Meneliti Dan Melihat Lengkap Tentang Teknologi Canggih Yang Ada Di Ajang Sea Games Jakarta Palembang

Meskipun Asian Games 2018 yang telah diselenggarakan di Indonesia telah usai, tetap saja masih banyak hal yang bisa dikupas tuntas, salah satunya teknologi-teknologi yang digunakan selama acara ini berlangsung. Mungkin belum banyak yang paham jika negara kita menggunakan teknologi canggih untuk menjalankan semua perlombaan dan kegiatan selama Asian Games 2018 kemarin.

Teknologi-teknologi itu disiapkan oleh pemerintah agar para penonton dan negara peserta bisa menikmati perlombaannya dengan seru dan aman. Penasaran ada teknologi apa yang waktu lalu digunakan pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018? Berikut ulasannya :

  • Koneksi Jaringan Internet 5G

Teknologi yang dihardirkan oleh pihak Telkomsel ini menjadi salah satu teknologi yang sangat banyak dicari oleh para konsumennya. Bagaimana tidak? Kecepatan berinternet yang menggunakan teknologi 5G membuat siapa pun penggunanya dapat menikmati waktu berselancar di dunia internet dengan kecepatan super tanpa adanya lag atau buffering ketika menonton Youtube. Anda yang memakai teknologi bisa menonton pertandingan Asian Games 2018 tanpa ada hambatan. Selama berlangsungnya perlombaan, Telkomsel menyebarkan beberapa titik di ibukota sebanyak 175 titik, sehingga masyarakat dapat menikmatinya.

  • CCTV dengan Kualitas Yang Sangat Canggih

Untuk memantau keamanan di jalan raya, tidak lupa juga pemerintah Indonesia menggunakan CCTV di Jakarta dan Palembang. Tapi tidak sembarang CCTV yang digunakan, karena menggunakan kualiatas yang sangat bagus, yaitu kamera yang memiliki resolusi mumpuni, 7K dan terdapat fitur sensor wajah. Jadi, kalau ada pihak kriminal yang ingin mengacaukan jalannya Asian Games 2018, dapat langsung diketahui pelakunya.

  • Kamera Hawk Eye, Kamera Yang Digunakan Pada Ajang Badminton

Jika Anda menonton pertandingan badminton, pasti Anda akan diberi highlight saat kok keluar garis atau masih di dalam garis untuk agen bonusqq membuktikan bahwa salah satu pihak berhak memperoleh poin atau tidak. Di balik cuplikan tersebut ternyata memakai kamera canggih yang hanya difungsikan untuk pertandingan badminton saja, yaitu kamera Hawk Eye.

Kamera ini dapat menangkap dengan cepat setiap gerakan kok yang keluar atau masih di dalam garis. Adanya kamera mata elang ini, tentu sangat menolong kerja para wasit untuk mengambil keputusan. Kurang lebih 45 kamera dipasang di sekitar lapangan agar semua sudutnya bisa terlihat dengan rinci dan jelas.

  • Bus Tanpa Driver Dari Negara Prancis

Ibukota kita terkenal dengan bus Transjakarta-nya dan tidak heran jika banyak masyarakat yang mengunjungi daerah Senayan atau Kemayoran menggunakan fasilitas bus itu. Tapi, apakah Anda sudah pernah mencoba naik bus tanpa pengemudi? Ya, bus itu sempat menjadi sorotan di Indonesia karena tidak menggunakan driver sama sekali dan hanya memanfaatkan teknologi jaringan internet 5G dari pihak operator saja.

Bus ini ternyata langsung dibawa dari negara paling romantis di dunia, yaitu Perancis. Bus ini diberi nama Navya dan mampu menampung paling banyak 15 penumpang saja per perjalanannya. Bus ini dilengkapi fitur sensor lidar, GPS, odometri, serta kamera.

Teknologi yang digunakan selama Asian Games 2018 ternyata sangat bermanfaat sekali bagi seluruh pihak, salah satunya Asian Games Information System (AGIS). Berbagai pihak yang join di bidang IT, termasuk Google, memberikan fitur khusus yang tentunya akan menolong peserta maupun masyarakat umum di seluruh negara melihat skor terakhir yang diperoleh.

Tidak sembarang fitur yang memperoleh  informasi mengenai keseluruhan pertandingan di waktu yang sama dengan pertandingan itu atau real time.

Diatas tadi adalah beberapa teknologi-canggih buatan dari berbagai pihak yang sengaja dipasang untuk melancarkan jalannya ajang Asian Games 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *