browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Apa kata mereka setelah masuk perguruan tinggi ?

Posted by on January 3, 2013

Masuk ke perguruan tinggi memang satu hal yang sangat membahagiakan teman-teman, apalagi lolos SNMPTN ke jurusan dan perguruan tinggi yang kita ingingkan.  Rasanyaaaa ituuuuuu sesuatu banget lah. Kalian pun pasti akan merasakan hal yang kami rasakan. Bagi yang belum lolos SNMPTN tenang saja dunia itu tidak sesempit daun kelor maih banyak cara untuk mencapai kesuksesan tanpa masuk perguruan tinggi yang kita banggakan. Masuk perguruan tinggi adalah awal untuk menuju gerbang kesuksesan dan kesuksesan itu pun akan diraih sesuai dengan kerja keras yang kita lakukan. Mungkin jika dalam Fisika Usaha yang kita lakukan sama dengan besarnya massa dikalikan dengan percepatan sama pula dengan sebuah kesuksesan besarnya kesuksesan adalah besarnya usaha yang kita lakukan dikalikan dengan doa yang kita panjatkan. Jika usaha kita maksimal maka kesuksesan itu pula maksimal, tetapi jika kerjaan kita hanya diam saja mana mungkin kesuksesan itu akan datang.

Biacara masalah kesuksesan pasti banyak sekali teman-teman khususnya kelas 12 yang beranggapan bahwa kaka kelas kita yang sudah masuk perguruan tinggi itu “SUKSES”, ini anggapan yang harus dijauhkan dari pemahaman kita semua. Karena apa ? kita masuk perguruan tinggi besar pun belum tentu kita akan Sukses di masa depan. Tingkat Kesuksesan seseorang itu sangat relatif bergantung bagaimana dia memandang hal yang ia capai itu adalah sebuah kesuksesan. Contohnya : Bagi orang Desa memiliki mobil itu sudah dikatakan  Sukses tapi coba bagi Rental mobil yang memiliki puluhan mobil mereka menganggap sukses jikalau usaha rental mereka terkenal dan selalu mempunya client yang membutuhkan jasa mereka. Begitu pula dengan kita yang sudah masuk perguruan tinggi negeri. Sekarang kamipun belum bisa menilai bahwa kami telah menjadi orang sukses, masuk perguruan tinggi merupakan proses mau jadi apa kita nantinya dengan ilmu yang telah kita dapatkan di perguruan tinggi tersebut apakah hanya akan didiamkan saja dan hanya akan dipajang di dinding rumah dengan gelar yang selangit. Apakah kita Sukses atau tidak ? itu tergantung anggapan masing-masing karena yang terpenting adalah bagaimana kita mensyukuri apa yang telah kita dapatkan sehingga kita akan selalu merasa bahwa hal yang kita dapatkan tersebut memang pemberian Tuhan terhadap apa yang telah kita lakukan dan kerjakan.

Mari kita lihat beberapa tanggapan mengenai kaka kelas kita yang sekarang sudah masuk perguruan tinggi :

Pertanyaan yang saya ajukan adalah sebagai berikut :

Kalian sudah masuk perguruan Tinggi mana ?

1. Gimana rasanya kuliah di PT tersebut?
2. Setelah masuk PT tersebut apa yag kamu pikirkan tentang PT tersebut ?
3. Menurutmu, bagaimana PT-mu dibandingkan dengan PT yang lain ?
4. Dengan jurusan yang kamu ambil bagaimana perasaanmu sekarang ?
(boleh bandingkan dengan PT-yang lain)

Dan inilah jawabannya :

Defa Restyani , ITS

1. Rasanya manis asem manis, banyak sensasi yang gak ada di PTN lain, banyak tugas, setiap hari di hadapkan dengan tekanan pengaderan tapi banyak esensi positifnya
2. Rasanya kampus ini keras, manajemen diri diajarkan sejak awal masuk, penuh tuntutan
3. Jauh berbeda dengan kampus lain, kekompakan 1angkatan maupun kekeluargaan 1jurusan begitu terasa.. Kami mengenal abgkatan kami spt keluarga nama lengkap, nrp, asal, alamat sby, kelebihan,kurangan,no hp,golongan darah,penyakit, kami hafal semua itu 1angkatan kami yg berjumlah 115, kami di latih kekompakannya. ..
Coba saja tanyakan anak dari perguruan lain, apakah mereka mengenal seluruh teman seangkatan mereka??? Saya pastikan tidak… Coba tanya seluruh mahasiswa ITS pasti mereka mengenal 1angkatan bukan hanya menghafal…
Prestasi ITS segudang, langganan juara
Kualitas jauuuuuuhhh sama PTN besar yang cuma ngandelin otak tapi kemampuan organisasi dan menejemen diri 0 besar
4. Dengan jurusanku, jauh banget kalo di banding PTN lain… SDM yang tercetak di jurusan kami kualitas dijamin bisa mikir kritis, cepet, sangat bisa bertahan dalam tekanan, prestasi banyak, sosialisasi tinggi

ITS SELALU MENEKANKAN GENERASI INTEGRALISTIK… gak ada yang arogansi jurusan. .. semua sama

Devie Nur Ghaniya, UNY
Rasanya kuliah di UNY ituuuuuuuuuuu sesuatu
memang dari semenjak SMA aku pengen banget kuliah di jogja. saat itu aku emang gatau keistimewaan kota ini, tp sekarang aku bisa merasakannya. kalo orang lain targetnya cari PTN dulu, nah kalo aku kotanya dulu. entah kenapa aku memang hrs menentukan dimana aku akan tinggal, dimana aku akan belajar, dimana aku akan tumbuh besar dan dimana aku akan hidup selama beberapa tahun ke depan. itu penting. dan target utama aku memang jelas UGM. UGM, UNY dan UII itu pilihanku. ada satu bidang aku minati dari SMA yaitu akuntansi, di UGM jelas pengen akuntansi, tp kalo di UNY aku bakal milih pend.akuntansi. kenapa pendidikan? karena prodi itulah yang paling tinggi gradenya dan yg paling bagus di fakultas ekonomi UNY waktu itu. jelas aku milih itu karena prodi yg bagus tentu akan menentukan sikap, pengetahuan yg di dapat, pengalaman yg luar biasa, dan prestasi serta carrier buat yg pengen aktif. waktu itu aku udah ngeklik UGM UNY di jalur undangan, tp belum finishing, aku daftar di GO bareng bang zack dan yg lainnya, terus bang zack ceramah kan, dia jelasin semuanya tentang SNMPTN. setelah sekian lama, maka aku putusin buat pilih UNY di pilihan pertama. kenapa? karena banyak faktor. disini tentunya aku cari peluang. setelah pelulusan sorenya pengumuman undangan, dan akhirnya aku lolos.. bener2 bangga, td siang aku resmi lepas dari masa putih abu, sorenya aku resmi jd seorang mahasiswi.. beberapa waktu berlalu.. aku udah ga suka les lagi kan di GO tp sering maen kesana. dan aku iri sama kalian semua, kalian yg masih terus berjuang, kalian yg masih bisa berusaha. dari situ aku mulai ngerasa nyesel, kenapa aku ga pilih UGM aja, toh aku msh bisa ikut jalur tulis. tapi Allah memang memberikan yg terbaik,kalo aku pilih UGM, belum tentu skrng aku ada di PTN. waktu kalian ujian tulis, aku daftar ulang ke UNY, seneng, tp setelah itu, sepiiiiiiiiiiiiiiii, aku pergi ke masjid kampus UGM, disitu aku nangis, bener2 nangis. trs aku ditemenin anak akuntansi UGM 2011, dia nasehatin aku. sudahlah, aku memang harus bersyukur. ooow tapi pas ospek, aku merasakan kemegahan dan keintelektualan UNY. banyak yg aku dapet. apalagi pas menteri pendidikan ngebuka ospek kita. beliau hanya menghadiri ITB sama UNY aja. beliau membeberkan kelebihan UNY sbg univ pendidikan. dan aku bangga. saat itulah aku ga ngerasa nyesel. dan sampai skrng, aku bener2 bersyukur bisa ditempatkan di tempat yg tepat. di kota yg istimewa, di kota pelajar. mungkin skrng aku bukan bagian dari UGM, tp di masa mendatang? who knows? jujur aku emang masih bisa nangis buat UGM, aku msh bisa iri, tp UGM ga bisa disamain sama UNY. UNY itu univ pendidikan, dan itulah kelebihannya. skrng, disini, aku jd punya banyak mimpi.. dengan jurusanku itu, aku msh bisa merancang cita2. hmm begitulah.. cara melampiaskan penyesalanku karena ga bisa jd bagian dari UGM adalah dg menjadi yg terbaik disini. kita mungkin punya rencana, tapi takdir Allah adalah yg terbaik. benar2 terbaik. apapun yg kita usahakan, pasti akan kita rasakan hasilnya, meskipun tidak sekarang. percaya itu.. buat adik2: kenali dan pahami apa kelebihanmu, apa yg ingin kamu pelajari selama beberapa tahun ke depan, bidang apa yg ingin kalian dapatkan dan kalian banggakan di masa mendatang. pikirkan utk jangka panjang. ini mengenai hidup kalian. setelah kalian tempati posisi PTN atau PTS, segera rangkai mimpi2 kalian dan realisasikan itu. cintai dan syukuri maka kalian akan menjadi yg terdepan di bidang kalian.
(denugha)

Ade Suprapto, UGM
ya, Alhamddulillah, sebenernya sih kalo udah masuk ke PT nya rasanya biasa aja, biasa aja gak ada yang wah, mungkin waktu pertama masuk aja bilangnya wah. .
sama ajalah, yang penting bisa kuliah, wong rezeki tiap orang kan emang beda2. .
Allah lebih tau mana yang terbaik buat kita, ya kalo udah dapet di PT itu ambil aja, gak usah nyesel gak dapet PT yang kita inginkan, masa depan kita gak bergantung pada PT tersebut kok

Alfa Rizky, Unikom

1. awalnya saya merasa kalau PT di swasta itu gak terjamin utk kerja. ternyata UNIKOM bagus. dan PTN/S tidak menjamin keberhasilan di dunia kerja.
2. saya beneran gak nyangka klu PT tempat saya menimba ilmu masuk 21 besar PT terbaik di Indonesia versi webometrics july 2012.
3. kalau di bandingkan dengan PT tetangga, alias ITB . yaa.. kualitas dan ketenaran pasti jauh lebih baik ITB. apalagi ITB urutan ke 3.

saya memang awalnya tidak berniat masuk IT, tapi setelah di jalani, IT tuh memang seru.. walaupun sampai sekarang saya masih lemah di Algoritma nya tp saya yakin, pasti saya bisa untuk kedepannya. pak Renaldi Munir saja bisa, masa saya tidak bisa.. kan sama sama manusia .

 Revyan Magistra Yudisthira,  Tohoku university

1. rasanya manis-manis pedes gitu hahaha, seneng banget dan susah banget hahaha

2. kapan dan gimana gw lulus ntar?? hahahaha keren lah univnya

3. kalo dibandingkan ama pt di indonesia, beda jauh ya

4. lihat nomer 2

Munawir Bintang Pratama, ITB

sya kuliah di ITB
1. rasanya senang, puas.
2. sedikit dibawah ekspektasi. tpi kualitasnya tdk mengecewakan
3. sya tdak bsa bandingkan
4. sya merasa tlah memilih jurusan yg tepat

Wildan Khalidy, IT TELKOM

1. Di IT-Telkom
2. Menurut saya salah satu PT yang ideal untuk mencapai visi saya
3. kualitas dan kunatitas sudah sama dengan kebanyakan PT.
4. Sangat nyaman tapi mungkin masih kurang memahami lebih dalam jurusannya..

Audy Maulizar, ITB

1. ada enak ada beratnya juga, enaknya itu kita jadi lebih ngerti soal pelajaran karena dapet konsepnya. Yang beratnya itu nyeimbangin antara waktu santai sama waktu belajar…
2. Setelah saya masuk ITB, saya rasa sih bedanya cuma sedikit sama PTN lain. Kelebihannya cuma mungkin di sini fasilitasnya lumayan lengkap dan mungkin adik-adik kalau masuk ITB bakal banyak menghabiskan waktu buat di kampus. Terus kampusnya itu kecil abiez, jadi kalau mau ke mana-mana rada deket (di dalam kampus).
4. perasaan saya senang karena saya masih punya ketertarikan dengan jurusan saya…
yang nomor 3 aku bingung Yud…
apa ya ?

kampus ITB kecil kali dibandingin sama kampus lain ?

Prita Asti Nadhira, Politeknik Negeri Bandung

Aku kuliah di Politeknik Negeri Bandung (Polban) jurusan Teknik Kimia. Kuliah di Polban tuh padat banget, kayak di SMA aja. Tapi lama-kelamaan aku bisa menyesuaikan dengan jadwal yang sangat padat di Polban. Kalo menurut aku, lulusan Polban emang udah siap untuk bekerja. Namanya juga politeknik, beda sama perguruan tinggi. Lulusan teknik kimia yang saya rasakan banyak yang langsung mendapatkan pekerjaan, prospek ke depannya juga bagus

Dita Puspita, Politeknik Kementerian Kesehatan RI Tasikmalaya
Sekarang saya kuliah di PTN Politeknik kementrian kesehatan RI Tasikmalaya.
1. Alhamdulillah menyenangkan dan bersyukur atas jalan yang telah Allah tentukan.
2. PTN tersebut dari segi kualitas sudah cukup baik.
3. Mungkin PTN ini tidak begitu banyak diketahui orang karena tidak berada di kota-kota besar, namun hal itu yang membuat saya merasa nyaman. karena jujur, setelah saya bertemu dengan teman2 saya yang kuliah di PTN kota besar kini terbawa arus yang menurut saya kurang begitu baik. #maaf ini hanya pendapat saja
4. Alhamdulillah kini saya semakin mantap menjalani jurusan ini dan sesuai dengan yang saya inginkan. Tinggal fokus dan menjalani dengan sepenuh hati.
4. karena PTN ini khusus politeknik kesehatan, jadi lebih banyak praktek dan lulusan cukup banyak yang bekerja di RS, puskesmas, ataupun dinas kesehatan lainnya. ini PT Negeri, sehingga biayanya pun tidak terlalu besar, cukup terjangkau. hehe

Tedy Setiadi ,ITB

1. Gimana rasanya kuliah di PT tersebut? alhamdulillah saya sangat menikmati indahnya dunia perkuliahan
2. Setelah masuk PT tersebut apa yag kamu pikirkan tentang PT tersebut ? agak dekat dengan rumah, bisa tiap 2 mggu pulang
3. Menurutmu, bagaimana PT-mu dibandingkan dengan PT yang lain ? the best laaa, makanya sy pilih PT itu
4. Dengan jurusan yang kamu ambil bagaimana perasaanmu sekarang ? senang, mungkin jadi slah stu jln bagiku utk dpt berkontribusi untuk ummat
(boleh bandingkan dengan PT-yang lain)

Winda Diana S, ITB

1. Rasanya SESUATU banget. pertama kali masuk kita dipertemukan dengan orang-orang hebat yang benar” memberikan motivasi yang sangat besar. jadi ngerasa lebih dan lebih bangga menjadi bagian dari ITB, meski statusnya masih CALON. sekarang saat kuliah, baru bisa merasakan persaingan yang super ketat. bagi kalian yang suka tantangan, ini akan menjadi hal yang amat seru. setidaknya itulah yang aku rasakan selama kuliah di ITB. kita akan sadar bahwa disekitar kita banyak sekali orang” hebat. itulah yang akan memompa semangat kita untuk belajar lebih giat. satu lagi. tidak hanya akademik, disini banyak wadah yang menampung kita untk mengasah keterampilan. apapun itu yang kita butuhkan.
2. nggak ada lagi yang ku pikirkan setelah masuk itb selain KAGUM dan BANGGA. *speechless tapi yakin bahwa disinilah awal perjuangan menuju masa depan yang cemerlang.
3. ku pikir setiap mahasiswa yang kuliah di kampus manapun itu, jika dia benar” ingin masuk disana dari awal, apapun pandangan orang, dia akan tetap berpikir “INI KAMPUS TERBAIK MENURUT GUE”..setidaknya itu juga terjadi padaku. bagiku itb kampus terbaik dibanding kampus manapun. tak perlu diuraikan perbandingan” dengan kampus lain, karena semuanya bakal kerasa saat kalian masuk ITB *sedikit promosi
4. jurusan–FTSL. untuk hal ini mungkin belum bisa banyak bicara. kan belum ngerasain gimana msuk jurusan. intinya aku excited kok di bidang ini
….

Faisal Khrisdian, IT Telkom

IT Telkom Bandung
1. dahsyat dan penuh tantangan
2. ITT membutuhkan sosok pemuda yang mampu mengubah paradigma PT swasta karena dari segi materi dan kualitas >= PTN ..
3. ITT dg PT lain seperti Chelsea dg Liverpool .. kami menang prestasi belakangan ini tapi PT lain lebih memiliki brand yang lebih terkenal karena mereka lahir duluan dan memiliki banyak sejarah ..
4. jurusan informatika, sangat membantu bisnis saya .. jika masalah prestasi, silahkan anda bandingkan sendiri prestasinya baru baru ini ..

————-bersambung ya tanggapannya karena masih menunggu tanggapan dari kaka kelas yang lain———–

Tapi intinya 1 hal teman-teman semuanya, mungkin tanggapan-tanggapan diatas bukan bentuk doktrinasi untuk masuk ke salah satu perguruan tinggi yang disebutkan diatas ya karena jika kita merenungkan kembali dan berpikir ulang saya dapat  mengambil sebuah kesimpulan (teman-teman bsia simpulkan yang lain karena ini hanyalah pemikiran saya).
1. Dimana pun kita kuliah jika kita kuliah di jurusan yang ktia inginkan sesuai dengan kemampuan yang kita miliki dan kesenangan terhadap ilmu yang kita miliki kita akan selalu senang dan menikmati perkuliahan tersebut. 

2. Semua kaka kelas yang masuk ke perguruan tinggi negeri ternyata puas dengan pilihannya masing-masing baik itu perguruan tinggi negeri ataupun swasta

3. Ketika kita telah masuk perguruan tinggi tersebut dan kita mengambil imu didalamnya  kita akan sangat mengerti bahwa begitu hebatnya perguruan tinggi tempat kita belajar tersebut. (mungkin jika teman-teman salah jurusan akan merasakan hal yang berbeda)

4. Jika kita memasuki jurusan yang benar-benar kita ingingkan dan sesuai dengan kapasitas dan passion kita maka kita akan mengatakan bahwa “KAMI BAHAGIA KULIAH DI JURUSAN YANG KAMI CINTAI”. 

Yang paling terpenting adalah ketika kita masuk perguruan tinggi tersebut adalah kita mencintai ilmu yang kita pelajari.

Dahlan Iskan pernah bercerita bahwa ” Kunci Kesuksesannya adalah Sabar dan Istiqamah, saya tidak akan beranjak kepada usaha yang lain sebelum saya benar-benar memanjukan usaha saya tersebut hingga benar-benar berhasil “. Temen-temen tahu kan siapa Dahlan Iskan ? Menteri BUMN kita yang benar-benar sukses tanpa menginjak bangku perkuliahan (Dahlan Iskan aja enggak kuliah bisa sukses gimana kita yang kuliah? harusnya bisa lebih sukses)-Amiiin.

Sama juga seperti perkuliahan, dimanapun kita kuliah kita harus sabar menjalaninya (saya juga merasakan bagaimana pahit manisnya kuliah tetepai jika dijalani dengan sabar dan ikhlas semunya terasa lebih indah). Selain itu Istiqomah, jika kita sudah masuk jurusan yang kita inginkan jadikan dulu kita ahli dalam bidang itu jangan sampe kita mempelajari ilmu diluar bidang kita sebelum bisa mempelajari ilmu yang sedang kita pelajari tersebut (kecuali kalo jenius ya, tapi sungguh akan sulit) sehingga kita benar-benar ahli dalam bidangnya. Yang saya maksudkan ilmu yang susai jurusan dengan kita ya, kalo masalah ilmu agama dan ilmu sosial atau yang lainnya itu sudah kewajiban ya karena kita tidak akan bisa hidup dengan benar kalo kita tidak memiliki ilmu agama atau sosial yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari . 

Itu sekilas mengenai teman-teman kita yang sudah memasuki dunia perkuliahan yang memang sudah enjoy dengan jurusannya masing-masing sesuai dengan kemampuan yang teman-teman ktia miliki bahkan dengan begitu teman-teman kita juga pasti sudah punya visi bagaimana mengembangkan ilmu mereka sehingga dapat berguna dan mencapai kesuksesan yang akan datang.

TETAPLAH BERJUANG TEMAN-TEMAN , IKUTI KATA HATI KALIAN UNTUK MENGGAPAI KEHIDUPAN YANG LEBIH BAIK !!!!
BRAVOOO !!!!

Terimakasih ya buat teman-teman yang sudah iktu berpastisipasai aktif.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create