Anggaran dalam Management Bisnis

Anggaran dan perencanaan

Anggaran sangat penting untuk membuat keputusan manajemen. Tekanan ekonomi dan sosial, peraturan dan pengawasan pemerintah serta perubahan pasar berdampak pada kelangsungan ekonomi sebagian besar bisnis. Anggaran digunakan untuk memeriksa operasi saat ini serta mencari alternatif.

Ada berbagai macam anggaran. Jenis anggaran termasuk kehidupan keluarga, operasi bisnis serta pemerintah. Hampir setiap orang memiliki pengetahuan tentang penganggaran dan sadar bahwa mereka menunjukkan pendapatan dan pengeluaran yang diantisipasi dari unit yang dianggarkan.

Anggaran perusahaan

Anggaran perusahaan mencantumkan input yang dibutuhkan serta biayanya. Anggaran ini juga menunjukkan proyeksi harga dan jumlah output. Biaya dan pendapatan ini digabungkan dalam memperkirakan pengembalian bersih ke perusahaan yang memberikan data dasar yang diperlukan untuk perencanaan. Saat membandingkan alternatif, penting juga untuk mempertimbangkan risiko yang terkait dengan perubahan, sumber modal untuk perubahan, efek perubahan pada manajemen, dan bagaimana pembayaran perubahan berdampak pada arus kas ke bisnis.

Anggaran sebagian

Banyak manajer menggunakan penganggaran parsial tanpa mengetahui namanya. Anggaran parsial digunakan dalam mengevaluasi dampak dari perubahan/penyesuaian yang diusulkan yang memungkinkan manajer untuk membuat keputusan yang objektif mengenai perubahan ini. Anggaran parsial relatif sederhana. Pertama, kenaikan pendapatan dan penurunan pengeluaran dicatat dan dijumlahkan. Kemudian penurunan pendapatan dan peningkatan pengeluaran dicatat dan dijumlahkan. Kurangi efek negatif (langkah ke-2) dari efek positif (langkah ke-1) dan Anda mendapatkan perkiraan kerugian/keuntungan dari perubahan yang diusulkan.

Biasanya, jika hasil perubahan adalah pendapatan negatif, perubahan tersebut diabaikan. Pengecualian untuk ini adalah ketika peraturan atau undang-undang membutuhkan perubahan. Dalam anggaran parsial, pertimbangannya hanya untuk item pendapatan dan pengeluaran dalam kendali bisnis. Tidak ada pertimbangan eksternal yang dipertimbangkan.

Anggaran tahunan

Anggaran tahunan tidak digunakan untuk mengevaluasi perubahan dalam bisnis. Anggaran tahunan dirancang sebagai pedoman perencanaan untuk tahun berikutnya. Ini terutama merupakan perkiraan tahunan pengeluaran dan penerimaan. Anggaran tahunan dengan detail yang memadai merupakan sumber data yang ideal untuk proyeksi arus kas.

Manajer bisnis menemukan anggaran tahunan berguna:

  • Jika estimasi pendapatan tidak mencukupi dengan memungkinkan penyesuaian untuk meningkatkan pendapatan.
  • Mengetahui tanaman apa yang akan ditanam di setiap ladang membantu pembelian benih dan pupuk.
  • Memiliki perkiraan jenis dan jumlah ternak yang memungkinkan sebagai perkiraan kebutuhan pakan.
  • Dengan menentukan kebutuhan sebelumnya, negosiasi lebih tepat ketika mengamankan masukan dan bahan.
  • Kebutuhan peralatan dan penyimpanan dapat diatasi.
  • Operasi bisnis dapat dijadwalkan untuk mendorong peningkatan efisiensi.
  • Kredit bisa diatur.

Anggaran tahunan disiapkan dengan bantuan catatan tahun sebelumnya. Catatan yang andal dikombinasikan dengan rencana operasi tahunan memungkinkan estimasi pendapatan tahunan yang akurat. Maksimalisasi laba operasional jangka panjang dapat dilaksanakan dengan tertib. Anggaran tahunan juga membantu manajer mengukur kemajuan menuju tujuan tertentu. Anggaran lengkap

Anggaran lengkap

Anggaran lengkap adalah alat komprehensif yang digunakan untuk mengembangkan rencana bisnis jangka panjang. Anggaran ini mencakup semua aspek bisnis termasuk biaya tetap dan variabel. Penilai bisnis dan manajer yang efektif menggunakan alat ini untuk menghitung kapasitas pendapatan bisnis.

Anggaran lengkap menyatukan semua informasi yang menunjukkan sumber daya yang tersedia, nilai modal yang ada, biaya tetap dan variabel. Ini menunjukkan produksi tanaman dan ternak. Setiap investasi modal baru dan pengembalian kas bersih serta pengembalian ke manajer dan pemilik juga dicatat dalam anggaran lengkap.

This entry was posted in Manajemen Bisnis. Bookmark the permalink.

Leave a Reply