5 Manfaat Daun Kelor Dari Testimoni Mosehat Untuk Kesehatan

Seputar Kata – Tahukah kamu? Berdasarkan sebuah hasil studi, daun kelor mampu mencegah berbagai penyakit. Hal itu dikarenakan Daun kelor memiliki kandungan banyak nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh manusia.

Kandungan daun kelor tersebut diantaranya meliputi semua unsur asam amino essensial yang sangat penting, berikut unsur amino yang dimaksud.

  • Unsur argine,
  • histidine,
  • Isoleucine,
  • Leusine,
  • Lysine,
  • Methionine,
  • Phenylalinine,
  • Threonine,
  • Tryptophan, dan
  • Valine.

Tidak hanya itu, daun kelor juga ternyata menyimpan kandungan protein, lemak, beta carotene (vitamin A), thiamin (vitamin B1), riboflavin (B2), niacin (B3), vitamin C, kalsium, karbohidrat, tembaga, serat, zat besi, magnesium, dan fosfor.

Apa Saja Manfaat Daun Kelor di Mosehat Untuk Kesehatan?

Sering Disebut Pohon Ajaib, Ini 5 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh - Semua Halaman - Bolastylo.bolasport.com

Perlu diketahui juga, bahwa Daun kelor segar akan semakin baik dikonsumsi setelah dikeringkan dan dihaluskan karena semua nutrisi yang dikandungnya akan mengalami peningkatan kecuali vitamin C. Nah berikut beberapa manfaat dari Daun Kelor untuk kesehatan.

1. Mencegah diabetes

Berdasarkan sebuah penelitian, daun kelor mampu menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi komplikasi terkait penyakit diabetes. Dari hasil uji klinis pada tahun 2016 silam, daun kelor juga dapat meningkatkan produksi insulin sehingga dapat membantu mencegah diabetes.

Dalam penelitian tersebut, 4 gram daun kelor terbukti bisa meningkatkan sirkulasi insulin dan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Dari hasil penelitian yang sama menemukan bahwa daun kelor tidak berdampak signifikan pada gula darah subjek yang tidak menderita diabetes.

Menurut sebuah studi tahun 2012 yakni Journal of Diabetes, manfaat daun kelor diyakini tidak hanya terdapat pada daunnya saja. Ekstrak buah kelor juga terbukti dapat membantu mengatasi diabetes.

2. Mencegah penyakit kardiovaskular

Manfaat daun kelor untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu mencegah penyakit kardiovaskular. Tanaman ini diyakini mampu membantu meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol.

Penyakit kardiovaskular (CVD) adalah istilah bagi serangkaian gangguan yang menyerang jantung dan pembuluh darah, termasuk penyakit jantung koroner (CHD), penyakit serebrovaskular, hipertensi (tekanan darah tinggi)

Biji kelor juga dimanfaatkan sejak dulu untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi jantung. Sebuah studi tahun 2017 terhadap subjek tikus, misalnya, menemukan bahwa biji kelor mampu melindungi dari penyakit jantung dan dapat mengobati tekanan darah tinggi.

Baca juga : Inspirasi Dekorasi Dengan Marmer Tulungagung

Meski penelitian baru dilakukan terhadap objek hewan, namun daun kelor juga berpotensi mengurangi peradangan terkait stres oksidatif dan relaksasi arteri untuk memperlancar aliran darah.

3. Mengurangi peradangan

Bersumber dari Healthline melalui KOMPAS.com, beberapa penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan menunjukkan bahwa isothiocyanate yang terkandung dalam daun, polong, dan biji kelor adalah senyawa anti-peradangan utama.

Namun, sejauh ini penelitian baru dilakukan pada hewan dan tabung reaksi. Perlu penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas anti-peradangan pada manusia.

Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera.

Meskipun begitu, kondisi ini juga bisa menimbulkan masalah jika terus berlanjut dalam waktu lama. Peradangan berkelanjutan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker.

4. Menurunkan kolesterol

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, daun kelor diyakini mampu membantu menurunkan kolesterol. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh biasanya terkait dengan peningkatan risiko sejumlah penyakit, termasuk penyakit jantung.

5. Menyehatkan mata

Menurut dokter dan herbalis dari Tangerang Selatan, dr Prapti Utami dalam buku “Daun Kelor: Antidiabetes, Sahabat Mata, Pelindung Ginjal” yang ditulis oleh Redaksi Trubus (2019), daun kelor kering mengandung vitamin A 10 kali lebih banyak dari wortel.

Kesimpulan

Setiap tanaman yang diciptakan di dunia ini tentunya memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda-beda. Tak terkecuali Daun Kelor, sebuah tanaman yang memang sudah digunakan sejak dahulu kala untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Daun kelor melalui Testimoni Mosehat sudah banyak dibuktikan oleh banyak orang yang ingin sembuh dari penyakitnya.

Tags: ,

Leave a Reply