2 Tips Mudah Agar Motor Matic Irit BBM

Seputar Kata – Beberapa pengguna motor Yamaha NMAX mengeluh, jika motor yang digunakan ini boros Bahan Bakar Minyak (BBM). Maka dari itu, agar NMAX irit BBM, Sobat wajib tahu beberapa tips penting yang harus dijaga dan dilakukan saat mengendarai motor skutik gede sejuta umat ini. NMAX merupakan salah satu motor matic dengan kapasitas mesin cukup besar yaitu 155 cc. Jadi untuk konsumsi bahan bakar Nmax tentu lebih besar dibandingkan motor 110 cc, apalagi jika dipengaruhi banyak faktor lainnya.

Tips agar Motor Matic Irit BBM

Beberapa cara menghemat bbm motor matic dan hal penting diperhatikan, dijaga dan dilakukan saat mengendarai skutik gede Yamaha ini, antara lain sebagai berikut:

1. Kondisi Motor Prima dan Tidak Bermasalah

Sebelum Anda menggunakan motor NMAX terutama untuk perjalanan jauh, maka sebaiknya cek kondisi motor terlebih dahulu. Karena jika motor tidak dalam kondisi prima, hal ini bisa menjadi penyebab Nmax boros.
Supaya motor selalu dalam kondisi prima, maka sebaiknya lakukan service secara rutin di bengkel resmi. Selain itu, pemilik motor juga harus memperhatikan berbagai komponen penting yang berpengaruh pada kehematan bahan bakar, yaitu:

    • Ban – Kondisi ban harus dipastikan baik, tekanan udaranya sesuai anjuran pabrikan untuk pengendaraan yang hemat dan aman.
    • Oli – Oli mesin dan oli transmisi harus diganti secara berkala sesuai anjuran pabrikan dan sebaiknya di bengkel resmi. Oli sangat berpengaruh pada kehematan bahan bakar, karena oli yang sudah tidak baik akan membuat mesin lebih cepat panas dan pembakaran tidak sempurna.
    • Filter udara – udara adalah komponen pembakaran yang penting, sehingga fungsi dan kondisi filter udara sangatlah penting bagi sempurnanya pembakaran bbm di mesin, yang pada akhirnya berpengaruh pada keiritan konsumsi bbm.
    • Busi – Komponen pembakaran lainnya yang penting adalah sumber api, dimana busi adalah komponen utama pengapian. Sebaiknya ganti busi sesuai rentang waktu yang dianjurkan pabrikan.
    • V-Belt – belt adalah komponen yang menyalurkan tenaga dari mesin ke roda penggerak motor, jika komponen ini sudah selip atau sudah lewat dari usia pakai seharusnya, maka akan menyebabkan banyaknya energi yang terbuang percuma. Sehingga sebaiknya jika motor Nmax Anda sudah berumur, mintalah pihak bengkel memeriksa apakah v-belt sudah harus diganti atau belum.

2. Gaya Berkendara (Riding-style)

Hal yang paling penting dalam mendapatkan keiritan bahan bakar adalah cara berkendara yang benar. Ini adalah hal pokok yang menjadi penentu utama apakah motor akan boros atau irit BBM.

Cara berkendara yang harus dihindari dalam usaha menghemat BBM adalah berkendara secara agresif. Karena riding-style agresif banyak membuang-buang energi jadi sia-sia.

Baca juga artikel ini : 

Motor yang berbobot berat memerlukan energi besar untuk bergerak secara instan dalam waktu cepat. Alhasil, mesin motor harus membakar lebih banyak BBM.

Itulah tips Travel Blogger Indonesia yang bisa kami sampaikan kali ini, semoga bisa membantu teman-teman yang memiliki motor matic, namun merasakan adanya konsumsi bbm yang berlebihan.

Tags: ,

Leave a Reply