Apa itu Wawancara dan Jenis Wawancara

Sehubungan dengan hal ini, izinkan kami membantu Anda memahami jenis-jenis wawancara, yang akan membantu Anda berlatih sesuai dan berkinerja terbaik dalam wawancara mendatang.

1. Wawancara Formal dan Informal:

Wawancara formal adalah wawancara yang direncanakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan disiapkan terlebih dahulu, dan waktu, tanggal, tempat, aturan berpakaian, semuanya diputuskan sebelum wawancara.
Sedangkan wawancara informal tidak direncanakan dengan baik dan pertanyaannya acak dan umum. Komunikasi antara keduanya juga santai dibandingkan dengan wawancara formal.

2. Wawancara Sekuensial dan Panel:

Wawancara berurutan terdiri dari beberapa wawancara. Di sini, dalam jenis wawancara ini, serangkaian pertanyaan yang sama ditanyakan berulang kali oleh beberapa pewawancara untuk memeriksa apakah orang yang diwawancarai menjawab dengan cara yang sama atau tidak.
Dan dalam Wawancara Panel, beberapa pewawancara duduk untuk mengajukan pertanyaan kepada orang yang diwawancarai. Jenis wawancara ini terutama terdiri dari Sektor Publik.

3. Wawancara Kelompok:

Wawancara Kelompok adalah di mana banyak orang yang diwawancarai berpartisipasi dalam wawancara. Biasanya, ini disebut sebagai kumpulan pelamar dan itu terjadi selama penempatan perguruan tinggi atau universitas. Dalam wawancara kelompok, banyak orang yang diwawancarai dievaluasi dan sedikit yang dipilih di antara semuanya.

4. Wawancara Situasional:

Dalam wawancara semacam ini, situasi atau masalah disimpan di depan orang yang diwawancarai dan pewawancara bertanya kepada mereka bagaimana mereka akan menghadapinya dan apa solusi untuk itu. Melalui wawancara ini, mereka mengevaluasi seberapa baik mereka akan mengelola masalah dalam suatu organisasi dan seberapa proaktif mereka dalam mengambil keputusan dalam situasi seperti itu.

wawancara telepon atau panggilan video5] Wawancara Telepon atau Panggilan Video:
Wawancara ini akan dilakukan melalui Telepon (Telephonic round) atau Video Call. Dalam pandemi saat ini, kita telah menyaksikan bagaimana pewawancara dilakukan melalui panggilan video. Dan jenis wawancara ini sebagian besar difokuskan selama situasi covid-19.

Ini adalah beberapa dan jenis wawancara yang paling umum yang terjadi di organisasi dan perusahaan untuk menguji dan mengevaluasi orang yang diwawancarai dan memenuhi kebutuhan dan persyaratan organisasi.

This entry was posted in Wawancara. Bookmark the permalink.

Leave a Reply