Mengenal Jenis Jenis Cetakan Paving Block

Halaman rumah merupakan salah satu komponen yang masuk dalam eksterior rumah. Setiap orang tentunya menginginkan halaman rumah yang bagus dan cantik. Apalagi dengan adanya tambahan berupa tanaman hidup yang membuat halaman menjadi lebih menarik. Pada dasarnya setiap orang menginginkan halaman yang rapi dan juga menarik. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memasang paving block pada halaman. Seperti yang diketahui bahwa ada banyak jenis cetakan paving block digunakan untuk menutupi halaman agar terlihat lebih rapi.

Penggunaan paving block ini sudah dipilih banyak orang. Menggunakan paving block sendiri merupakan hal yang sangat direkomendasikan. Paving block merupakan salah satu material bangunan yang terbuat dari campuran semen, air, dan agregat lainnya kemudian dicetak. Cetakannya pun berbeda-beda. Hal tersebut sesuai dengan permintaan atau pemesanan.

Jenis Cetakan Paving Block Untuk Halaman Rumah

Salah satu cara untuk mempercantik halaman rumah adalah dengan menggunakan paving block. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ada beberapa jenis paving block yang bisa digunakan. Berikut ini beragam jenis cetakan paving block yang perlu anda ketahui.

Paving Block Topi Uskup

Jenis cetakan paving block yang pertama adalah topi uskup. Mengapa dikatakan topi uskup? Sebab, bentuk dari paving block ini menyerupai topi uskup. Sebelumnya perlu diketahui bahwa paving block memiliki beberapa fungsi utama sesuai dengan jenisnya. Termasuk paving block topi uskup yang memiliki fungsi utama untuk mengunci tepian paving.

Pemasangan paving block ini dilakukan secara zig-zag. Halaman rumah akan semakin rapi jika dilapisi menggunakan paving block yang satu ini. Tidak heran jika paving ini juga diminati banyak orang. Selain digunakan sebagai pelapis, jenis cetakan bentuk topi uskup ini juga bisa digunakan sebagai pagar tanaman yang berukuran kecil.

Paving Block Trihex

Jenis cetakan yang selanjutnya adalah bentuk trihex atau lebih tepatnya adalah trihexagonal. Cetakan paving block yang satu ini sangat unik dan menjadi pilihan banyak orang. Tidak hanya untuk menutupi halaman saja, bentuk paving block yang satu ini juga sering digunakan untuk menutupi alas area parkir. Dari segi kekuatan, paving block ini tidak perlu diragukan lagi.

Paving Block Ubin Set

Selanjutnya adalah jenis cetakan ubin set. Seperti yang diketahui bahwa ada beragam jenis cetakan paving block yang sangat digemari banyak orang. Salah satunya adalah jenis paving block yang berbentuk ubin set. Seperti namanya. Jenis yang satu ini memiliki gabungan dari empat ubin kecil yang disatukan. Biasanya jenis ubin yang satu ini digunakan untuk melapisi halaman pada area terbuka.

Beberapa jenis cetakan paving block diatas bisa anda jadikan referensi. Sebenarnya masih ada beberapa jenis paving block yang bisa anda gunakan. Diantaranya adalah paving block ubin besar, ubin kecil, hexagonal, dan juga paving block cacing.