Informasi Teknologi Terkini – Indonesia

Mengenal Syarat Data yang Baik dalam Penelitian: Jenis dan Contohnya

Data yang salah, apabila digunakan sebagai dasar bagi pembuatan keputusan, akan menghasilkan keputusan yang salah. Persyaratan data yang baik, antara lain, objektif, representatif (mewakili kelompok data asalnya), memiliki kesalahan baku yang kecil, tepat waktu up to date) dan relevan.

Objektif

Data yang objektif berarti bahwa data harus sesuai dengan keadaan yang sebenarnya (as it is). Misalnya, produksi yang turun dilaporkan naik ini tidak objektif; harga satu satuan barang Rp500, dilaporkan Rp750, walaupun ada kuitansi, tetap tidak objektif.

Representatif (mewakili)

Data harus mewakili objek yang diamati. Misalnya, jika laporan produksi padi dari suatu daerah hanya didasarkan atas hasil sawah-sawah yang subur saja, ini jelas tidak mewakili; laporan harga yang hanya didasarkan atas pasarpasar yang murah saja juga tidak mewakili; laporan konsumsi susu hanya dari golongan orang kaya saja juga tidak mewakili.

Kesalahan sampling (sampling error) kecil

Suatu perkiraan (estimte) dikatakan baik (mempunyai tingkat ketelitian yang tinggi) apabila kesalahan samplingnya kecil.

Lihat pula: Metode Penyajian Data Statistik

Ketiga syarat tersebut di atas sering disebut syarat data yang dapat diandalkan (reliable). Sedangkan kedua syarat berikut lebih menunjukkan manfaat atau kegunaannya, yaitu:

  • Tepat waktu. Apabila data akan dipergunakan untuk melakukan pengendalian atau evaluasi, maka syarat tepat waktu ini penting sekali agar sempat dilakukan penyesuaian atau koreksi seperlunya kalau ada kesalahan atau penyimpangan yang terjadi di dalam implementasi suatu perencanaan.
  • Relevan. Data yang dikumpulkan harus ada hubungannya dengan masalah yang akan dipecahkan. Misalnya, pemerintah mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kemerosotan produksi padi selama beberapa tahun terakhir.

Referensi serupa: Uji Heteroskedastisitas Data

Data dapat dikelompokkan, antara lain, menurut sifat, sumber, cara memperoleh, dan waktu pengumpulan:

Data menurut sifatnya

Data menurut sifatnya dibedakan antara data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif adalah data yang tidak berbentuk angka (nonnumen’s).

Misalnya, produksi daging sapi meningkat, harga daging ayam mahal, penyaluran pupuk berjalan lancar, dan sebagainya. Data kuantitatif adalah data yang dinyatakan dalam bentuk angka.

Misalnya, produksi padi meningkat 10 persen, harga daging sapi per kilogram rata-rata adalah Rp 15.000, sebanyak 99 persen pupuk telah disalurkan, penduduk Indonesia pada tahun 1990 adalah 200 juta, dan sebagainya.

Ini Perbedaan Regresi Data Panel dengan Regresi Linear Berganda

ilustrasi regresi linier

Dalam teori statistik, banyak peneliti mungkin tidak lagi asing dengan model regresi data panel dan regresi linear berganda. Meski keduanya sama-sama digunakan untuk memprediksi nilai pada intersep dan slope, namun terdapat perbedaan yang cukup signifikan.

Ini perbedaan regresi data panel dan regresi linear berganda, setiap penggunaan data memang akan menghasilkan dua komponen. Namun, akan berbeda di tiap entitas atau berdasarkan periode waktu.

Ini Perbedaan Regresi Data Panel dengan Regresi Linear Berganda

Untuk lebih jelas memahami keduanya, berikut ini penjabaran regresi data panel serta regresi linear berganda, baik dari segi definisi maupun kelebihan dan kekurangannya.

· Regresi Data Panel

Regresi data panel adalah bagian dari pengembangan regresi linear yang berdasar pada metode OLS. Spesifiknya, dari jenis data serta tujuan analisis yang digunakan.  Selain itu, beberapa pakar juga menyebutkan jika ada beberapa metode alternatif yang bisa diterapkan pada estimasi model regresi pada data panel.

Opsi tersebut antara lain pooling least square (common effect), pendekatan random serta pendekatan efek tetap (fixed effect. Pada jenis data, ada karakteristik khusus yakni cross section dan time series.

Cross section, diperuntukkan oleh data yang memiliki lebih dari satu entitas (individu), sedangkan time series ditunjukkan pada setiap individu dengan lebih dari satu periode atau pengamatan waktu.

Regresi data panel bermanfaat untuk melihat dampak ekonomis yang melekat dari setiap individu dari beberapa periode, sebagai tujuan analisisnya. Hal inilah yang tidak dapat dilihat pada cross section.

Ada perbedaan karakteristik mendasar dari variabel terikat, berdasarkan entitas atau pengaruh variabel lain selain model yang ingin diamati.

Di sisi lain, keunggulan yang bisa diperoleh dari regresi data panel mencakup beberapa hal. Pertama, merupakan gabungan dua data cross section serta time series guna penyediaan data yang lebih kompleks. Sehingga, menghasilkan derajat kebebasan yang lebih dominan.

Keunggulan lainnya adalah penggabungan informasi data dari cross section serta time series, mampu mengatasi masalah terutama ketika penghilangan variabel yang jelas. Kendati demikian, ada beberapa kekurangan yang juga mesti diperhatikan.

Pertama, waktu (time series) pada data terbilang sangat pendek. Jenis micro panel umumnya melingkupi data tahunan yang lebih pendek bagi setiap individu. Apabila demikian, maka argumen asymptotic karakteristik data bakal berkurang.

Kelemahan lain adalah pada cross section dependence, dimana jenis micro panel analisis wilayah menggunakan deret waktu panjang akan mengabaikan cross section dependence. Akibatnya, akan terjadi misleading inference.

· Regresi Linear Berganda

Selanjutnya pada regresi linear berganda, merupakan model yang mencakup lebih dari satu predictor atau lebih dikenal variabel bebas. Model ini juga dikenal dalam bahasa Inggris sebagai multiple linear regression.

Lihat pula: Regresi Linier Sederhana

Pada dasarnya, regresi linear berganda membangun model prediksi atau sejenis peramalan. Cara kerjanya, dengan memanfaatkan data pada skala interval atau rasio yang memiliki lebih dari satu variabel bebas.

Skala yang disebutkan merujuk pada seluruh variabel terutama variabel terikat. Pada regresi linear, ada kemungkinan penggunaan data dummy di variabel bebas. Perihal kelebihannya, regresi linear berganda mampu melakukan generalisasi serta ekstraksi melalui pola tertentu.

Selain itu, juga mampu mengakuisisi pengetahuan meski tak menjamin kepastian. Mampu memperhitungkan secara paralel yang memungkinkan proses berjalan lebih singkat, juga menjadi kelebihan tersendiri.

Dan yang paling penting adalah dengan regresi linear berganda, maka analisa dengan sejumlah variabel bebas (x) bakal lebih akurat. Beda halnya jika dibandingkan dengan satu variabel bebas yang digunakan.

Referensi lanjutan: Contoh Soal Regresi Linier Berganda Lengkap dengan Pembahasan

Sementara itu, kekurangannya terletak pada batasan memperlihatkan titik jenuh pada fungsi yang bakal diselidiki. Akibatnya, akan selalu ada kemungkinan-kemungkinan kesalahan dalam prediksi.

Kelemahan lain yang dimiliki regresi linear berganda adalah kemungkinan terhadap multikolinearitas di setiap bagian variabel bebas. Pada akhirnya, variabel bebas tak akan bisa menjelaskan variabel tak bebas. Dengan kata lain, hubungan antara x dan y tidak memiliki makna.

Ini perbedaan regresi data panel dan regresi linear berganda, bisa tergantung pada peneliti serta jenis penelitian yang bakal dijalankan. Tentu juga, dengan mempertimbangkan kelebihan dan kelemahan di masing-masing metode yang ada.

Daftar Arti Kode Sub Gateway di J&T (JNT Express)

contoh kiriman barang dengan jnt

Ini Arti Sub Gateway J&T yang biasanya muncul di pelacakan pengiriman barang online. Gateway dalam dunia ekspedisi termasuk J&T dapat diartikan sebagai pintu gerbang. Pada umumnya perusahaan jasa angkutan dan ekspedisi memiliki gudang di bandara maupun pelabuhan untuk menunjang pengiriman barang. Daftar kode bandara di Indonesia inilah yang biasanya juga menjadi kode gateway J&T.

Setiap mengirimkan barang melalui pengiriman, kita akan mendapatkan nomor resi. Nomor resi tersebut dapat kita gunakan untuk melacak barang atau pesanan kita sudah sampai dimana. Hal ini biasa kita sebut pelacakan. J&T telah menyediakan layanan pelacakan paket di website mereka dengan memasukkan nomor resi yang kita punya.

Pada halaman pelacakan akan diberikan informasi mengenai alur perjalanan barang yang kita miliki yang biasanya juga menggunakan kode gateway. Sebagai contoh BDO_GATEWAY artinya paket kita sudah sampai di gudang pusat J&T Express di Bandung (BDO). Selanjutnya dari sini akan di kirimkan menuju alamat masing-masing oleh kurir.

Lihat pula: Cek Resi J&T Express

Ini Arti Sub Gateway J&T

Untuk mempermudah pelanggan J&T mengerti akan kode gateway yang digunakan, maka di bawah ini akan dirinci mengenai kode gateway, kode bandara, atau kode daerah yang biasa digunakan oleh J&T Express:

Kode gateway (Gudang) di Pulau Sumatera: Banda Aceh (BTJ), Bandar Lampung (TKG), Batam (BTH), Kepulauan Batu (LSE), Bengkulu (BKS), Dumai (DUM), Gunung Sitoli (GNS), Jambi (DJB), Lubuk Linggau (LLG), Medan/Deli Serdang (KNO), Medan (MES), Padang (PDG), Padang Sidempuan (AEG), Palembang (PLM), Pangkal Pinang (PGK), Simalungun/Toba Samosir (SIW), Pekanbaru (PKU), Ranai (NTX), Sibolga (FLZ), Siborong-Borong (DTB), Sinabang (SNX), Sipora (RKI), Suka Makmue (MEQ), Takengon (TXE), Tanjung Pandan (TJQ), Tanjung Pinang (TNS).

Kode gateway (Gudang) di Pulau Jawa: Bawean (BXW), Bandung (BDO), Banyuwangi (BWX), Tasikmalaya (TSY), Cirebon (CBN), Cilacap (CXP), Kepulauan Seribu (PPJ), Jakarta (JKT), Jakarta Gudang Utama (CGK), Tangerang Selatan (PCB), Tangerang (BTO), Depok (DPK), Majalengka (KJT), Jember (JBB), Malang (MLG), Semarang (SRG), Surabaya (SUB), Surakarta (SOC), Yogyakarta (JOG).

Kode gateway (Gudang) di Pulau Kalimantan: Balikpapan (BPN), Banjarmasin (BDJ), Tanjung Redep/Berau (BEJ), Bontang (BXT), Mahakam Ulu (DTD), Ketapang (KTG), Long Apung (LPU), Long Bawan (LBW), Nunukan (NNX), Palangkaraya (PKY), Pangkalan Bun (PKN), Pontianak (PNK), Putussibau (PSU), Samarinda (SRI), Sampit (SMQ), Sintang (SQG), Tanjung Selor (TJS), Tarakan (TRK).

Kode gateway (Gudang) di Pulau Sulawesi: Bau-Bau (BUW), Gorontalo (GTO), Kendari (KDI), Kolaka (PUM), Makassar (UPG), Mamuju (MJU), Manado (MDC), Masamba (MXB), Melonguane (MNA), Sangihe (NAH), Morowali (MOH), Palu (PLW), Poso (PSJ), Luwu (LLO), Selayar (KSR), Tojo Una-Una (AMP).

Kode gateway (Gudang) di Pulau Bali dan Nusa Tenggara: Atambua (ABU), Bima (BMU), Denpasar (DPS), Ende (ENE), Kupang (KOE), Labuan Bajo (LBJ), Mataram (LOP), Maumere (MOF), Savu (SAU), Sumbawa Besar (SWQ), Waikabubak (TMC), Waingapu (WGP).

Kode gateway (Gudang) di Pulau Maluku: Amahai (AHI), Ambon (AMQ), Banda (NDA), Benjinai (BJK), Buli (WOB), Dobo (DOB), Galela (GLX), Kao (KAZ), Labuha (LAH), Tual (LUV), Moa (JIO), Morotai (OTI), Namlea (NAM), Namrole (NRE), Saumlaki (SXK), Ternate (TTE).

Kode gateway (Gudang) di Pulau Papua: Anggi (AGD), Ayawasi (AYX), Babo (BXB), Biak (BIK), Bintuni (NTI), Fak-Fak (FKQ), Jayapura (DJJ), Kaimana (KNG), Manokwari (MKW), Merauke (MKQ), Nabire (NBX), Schouten (FOO), Oksibil (ORG), Sorong (SOQ), Timika (TIM), Wasior (WSR), Puncak Jaya (WMX).

Daftar Arti Kode Resi J&T

Ada beberapa kode resi J&T yang biasa digunakan selama pengiriman diantaranya adalah:

  • Sedang menjalankan simpan scan. Artinya paket telah tiba di drop point J&T akan tetapi belum dapat diproses karena sprinter (kurir) sedang overload atau paket datang di luar jam kerja sehingga barang akan disimpan terlebih dahulu dan dikirim keesokan harinya.
  • Sedang menjalankan bermasalah scan. Artinya paket telah tiba di drop point J&T akan tetapi timbul masalah internal di pihak J&T misalnya alamat tidak jelas, sistem error, paket tercecer di gudang, salah drop atau sorting, dan lain sebagainya.
  • Sprinter (kurir) sedang mengirim. Artinya paket telah tiba di drop point J&T tujuan dan sedang dalam proses pengantaran oleh sprinter (kurir)

Pengiriman dan pelacakan menggunakan J&T sangat mudah, murah, dan cepat. Dengan membaca artikel Ini Arti Sub Gateway J&T pelanggan akan lebih mudah memahami istilah dalam melacak paket yang dikirim.

Alamat Login Outlet dan Branch JET Express

dukungan teknologi jet express

JET Express merupakan salah satu perusahaan terbaik yang memiliki pengalaman dalam dunia logistik di Indonesia. Dari hari ke hari, JET juga terus meningkatkan kualitas pelayanan untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia. Untuk mendukung hal ini, diperlukan outlet dan branch yang berkualitas baik dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Ini alamat login outlet dan branch JET Express http://outlet.jetxps.net/account/login jika ingin mencari informasi lebih lanjut.

Visi JET Express adalah menuju World Class Courier Company, menuju wajah baru kurir di Indonesia, JET Express dapat tumbuh dan berkembang dengan pengalaman yang mumpuni. Berlatar belakang IT dan logistik yang dimiliki, diharapkan ke depannya JET Express menjadi pengiriman kelas dunia yang dapat bersaing.

JET Express mempunyai banyak klien besar seperti Bethsaida Hospital, Atria Hotel, Bank Mandiri, Daewoo Securities Indonesia, Matahari Mall, Persada Hospital, Yakult, Unilever, Adira Insurance, Pan Pacific Insurance, Bank BTN, Qraved, dan Jaminan Kredit Indonesia. Selain klien-klien besar seperti di atas, para penjual UMKM di platform penjualan online juga mendapatkan perhatian yang sama.

dukungan teknologi jet express
dukungan teknologi jet express

Untuk menunjang pertumbuhan dunia ekspedisi yang semakin pesat, diperlukan banyak outlet dan branch JET Express di seluruh wilayah Indonesia. Saat ini tersebar 51 cabang dan ratusan outlet yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Saat ini branch JET Express sudah tersedia di kota-kota besar di pulau Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Lombok (NTB). Untuk wilayah timur Indonesia sudah sampai hingga Ambon (Maluku) dan Kupang (Nusa Tenggara Timur). Sedangkan outlet terbanyak tersebar di pulau Jawa dan Sumatera.

Ini Alamat Login Outlet dan Branch JET Express

Apabila ingin mengakses laman login outlet, pengunjung dapat masuk ke alamat URL yang tertera di atas dan dibutuhkan alamat email serta password. Sebelum itu, pengunjung dapat mendaftar terlebih dahulu untuk dapat menjadi agen di outlet JET Express. Sedangkan untuk masuk ke branch JET Express juga tersedia alamat yang berbeda akan tetapi juga menggunakan email dan password seperti masuk ke akses outlet.

Alasan memilih JET Express

  • Memiliki layanan SMS notifikasi. Biasanya pengirim paket mendapatkan SMS notifikasi dari JET Express bahwa paket yang dikirimkan telah tiba di alamat penerima. Layanan ini dapat membantu bagi pengirim paket karena mendapatkan pemberitahuan dalam genggaman ponsel.
  • Responsif terhadap pelanggan. JET Express juga memiliki layanan yang responsif terhadap keluhan pelanggan. Dengan adanya call center dan customer service, pengecekan keluhan pelanggan dapat ditangani secara professional.
  • Penggunaan timbangan digital. Penggunaan alat ini diharuskan bagi setiap cabang, outlet, agen JET Express. Biasanya juga termasuk dalam paket keagenan saat mendaftar menjadi agen. Menggunakan timbangan digital membuat proses penimbangan dan pengukuran paket lebih akurat sehingga harga yang ditetapkan juga merupakan harga yang sebenarnya.
  • Realtime tracking. Setiap pengirim dan penerima dapat mengecek barang atau paket yang dikirim dengan menggunakan fitur realtime tracking. Pengguna tinggal masuk ke dalam website cek resi JET Express di halaman beranda akan terdapat kolom untuk tracking paket. Setelah memasukkan nomor resi, lanjutkan dengan lacak paket. Selanjutnya tertera informasi secara berurutan, lokasi paket yang telah terkirim lengkap dengan hari, tanggal, waktu, dan keterangan.
  • Asuransi pengiriman terpercaya. JET Express juga dilengkapi dengan asuransi pengiriman untuk menjamin barang yang dikirimkan pelanggan tidak hilang atau rusak. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan paket yang dikirim akan terlindungi melalui biaya asuransi.
  • Menggunakan sistem E-courier dan QR Code. Fitur ini dapat diakses melalui aplikasi mobile yang dapat diunduh di smartphone.
  • Memiliki layanan penjemputan (pickup service). Layanan penjemputan merupakan salah satu andalan dari JET Express. Pengirim barang tinggal mengakses kontak JET Express dan meminta layanan penjemputan kurir untuk mengambil barang yang akan dikirim ke alamat yang diminta si pengirim. Nantinya kurir akan membawa ke cabang terdekat untuk selanjutnya bisa dikirim kepada penerima.

Layanan penjemputan paket adalah salah satu andalan JET Express dengan memanfaatkan banyaknya branch dan outlet yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Semoga artikel Alamat Login Outlet dan Branch JET Express ini dapat bermanfaat dan mempermudah pengiriman paket melalui JET Express.

Mengenal Keunikan Pantai Legon Pari, Vitamin Sea Alternatif Warga Jakarta

suasana tenang pantai legon pari

Pantai merupakan salah satu destinasi wisata yang selalu menarik dikunjungi. Khususnya saat memasuki musim kemarau seperti ini, pantai adalah tujuan wajib yang tidak boleh diabaikan. Indonesia memiliki begitu banyak titik pantai yang tersebar di seluruh daerah. Salah satu yang cukup menarik dan dekat dengan ibukota adalah Pantai Legon Pari di Banten.

Pantai Legon Pari

Legon Pari adalah pantai yang begitu kondang saat musim libur akhir pekan. Banyak orang memfavoritkan pantai ini karena dirasa sangat bagus untuk menikmati sunrise khususnya bagi yang tinggal tak jauh dari Banten dan Jakarta. Keindahan sunrise di Legon Pari Desa Sawarna diklaim tidak ada duanya. Selain keindahannya, pantai ini juga identik dengan fauna yang sama menakjubkannya.

Pantai yang bisa Anda jumpai di daerah Sawarna, Lebak, Banten ini bisa Anda singgahi dengan berjalan kaki maupun menyewa jasa ojek. Jika Anda kuat berjalan kaki, maka setidaknya perlu menghabiskan waktu hingga satu jam lamanya. Akan tetapi, jika malas maka dapat langsung menyewa ojek dengan perjalanan tempuh hanya 30 menit saja.

Bentuk pantai ini berupa cekungan besar dan Anda bisa dengan mudahnya menemukan banyak ikan pari. Tidak sangsi rasanya jika tempat wisata ini dinamakan Legon Pari. Pantai ini juga dilingkupi dengan pasir putih yang begitu landai sehingga Anda dapat santai berenang di tempat ini tanpa takut terkena batuan karang.

Hal-Hal Unik dan Menarik di Legon Pari

1.      Berenang

Salah satu tujuan utama pelancong yang pergi ke pantai adalah untuk berenang. Ke pantai tanpa berenang rasanya sungguh kurang komplit. Pantai ini memberikan ombak landai yang tidak berbahaya sehingga pas sekali untuk aktivitas berenang Anda. Apalagi jika Anda ingin berenang dengan ikan pari. Jangan lupa untuk menyiapkan sunblock sebelum berenang agar kulit Anda tetap aman.

2.      Surfing

Tidak hanya berenang saja, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti surfing. Bagi Anda yang memiliki hobi semacam ini, tentu Legon Pari bisa dijadikan sebagai tempat yang tepat. Di sini Anda bisa menjumpai ombak cantik yang begitu bersahabat. Dengan demikian, Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan panorama pantai saja melainkan juga bisa menyalurkan kegemaran Anda.

3.      Berburu Foto

Saat Anda mengunjungi pantai ini, maka jangan sampai lupa membawa peralatan fotografi. Khususnya jika Anda ingin mengabadikan momen sunrise cantik di tempat ini, maka perlengkapan memotret harus siap sedia sebagai perbekalan Anda. Anda bisa membagikan momen-momen liburan di Legon Pari di berbagai macam laman sosial media maupun hanya sekadar menjadi koleksi pribadi.

Pantai Legon Pari merupakan wisata tepian air yang mampu menyuguhkan keindahan luar biasa. Hamparan pasir pantai putih serta air laut jernih berkolaborasi dengan daerah asri sehingga memberikan panorama luar biasa. Meskipun Anda perlu sedikit bersabar untuk sampai ke pantai ini, namun semuanya akan terbayar lunas dengan keindahan menakjubkan.

Ini Daftar Kain Waterproof yang Cocok untuk Masker

daftar kain untuk masker

Kain waterproof merupakan salah satu jenis kain yang memiliki kemampuan menahan air agar tidak merembes  masuk ke dalam serat kain. Meskipun anti air, kain waterproof tetap nyaman dipakai karena tidak membuat pengap dan kulit masih bisa bernapas dengan baik. Saat ini berbagai macam produk yang menggunakan kain waterproof sudah banyak ditemukan.

Masker adalah salah satu produk yang tepat untuk menggunakan jenis kain waterproof. Hal ini dikarenakan masker bisa lebih awet karena tahan air dan tahan jamur. Masker juga menjadi tetap kering saat terkena uap air dari pernapasan serta keringat. Tak perlu khawatir karena masker dari kain waterproof ini tidak membuat pengap.

Jenis Kain Waterproof untuk Masker

  • Goretex

Goretex merupakan salah satu merek kain yang menyajikan teknologi pembuatan kain waterproof berkualitas. Kemampuan daya tahan air kain goretex membuatnya menjadi kain terbaik untuk dijadikan beberapa produk, seperti jaket gunung, sepatu gunung, dan tentunya masker.

Harga goretex yang cukup tinggi tidak akan membuat kecewa karena kain ini sangat nyaman bagi kulit karena memiliki sifat breathable yang tinggi.

  • Taslan Balon

Dinamakan taslan balon karena di dalam kain taslan ini terdapat lapisan balon yang menyerupai karet. Lapisan tersebut memiliki fungsi sebagai penahan air agar tidak masuk. Kain taslan balon memiliki tekstur permukaan yang lembut, sehingga cocok digunakan sebagai bahan jaket dan masker.

Selain itu, kain ini juga tahan terhadap robekan karena permukaannya tebal dan rapat – Konveksi Surabaya.

  • Parasut Balon

Parasut balon merupakan jenis kain parasut yang memiliki sifat waterproof dengan lapisan coating balon di dalamnya. Namun, jenis  kain yang satu ini tidak terlalu baik dalam menyerap keringat meski mudah dibersihkan saat kotor. Kain parasut balon juga cepat kering saat terkena keringat, sehingga tidak akan menimbulkan bau tak sedap dari keringat yang terserap.

  • Ripstop Balon

Permukaan yang dimiliki kain ripstop balon ini memiliki tekstur yang khas, yakni tekstur kotak-kotak seperti kain ripstop pada umumnya. Biasanya, lapisan yang terdapat pada kain ripstop balon memiliki warna abu-abu yang transparan. Sama seperti kain-kain sebelumnya, kain ini juga banyak diaplikasikan untuk jaket, jas, mantel, dan bisa juga untuk masker.

  • Voal Superfine Water Resist

Berbeda dengan kain-kain sebelumnya, kain voal superfine water resist ini memiliki tekstur kain yang tipis. Kain ini banyak ditemukan pada jilbab anti air karena kemampuannya  yang mampu menahan air agar tidak masuk. Meskipun tipis, kain ini cocok digunakan sebagai masker sekali pakai yang mampu menahan air.

Kain ini walaupun menahan air tetapi tetap bisa menyerap keringat, sehingga tidak mengganggu pernapasan.

Kain-kain waterproof di atas bisa Anda pilih sesuai keinginan untuk membuat masker tahan air. Meskipun tahan air, kain waterproof mudah dicuci dan dibersihkan karena sifatnya yang cepat kering.

8 Tarif Impor Barang Terbaru dari China

barang tas kerajinan dari china

Bagi Anda yang sudah terbiasa melakukan impor barang mungkin Anda tidak asing dengan tarif impor. Saat membeli barang dari China, Anda bisa memperoleh barang dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu, tarif impornya juga bisa dikatakan cukup murah. Hal tersebut membuat banyak masyarakat yang ingin menjadi pebisnis barang impor China.

Apa Itu Tarif Impor Barang?

Apabila Anda melakukan pembelian barang dari luar negeri atau impor biasanya akan dikenakan tarif impor. Tarif impor merupakan pajak yang dibebankan terhadap barang-barang impor. Umumnya, tarif tersebut dihitung berdasarkan harga yang dibayar oleh pembeli ke penjual di luar negeri dalam bentuk persentase.

Daftar Tarif Impor Barang dari China

China terkenal dengan barangnya yang murah, sehingga banyak orang yang membeli dari China dengan tujuan untuk dijual kembali. Tarif impor untuk setiap barang impor memiliki tarif yang berbeda. Berikut adalah daftar tarif dan cara impor barang dari China, yaitu:

1.      Tas

barang tas kerajinan dari china
barang tas kerajinan dari china

Untuk pembelian barang impor China berupa tas fashion pria, tas fashion wanita, ransel, tas gantung, tas branded, dan lain sebagainya akan dikenakan tarif Rp4.500.000,- per cbm.

2.      Sepatu

Segala macam sepatu impor yang dibeli dari China akan dikenakan tarif impor sebesar Rp5.000.000,- per cbm.

3.      Baju, Garmen, atau Kain Jadi

Apabila Anda membeli produk garmen, misalnya baju atau kain dari China maka Anda perlu membayar biaya Rp7.000.000,- per cbm sebagai tarif impor.

4.      Tekstil, Benang, Kain, dan Senar

Berbeda dengan kain yang telah jadi, produk bahan tekstil memiliki tarif impor sebesar Rp8.500.000,- per cbm.

5.      Barang Umum

Jika Anda melakukan pembelian barang umum yang bebas izin impor, seperti gelang, kacamata, klip, aksesori. Anda perlu membayar tarif impor sebesar Rp5.500.000,-/ cbm.

6.      Barang Lartas

Barang lartas yaitu barang yang memerlukan izin SNI, contohnya LCD, mainan, kertas, dan sebagainya. Anda akan dikenakan tarif impor sebesar Rp6.000.000,-/cbm.

7.      Makanan, Obat, Kosmetik, dan Bahan Kimia

Segala macam jenis makanan, minuman, obat-obatan, serta kosmetik akan dikenakan tarif impor sebesar Rp. 6.500.000 per cbm.

8.      Mesin

Mesin yang dibeli dari China memiliki tarif impor yaitu Rp6.500.000,- per cbm. Bagi Anda yang belum mengetahui cbm, cbm memiliki arti yang sama dengan volume. Cbm atau kubik merupakan satuan yang digunakan untuk perhitungan biaya pengiriman atau tarif impor.

Ketika mengirim barang, biasanya biaya dihitung berdasarkan berat barang. Namun, dalam dunia impor biaya dihitung berdasarkan ukuran barang yang dikirim. 1 cbm adalah ukuran untuk 1x1x1 meter barang.

Adanya tarif impor kadang menjadi bahan pertimbangan importir barang China. Namun, keberadaan tarif impor juga sebagai upaya untuk melindungi usaha yang ada di dalam negeri. Oleh karena itu, tarif impor adalah biaya yang perlu Anda keluarkan jika ingin memulai bisnis barang impor di Indonesia.

Cara Menghapus Text Box “Powered By Shopify”

toko online powered by shopify

Belanja online saat ini memang banyak disukai oleh kebanyakan orang karena sangat mudah dan simpel. Tanpa harus bepergian ke beberapa tempat, Anda sudah bisa langsung memilih banyak produk untuk dibeli. Hal inilah yang membuat para pebisnis ingin membuka toko online milik sendiri.

Untuk membangun toko atau portal berbasis online seperti http://vaz.biz.id, diperlukan pengetahuan tentang codingan website. Meskipun tidak memiliki pengetahuan tersebut, sekarang Anda tetap bisa membangun toko online yang diinginkan dengan menggunakan Shopify. Anda bisa melakukan pengaturan desain dan juga pengelolaan toko online secara lebih mudah, hanya melalui smartphone saja.

Apa Itu Shopify?

Shopify merupakan ecommerce website builder berbayar yang bermanfaat guna membuat toko berbasis online. Anda bisa melakukan berbagai hal menggunakan website ini, seperti melakukan manajemen produk, melakukan pengaturan pengiriman, pembayaran hingga inventaris harga.

Platform ini sangat cocok untuk para pebisnis yang ingin membuka toko berbasis online namun tidak memiliki pengalaman codingan. Untuk bisa menggunakan Shopify Anda hanya perlu melakukan pendaftaran ke situs resminya. Ketika proses registrasi telah berhasil, Anda bisa langsung membuka toko melalui menu dashboard yang telah disediakan.

Shopify juga menyediakan layanan bantuan selama 24/7 hari. Sehingga ketika Anda memiliki kendala saat menggunakannya, bisa langsung menghubungi customer service untuk menerima bantuan. Shopify menawarkan tiga paket spesial untuk berlangganan sebagai berikut. Sebelum melakukan pembayaran untuk biaya langganan perbulan, Anda akan mendapatkan masa percobaan selama 14 hari secara gratis.

  • Shopify

Meskipun ditawarkan dengan harga yang lebih tinggi, yaitu sebesar $79 atau 1 jutaan/bulan, namun Anda akan dibebankan biaya per transaksi yang lebih kecil yaitu sebesar 1%. Anda bisa mengakses berbagai fitur yang lebih canggih dan jauh lebih lengkap dari versi basic.

  • Advanced Shopify

Untuk menikmati layanan terlengkap yang ditawarkan Shopify, Anda bisa membayar biaya langganan sebesar $299, yaitu sekitar 4 juta untuk setiap bulannya. Keistimewaannya Anda bisa mengakses semua fitur secara lebih bebas. Biaya per transaksi  yang dikenakan juga cukup kecil, yaitu sekitar 0,5%.

  • Basic Shopify

Biasa dikatakan ini merupakan pilihan layanan yang paling standar dengan harga sekitar $29 atau setara dengan 387.000/ bulan. Fitur yang bisa Anda gunakan bisa terbilang masih cukup standar, namun sudah bagus bagi pemula yang membuka toko online. Biaya per transaksi yang akan dibebankan adalah sebesar 2%.

Berikut Cara Menghapus Powered By Shopify

Dengan berbagai layanan premium yang diberikan oleh Shopify, akan disematkan sebuah kata “powered Shopify”. Kalimat tersebut menandakan bahwa Shopify yang memberikan layanan tersebut. Meskipun biasanya watermark tidak bisa dihilangkan, namun bagi Anda yang tidak ingin menggunakannya bisa menghapusnya dengan cara sebagai berikut.

  1. Masuk ke Shopify, pilih menu store.
  2. Pada bagian menu penjualan, pilih toko online.
  3. Pilih kelola tema untuk melakukan pengaturan.
  4. Pilih tema yang ingin diatur, kemudian klik edit.
  5. Pilih edit bahasa.
  6. Pada bagian filter translations ketikan kata “powered”.
  7. Akan muncul bagian “powered by Shopify”, pada teks box ketikan satu spasi, lakukan hal yang sama untuk bagian teks box “powered by Shopify HTML”. Dengan begitu tulisan tersebut akan hilang dan tidak akan muncul pada pembukaan toko.
  8. Klik save untuk menyimpan pengaturan yang telah dilakukan.

Cukup mudah bukan? Sekarang Anda bisa lebih leluasa mengelola sebuah toko yang terlihat lebih original dan profesional. Anda juga bisa menggunakan teman gratis yang disediakan oleh Shopify agar toko terlihat lebih indah dan menarik. Komponen ini akan menjadi daya tarik utama toko yang Anda kelola.

Mengenal Komponen Penting Dari Shock Absorber

jenis-jenis shock absorber dan komponennya

Shock absorber termasuk salah satu komponen yang ada dalam sistem suspensi. Tugas dari komponen ini yaitu untuk menyerap oksilasi yang dihasilkan oleh pegas suspensi. Dengan terdapatnya shock absorber ini kenyamanan dan kesetabilan dalam berkendara bisa anda dapatkan. Komponen penting dari shock absorber juga memiliki peran masing-masing untuk kenyamanan.

Komponen Penting Dari Shock Absorber

Shock absorber terdiri atas berbagai macam komponen. Komponen yang ada dalam shock absorber tersebut memiliki fungsi dan tugas tersendiri. Dengan demikian shock absorber bisa bekerja dengan sebagaimana mestinya. Berikut merupakan komponen penting dari shock absorber lengkap dengan fungsinya.

1. Silinder

Silinder shock absorber termasuk salah satu komponen shock absorber yang mempunyai fungsi sebagai wadah atau tempat minyak shock absorber. Selain itu juga merupakan tempat bergeraknya piston naik turun.

Dengan terdapatnya silinder ini, maka fluida atau minyak shock absorber bisa menghambat pergerakan piston. Pergerakan piston yang dihambat, maka oksilasi yang didapatkan oleh pegas atau spring bisa dihambat atau ditahan.

2. Piston

Piston juga termasuk salah satu komponen penting dari shock absorber yang fungsinya untuk menekan atau mengkompresi fluida. Dengan terdapatnya komponen piston ini, maka volume silinder bisa dimanipulasi dengan sebagaimana mestinya. Dengan demikian fluida bisa menahan pergerakan piston ini dalam menahan oksilasi.

3. Piston Rod

Piston rod termasuk salah satu komponen shock absorber yang fungsinya sebagai penghubung antara piston dengan roda. Maka dari itu, pergerakan piston bisa sesuai dengan kondisi roda.

Pada saat roda memperoleh kejutan, maka piston rod bisa terdorong serta bisa menekan piston. Dengan demikian bisa terjadi proses kompresi. Sedangkan, pada saat roda memperoleh sebuah lubang maka piston roda bisa tertarik dan mengakibatkan terjadinya proses ekstensi dalam shock absorber.

4. Piston Valve

Piston valve termasuk salah satu komponen shock absorber yang fungsinya bisa untuk menghubungkan serta memutuskan hubungan antara ruangan yang ada diatas piston dengan ruangan yang ada dibawah piston. Jadi, bisa dikatakan jika piston valve ini fungsinya sebagai sekat atau pembatas.

Dengan terdapatnya katup ini maka aliran fluida dari ruang atas menuju ke ruang bawah atau sebaliknya bisa menjadi semakin lambat dengan mengecilkan lubang pada aliran fluida atau minyak shock absorber.

5. Fluida atau Minyak Shock Absorber

Fluida juga termasuk salah satu komponen shock absorber yang mempunyai fungsi sebagai bagian yang nantinya akan meredam oksilasi. Komponen ini sebenarnya bisa berbentuk cairan maupun dalam bentuk gas. Akan tetapi, sebagian besar yang digunakan yaitu yang berbentuk cairan.

Fluida tak hanya memiliki fungsi sebagai bagian yang bisa meredam oksilasi saja, akan tetapi komponen penting dari shock absorber ini juga berfungsi sebagai pelumas antara komponen yang terjadi pergesekan. Fluida nantinya akan berperan memindahkan oksilasi yang dihasilkan suspensi menjadi energi panas dari proses pengkompresian komponen piston.

Mengenal Jenis Jenis Cetakan Paving Block

ilustrasi cetakan paving block

Halaman rumah merupakan salah satu komponen yang masuk dalam eksterior rumah. Setiap orang tentunya menginginkan halaman rumah yang bagus dan cantik. Apalagi dengan adanya tambahan berupa tanaman hidup yang membuat halaman menjadi lebih menarik. Pada dasarnya setiap orang menginginkan halaman yang rapi dan juga menarik. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memasang paving block pada halaman. Seperti yang diketahui bahwa ada banyak jenis cetakan paving block digunakan untuk menutupi halaman agar terlihat lebih rapi.

Penggunaan paving block ini sudah dipilih banyak orang. Menggunakan paving block sendiri merupakan hal yang sangat direkomendasikan. Paving block merupakan salah satu material bangunan yang terbuat dari campuran semen, air, dan agregat lainnya kemudian dicetak. Cetakannya pun berbeda-beda. Hal tersebut sesuai dengan permintaan atau pemesanan.

Jenis Cetakan Paving Block Untuk Halaman Rumah

Salah satu cara untuk mempercantik halaman rumah adalah dengan menggunakan paving block. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ada beberapa jenis paving block yang bisa digunakan. Berikut ini beragam jenis cetakan paving block yang perlu anda ketahui.

Paving Block Topi Uskup

Jenis cetakan paving block yang pertama adalah topi uskup. Mengapa dikatakan topi uskup? Sebab, bentuk dari paving block ini menyerupai topi uskup. Sebelumnya perlu diketahui bahwa paving block memiliki beberapa fungsi utama sesuai dengan jenisnya. Termasuk paving block topi uskup yang memiliki fungsi utama untuk mengunci tepian paving.

Pemasangan paving block ini dilakukan secara zig-zag. Halaman rumah akan semakin rapi jika dilapisi menggunakan paving block yang satu ini. Tidak heran jika paving ini juga diminati banyak orang. Selain digunakan sebagai pelapis, jenis cetakan bentuk topi uskup ini juga bisa digunakan sebagai pagar tanaman yang berukuran kecil.

Paving Block Trihex

Jenis cetakan yang selanjutnya adalah bentuk trihex atau lebih tepatnya adalah trihexagonal. Cetakan paving block yang satu ini sangat unik dan menjadi pilihan banyak orang. Tidak hanya untuk menutupi halaman saja, bentuk paving block yang satu ini juga sering digunakan untuk menutupi alas area parkir. Dari segi kekuatan, paving block ini tidak perlu diragukan lagi.

Paving Block Ubin Set

Selanjutnya adalah jenis cetakan ubin set. Seperti yang diketahui bahwa ada beragam jenis cetakan paving block yang sangat digemari banyak orang. Salah satunya adalah jenis paving block yang berbentuk ubin set. Seperti namanya. Jenis yang satu ini memiliki gabungan dari empat ubin kecil yang disatukan. Biasanya jenis ubin yang satu ini digunakan untuk melapisi halaman pada area terbuka.

Beberapa jenis cetakan paving block diatas bisa anda jadikan referensi. Sebenarnya masih ada beberapa jenis paving block yang bisa anda gunakan. Diantaranya adalah paving block ubin besar, ubin kecil, hexagonal, dan juga paving block cacing.