Jangan Panik, Ini Cara Hapus Akun IG Secara Permanen!

Sebagai salah satu platform media sosial terpopuler, Instagram mempunyai jutaan pengguna aktif di seluruh dunia. Popularitas Instagram memang beralasan, pasalnya aplikasi ini menghadirkan berbagai fitur menarik untuk menunjukkan eksistensi di dunia maya.

Namun tidak sedikit pengguna Instagram yang justru memutuskan untuk menghapus akun dengan berbagai alasan, mulai dari takut kecanduan, mempunyai akun baru, hingga alasan yang bersifat sensitif. Lantas, bagaimana cara menghapus akun Instagram secara permanen?

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menghapus Akun

Menghapus akun IG adalah sebuah keputusan yang besar, terutama jika Anda telah mengunggah banyak foto dan video di akun tersebut. Pasalnya, akun yang dihapus secara permanen tidak dapat dikembalikan sehingga Anda harus membuat akun baru untuk menikmati fitur-fitur di Instagram.

Selain itu, menghapus akun akan membuat Anda kehilangan seluruh data, termasuk foto, video, akun yang diikuti, serta pengikut. Tentu saja hal ini cukup merugikan terutama jika Anda sudah mempunyai ribuan pengikut, mengingat tidak mudahnya untuk mendapatkan pengikut di platform sosial media ini.

Cara Menghapus Akun IG Melalui Browser

Jika Anda sudah mengetahui berbagai resikonya dan benar-benar yakin untuk menghapus akun IG, Anda dapat menghapusnya secara permanen melalui browser. Anda dapat mengakses browser dari smartphone maupun PC.

Perlu Anda ketahui bahwa fitur penghapusan akun secara permanen tidak tersedia secara langsung di dalam aplikasi. Pasalnya, di dalam aplikasi hanya tersedia fitur untuk menonaktifkan akun secara sementara. Anda harus membuka tautan tertentu agar dapat menghapus akun secara permanen.

Lihat pula: Cara Uninstall Antivirus Segurazo

Lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Buka website Instagram di instagram.com, kemudian login dengan username dan password Anda.
  • Buka tautan https://www.instagram.com/accounts/edit.
  • Anda akan menemukan berbagai pilihan alasan yang mengapa Anda ingin menghapus akun. Pilih salah satu alasan yang sesuai dengan Anda.
  • Masukkan password. Klik Permanently Delete My Account untuk menghapus akun secara permanen.

Setelah mengklik pilihan tersebut, akun IG Anda akan terhapus secara permanen. Tindakan ini tidak dapat dibatalkan dan akun yang terhapus tidak dapat dikembalikan. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar yakin sebelum menyelesaikan proses tersebut.

Cara Menghapus Akun IG Melalui Aplikasi

Metode lain yang bisa Anda gunakan untuk menghapus akun Instagram secara permanen adalah melalui aplikasi. Hal ini bukan berarti menu hapus akun bisa ditemukan secara langsung di dalam aplikasi, melainkan aplikasi tersebut menyediakan kemudahan untuk mengakses website.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghapus akun IG melalui aplikasi:

  • Buka aplikasi Instagram, login ke akun yang ingin Anda hapus.
  • Setelah login, klik ikon profil pada pojok kanan bawah untuk masuk ke menu Profil.
  • Ketuk ikon tiga garis horizontal pada bagian pojok kanan atas, kemudian pilih Settings yang terdapat di bagian paling bawah.
  • Pilih Help, kemudian ketuk Help Center.
  • Anda akan diarahkan ke halaman instagram.com. Ketuk Mengelola Akun Anda.
  • Pada halaman selanjutnya, Anda dapat memilih Hapus Akun Anda.
  • Anda harus menjawab beberapa pertanyaan terkait alasan menghapus akun. Pilih alasan yang sesuai, kemudian masukkan password akun yang ingin dihapus.
  • Akun akan terhapus secara permanen.

Setelah proses selesai, Anda maupun pengikut tidak dapat mengakses akun tersebut. Anda juga tidak dapat membuat akun lain dengan nama yang sama.

Cara Menonaktifkan Akun Instagram

Jika Anda ingin berhenti sejenak dari Instagram tanpa perlu kehilangan seluruh data, solusi terbaik adalah dengan menonaktifkan akun untuk sementara waktu. Kapan pun Anda ingin kembali aktif di Instagram, Anda hanya perlu mengaktifkan kembali akun tersebut.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka instagram.com melalui browser, login ke akun yang ingin dinonaktifkan sementara.
  • Masuk ke Profil, kemudian pilih Edit Profil.
  • Navigasi ke bagian bawah halaman, pilih Nonaktifkan sementara Akun Saya.
  • Pilih alasan yang sesuai, kemudian masukkan password akun tersebut.
  • Klik Nonaktifkan Sementara Akun Saya.
  • Akun Anda akan hilang untuk sementara waktu.

Anda tidak perlu khawatir karena cara mengembalikannya sangat mudah. Yang perlu dilakukan adalah login menggunakan username dan kata kunci seperti biasa.

Kini Anda telah mengetahui cara menghapus akun IG secara temporer dan permanen beserta resikonya. Jika hanya ingin beristirahat sejenak, menonaktifkan akun sementara waktu bisa menjadi pilihan tepat.