin bermanfaat.

This entry was posted in Kampusku and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *