Kemenangan Mahasiswa ITB di Brawijaya Geophysical Festival 2015

BANDUNG, itb.ac.id – Mahasiswa ITB kembali meraih prestasi pada perlombaan tingkat nasional. Perlombaan tersebut adalah rangkaian acara dari “Geophysical Festival 2015” yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya pada Rabu (11/11/15) hingga Sabtu (14/11/15) lalu. Mengusung tema “Petrolem Geothermal: Sustainable Energy for Indonesia”, festival yang merupakan acara tahunan ini terdiri dari tiga rangkaian acara, yaitu kontes foto sebagai pra acara, Seismic Interpretation Challenge & Essay Competition, Seminar Nasional, dan Fun Trip sebagai inti acara, serta Gala Dinner dan Malam Penghargaan sebagai pasca acara.

Setelah melewati tahapan yang cukup panjang, dua tim dari ITB mendapatkan gelar juara pada Seismic Interpretation Challenge. Juara 1 diraih oleh tim yang beranggotakan Kadek Hendrawan Palagunadi, Atin Nur Aulia, dan Dias Pramukusima, sedangkan juara 2 diraih oleh tim yang beranggotakan Irfan Aulia, Putri Rafika Dewi, dan Ridho Nanda Pratama. Semua anggota dari kedua tim tersebut adalah mahasiswa jurusan Teknik Geofisika tahun 2012. Tahap awal yang harus diikuti adalah pembuatan video interpretasi data seismik. Setelah lolos sebagai 10 tim terbaik, kedua tim tersebut melanjutkan ke babak final untuk melakukan pengolahan data lanjutan serta melakukan presentasi kepada dewan juri. Lomba yang menerapkan konsep interpretasi data eksplorasi seismik ini dapat diikuti oleh mahasiswa D3 atau S1 secara beregu. Di ITB sendiri, konsep tersebut dipelajari di mata kuliah Interpretasi Data Seismik yang diberikan kepada mahasiswa Teknik Geofisika tingkat 4.

Tidak hanya itu, Essay Competiton yang bertemakan “Geothermal as Sustainable Energy for Indonesia” pun dimenangkan oleh dua orang dari Teknik Geofisika 2012. Juara 1 diraih oleh Yuzar Aryadi bin Delmizar, sedangkan juara 2 diraih oleh Extivonus Kiki Fransiskus.

Atin, salah satu pemenang pada Seismic Interpretation Challege, memaparkan bahwa seismik merupakan metode yang paling populer sebagai alat untuk mendeteksi keberadaan minyak dan gas bumi. Setelah memenangkan perlombaan tersebut, Atin semakin tertantang untuk mempelajari metode seismik lebih dalam.