Membuat Rangkaian Speaker Aktif dan Bahan-Bahannya

Kumpulan rangkaian speaker aktif banyak dicari orang, rangkaian-rangkaian tersebut sering digunakan sebagai bahan untuk membuat speaker sesuai dengan keinginan. Speaker sendiri merupakan perangkat keras output yang mampu menghasilkan audio atau suara hasil dari CPU.

Keberadaan speaker dalam dunia teknologi sangat penting, karena barang-barang elektronik seperti HP dan laptop membutuhkan speaker aktif untuk bisa mengeluarkan bunyi yang baik. Kumpulan rangkaian speaker aktif sangat dibutuhkan untuk merangkai suara yang dibutuhkan. Berikut ini bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat kumpulan rangkaian speaker aktif. Simak ulasannya berikut ini:

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian speaker diantaranya Elco 6800 uf/50V, kit power amplifier stereo aktif bisa berupa OCL 150 watt stereo, Kiprox, Trafo sebesar 5 Ampere, kabel skerm, kabel serabut tunggal, speaker 10 atau 12 inc, box speaker lengkap, kabel steker, saklar on atau off, sekring dan audio input dan output panel.

Alat-alat yang Digunakan

Kumpulan rangkaian speaker aktif juga membutuhkan alat-alat seperti obeng, multitester, tang potong, palu, pinset, bor, lem bakar, gunting, solder, timah, dan peralatan lainnya yang dibutuhkan.

Jika bahan dan peralatan sudah dipersiapkan, maka langkah selanjutnya merakit dan menjadikannya speaker aktif sesuai dengan yang diimpikan. Pertama buatlah power supply, yaitu rangkaian vital sebagai sumber tegangan. Sesuaikan tegangan dengan tegangan yang dibutuhkan oleh speaker aktif. Sebelum merangkai power apply anda harus mempelajari datasheet komponen aktif terlebih dahulu.

Langkah yang kedua adalah memasang kit speaker ke supply kit yang sudah ada, pastikan memperhatikan polaritas tegangan dengan tepat jangan sampai terbalik. Jika sudah selesai memasang maka lakukan test terhadap rangkaian tersebut. Jika test berjalan dengan baik selanjutnya pasang rangkaian pada box speaker.

Langkah ketiga yang harus anda lakukan adalah memasang speaker, pasang speaker ke dalam box. Pastikan pasang dengan tepat jangan sampai alat yang digunakan merusak daun speaker. Pastikan juga konstruksi box sudah rapat dan kuat, sehingga tidak ada ruang gaung yang mengakibatkan suara speaker tidak bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*